Kenali skill yang harus dipunya untuk menjadi konten kreator instagram

Menjadi konten kreator

Profesi menjadi konten kreator tampaknya semakin diminati oleh kalangan anak muda saat ini. Salah satu diantaranya adalah menjadi konten kreator di instagram.

Instagram sendiri merupakan media sosial dengan pengguna aktif mencapai 69,2 juta di Indonesia (berdasarkan Napoleon Cat periode januari-mei 2020). Jadi nggak heran seorang konten kreator mampu meraup keuntungan besar hanya dengan mengelola dan mengembangkan konten di sosial media tersebut. Ngomong-ngomong, konten kreator itu apa sih?


Konten kreator adalah

Jadi, konten kreator merupakan seorang pembuat konten yang kemudian menyebar luaskan ke media digital, seperti sosmed atau website. Kontennya sendiri mencakup video, teks, audio atau pun gambar.


Skill yang diperlukan untuk menjadi konten kreator

Skill menjadi konten kreator

Menjadi konten kreator tentunya nggak mudah dijalani. Harus berjibaku dengan berbagai sklill sekaligus dalam satu waktu. Apa saja skill yang harus dipunya untuk menjadi konten kreator?

1. Skill desain

Desain yaitu skill paling utama yang harus dipunya untuk menjadi konten kreator di instagram. Sebenarnya nggak perlu harus menjadi desainer grafis ahli. Namun konten kreator pemula setidaknya memiliki skill desain dasar.

2. Copywriting atau kemampuan menulis

Tulisan ibaratkan roh nya dalam konten instagram. Apabila desain bagus namun tulisannya nggak nyambung pasti nggak akan jadi menarik. Maka dari itulah diperlukan skill menulis. Tetapi seperti skill desain, nggak perlu menjadi ahli menulis terlebih dahulu untuk menjadi konten kreator. Sebab perlahan-lahan bisa dipelajari.

3. Skill edit video

Untuk konten kreator yang merencanakan kontennya berbentuk video maka skill edit video nampaknya harus dimiliki.

4. Skill marketing online

Sudah bisa desain, sudah bisa nulis, sudah bisa edit video dan hasilnya sudah bagus. Tapi kok followers nggak tambah-tambah? Terus nggak ada yang like atau komen juga. Apa yang salah?

Seperti halnya sebuah produk yang baru rilis. Produk tersebut bagus, berkualitas dan kita memprediksi bahwa masyarakat akan menyukainya. Jadi bagaimana prediksi tersebut agar menjadi kenyataan? Maka diperlukan skill marketing online. Skill ini bukan hanya harus dipunya oleh konten kreator yang menjual sebuah produk. Skill ini juga wajib dipunya oleh konten kreator penyebar informasi. Supaya banyak follback yang kita dapatkan.


Lalu? Apa selanjutnya?

Setelah mengetahui tentang konten kreator, skill dasar yang harus dipunya untuk menjadi konten kreator dan sudah menentukan konten apa yang akan dibuat. Maka langkah selanjutnya adalah bertindak.

Harus bagaimana?

Pertama-tama ada baiknya untuk mengetahui aplikasi pembuat konten yang kita inginkan. Yang cukup mudah dan sangat ramah untuk pemula yaitu canva. Aplikasi canva merupakan aplikasi desain grafis online yang tersedia dengan versi website dan android, ada versi gratis dan berbayar juga.


Kelebihan aplikasi canva

  • Banyak template yang sudah tersedia sehingga kita bisa menggunakannya dengan mengubah sedikit sesuai yang diinginkan.
  • Banyak fitur yang mempermudah, seperti ada banyak sekali ikon yang bisa digunakan


Buat konten instagram pakai canva bagus nggak?

Sebenarnya sudah banyak sekali konten kreator instagram yang memanfaatkan aplikasi canva sebagai alat pembuat kontennya.

Tapi pakai canva kelihatan nggak profesional.

Tentang terlihat profesional atau nggaknya, bukan disebabkan oleh canva atau software pro. Melainkan skill kita sendiri yang masih kurang. Sebab hanya memakai aplikasi canva pun beberapa konten kreator mampu mendesain kontennya dengan sangat apik.

Canva atau software pro memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi untuk terlihat agar konten yang dihasilkan profesional maka skillnya yang harus semakin dilatih.


Berkenalan dengan mentor canva ini

Mentor canva

Tampaknya sebagai pemula mungkin kita masih buta tentang cara desain di canva. Maka dari itulah, perkenalkan Kak Syammas P. Syarbini si mentor canva yang membagikan seputar trik canva secara gratis di akun instagramnya syammasfitria. Teman-teman bisa mengikutinya dan belajar tentang trik desain memakai canva disana.


Ingin menjadi konten kreator maka harus terus belajar dan belajar

Menjadi apapun yang kita inginkan pasti diwajibkan untuk terus belajar. Begitu pula untuk menjadi seorang konten kreator instagram. Banyak skill yang harus kita latih, banyak yang harus dipahami mengenai instagram bahkan algoritmanya sekalipun. Lelah atau hilang semangat ketika nggak ada follback tentu pernah dialami. Namun dengan terus belajar dan pantang menyerah hasil akan terlihat. Banyak sekali konten kreator yang menginspirasi. Contohnya mudacumasekali, maksimalindiri, kylatif dan masih banyak lagi.

Ingin menjadi konten kreator maka kita harus perluas wawasan, terus ingin belajar, lihat orang lain untuk menjadi panutan, pantang menyerah, maka suatu hari nanti pasti teman-teman akan berhasil menjadi konten kreator sesuai di bidangnya masing-masing.

Related Posts

Follow by Email