Ide niche konten instagram yang memiliki value tinggi dan menjanjikan

Niche konten instagram

Tema atau kategori atau yang sangat populer disebut niche merupakan hal yang sangat penting bagi seorang konten kreator. Niche bisa merepresentasikan si konten kreator sendiri dan melekat erat dalam dirinya, sehingga dalam pencarian niche biasanya si konten kreator butuh banyak waktu untuk menentukannya. Bahkan banyak juga yang merasa pusing dengan niche diawal-awal akan membuat konten.


Apa itu niche?

Pengertian sederhana niche adalah tema atau kategori. Bagi sebagian konten kreator menentukan niche dianggap wajib sebab akan lebih mudah menyiasati strategi marketing selanjutnya. Beberapa niche yang terkenal di instagram adalah bisnis, kuliner, internet marketing, pengembangan diri, dan lain sebagainya. Niche inilah yang akan nantinya menggaet followers yang memiliki satu minat yang sama.


Cara menentukan niche konten instagram

Niche konten instagram

Menentukan niche nggak sembarangan karena akan menentukan kelanjutan konten yang akan dibuat oleh si konten kreator kedepannya. Maka dari itu berikut ini adalah cara menentukan niche instagram untuk teman-teman yang berkeinginan menjadi konten kreator di instagram.

1. Berdasarkan keahlian atau ketertarikan

Niche yang sangat mudah adalah niche yang diambil berdasarkan keahlian atau ketertarikan si konten kreatornya. Misalnya teman-teman memiliki ketertarikan di bidang bisnis marketing. Maka konten yang dibuat mengenai bisnis marketing, seperti penjualan online, trik dan tips beriklan atau lain sebagainya.


2. Berdasarkan keresahan yang muncul

Seperti halnya keahlian atau ketertarikan. Keresahan atau kekhawatiran kita pun bisa menjadi ide niche untuk konten instagram. Misalkan pengembangan diri, karir, serba-serbi milenial atau gen z, quotes dan lain sebagainya.


3. Berdasarkan value tinggi

Nggak menutup kemungkinan seorang konten kreator ingin instagramnya menjadi ladang berpenghasilan. Maka dari itu memilih niche berdasarkan value yang tinggi adalah solusi untuk mendapatkan semua itu. Akan tetapi memilih niche hanya berdasarkan value tinggi kerap beresiko. Apalagi jika kita sendiri nggak ahli. Sebab kemungkinan akan terhenti ditengah jalan, cepat capek, bosan dan hilang semangat. Jikapun memilih niche berdasarkan value tinggi maka dibarengi dengan ingin belajar yang gigih. Pasti hasilnya nanti akan jauh lebih tinggi pula.


Niche merupakan personal branding si konten kreator?

Bisa disebut bahwa pemilihan niche berhubungan juga dengan personal branding. Sebab niche merupakan cikal bakal apa yang akan dibahas dalam konten baik sekarang atau sampai kedepannya. Sehingga konten-konten tersebutlah yang menjadi ciri khas pada akun si konten kreator nantinya.


Niche yang memiliki value tinggi dan menjanjikan

Niche instagram yang menjanjikan

Seperti yang sempat disinggung diatas bahwa pemilihan niche nggak sembarangan. Harus melalui seleksi dan pertimbangan dari pemikiran si konten kreatornya. Dan nggak semua niche bisa menjanjikan. Namun saya akan berikan sedikit bocoran tentang niche yang menjanjikan.

1. Niche pengembangan diri, jenjang karir atau motivasi

Banyak sekali konten di instagram menggunakan niche ini. Niche ini bisa menguntungkan namun juga dengan persaingan yang nggak mudah juga. Namun jika berhasil dengan niche ini, besar kemungkinan teman-teman akan mendapat pundi-pundi keuntungan. Seperti jadi pembicara, seminar dan lain sebagainya. Sebagai contoh adalah akun mudacumasekali.


2. Niche bisnis atau entrepreneurship

Bisnis pun sangat menjanjikan akhir-akhir ini. Di instagram juga banyak sekali konten-konten yang membahas bisnis. Tak lain dan tak bukan ya karena niche bisnis atau entrepreneurship memang menguntungkan. Banyak sekali pembahasan mengenai bisnis, tips dan triknya berbisnis, profil pengusaha sukses dan lain sebagainya. Sebagai contoh akun bisnismilenial.


3. Niche internet marketing

Sekarang ini banyak anak muda tertarik dengan dunia internet marketing. Sehingga konten kreator dengan niche ini pun bisa mengambil keuntungan yang sebesar-besarnya.


4. Niche review

Niche review tentunya sangat menguntungkan. Jika berhasil maka si konten kreator akan mendapatkan endorse yang tak terhingga. Namun konten review juga butuh modal yang nggak sedikit.


5. Niche fashion dan kecantikan

Kecantikan dan fashion nyatanya nggak akan ada matinya. Karena itulah banyak konten kreator yang membahas ini untuk kontennya. Selain itu, niche fashion dan kecantikan juga sangat menjanjikan jika dibuat konten yang menarik dan kreatif.


Niche diatas bisa mendatangkan uang?

Jelas. Sebenarnya masih banyak niche yang menjanjikan. Niche yang menjanjikan ini maksudnya yang banyak peminatnya. Namun kelima diatas adalah rangkuman dari niche yang berpotensi lebih mendapat penghasilan. Teman-teman bisa mengembangkannya sendiri, seperti niche review dikembangkan ingin mereview apa, barang atau makanan dan lain sebagainya. Namun pemilihan niche yang menjanjikan nggak akan berhasil apabila si konten kreatornya nggak konsisten atau nggak mau belajar lebih banyak lagi. Instagram itu cangkupannya sangat luas, bukan hanya niche saja. Jadi untuk mendapatkan penghasilan di instagram pastinya perlu kerja keras yang nggak mudah.


Kesimpulan

Ide niche konten instagram
Demikianlah pembahasan mengenai niche konten instagram. Masih banyak referensi teman-teman calon kreator untuk menentukan niche. Yang jelas pemilihan niche harus dipertimbangkan atau bila perlu direncanakan dengan detail untuk kedepannya. Terimakasih, semoga artikel ini bisa sedikit membantu teman-teman sekalian.

Related Posts

Follow by Email