10 Tips produktif ala Raditya Dika

Post a Comment
Tips produktif ala Raditya Dika

Raditya Dika merupakan salah satu orang yang sangat produktif dalam berkarya. Nggak nanggung-nanggung ia bisa sekaligus berkarya dalam bentuk film, series, podcast, konten youtube, buku dan lain sebagainya. Tentunya dengan banyaknya yang bisa dilakukan oleh suami Anissa Aziza itu kita cukup heran, bagaimana seorang Raditya Dika bisa produktif berkarya? Dan pertanyaan tersebut dijawab oleh Bang Radit dalam episode podcastnya. Ia membagikan 10 metode untuk bisa produktif dan menghasilkan banyak karya. Nah apa saja tuh metode rahasia ala Raditya Dika? Yuk langsung simak dan ikuti jejak menjadi semakin produktif seperti Raditya Dika.

Tips produktif ala Raditya Dika

1. Punya to do list

Tips pertama yang paling penting adalah mempunyai to do list atau daftar kegiatan. Kenapa to do list itu penting? Bang Radit berujar, sebab ketika kita memiliki daftar yang akan kita kerjakan maka kita lebih mudah mengingat apa yang harus kita kerjakan. Jadi akan mengurangi nunda-nunda. Dan yang mengasyikan ketika memiliki to do list adalah ada perasaan senang tersendiri jika kita bisa menyelesaikan tugas sesuai jadwal. Perasaan senang tersebut muncul begitu mencoret atau menghapus list kerjaan yang sudah terselesaikan.

2. Lakukan kecil-kecil (nyicil)

Tips yang paling penting juga adalah mengerjakan kecil-kecil. Maksudnya yaitu ketika kita ada projek besar dan berat otomatis kita membayangkannya jadi malas. Bang Radit mencontohkan misalkan ia membuat script film seratus halaman, ia akan membaginya menjadi beberapa halaman yang ia kerjakan secara rutin. Jadi nggak kerasa bisa tiba-tiba selesai. Jangan memaksa untuk mengerjakan beberapa hari langsung selesai, lebih baik dicicil sehingga nggak terlalu memberatkan.

3. Mengerjakan banyak projek tapi dengan sepenggal-sepenggal

Tips ketiga ini agak berbeda dengan kebanyakan orang. Mungkin inilah kunci dari produktifitasnya Raditya Dika. Jika orang lain fokus pada satu projek, namun Bang Radit berkebalikannya. Ia mengerjakan banyak projek namun pengerjaannya sepenggal-sepenggal. Misalkan pada hari ini, satu jam mengerjakan script film, satu jam berikutnya mengerjakan konten youtube dan satu jam berikutnya lagi mengerjakan yang lain, begitu terus hingga tanpa sadar semua projek-projek tersebut memiliki peningkatan progresnya.

4. Jangan lupa bersenang-senang

Ada beberapa orang yang melupakan waktu untuk bersenang-senang akibat terlalu sibuk dengan projek yang digarapnya. Padahal bersenang-senang adalah salah satu kunci untuk mendapatkan hasil yang semakin maksimal. Hal kecil-kecil saja yang bisa membuat senang, mungkin bermain game, makan atau kegiatan lain asal tau waktu.

5. Punya jam yang spesifik

Maksudnya adalah kita memiliki jam yang tepat dimana kita habiskan untuk bekerja. Misalkan pada pagi atau malam hari. Istilahnya adalah jam fokus kita. Sebab jika nggak memiliki jam spesifik apalagi untuk pekerja di dunia kreatif yang nggak mengenal waktu kerja, maka akan kelimpungan sendiri. Oleh karena itulah harus menentukan jam spesifiknya sendiri. Bisa ketika subuh, tengah malam ataupun siang hari.

6. Kurangi meeting

Meeting memang penting, namun kebanyakan meeting malah bisa mengurangi keproduktifitasan. Seperti yang dikatakan Bang Radit bahwa ada banyak meeting yang nggak terlalu penting yang ujung-ujungnya hanya sekedar kumpul. Maka dari itu lebih baik mengurangi meeting namun memperbanyak jam untuk mengerjakan projek.

7. Olahraga sambil melamun

Tips produktif ala Raditya Dika yang ketujuh adalah olahraga sambil melamun. Tips ini cukup penting sebab olahraga untuk menyehatkan tubuh agar semakin bertenaga dalam menyelesaikan projek. Sedangkan melamun dalam artian memikirkan projek-projek yang sedang dikerjakan. Dan menurut Bang Radit biasanya melamun sambil menggerakkan tubuh akan memunculkan ide cemerlang.

8. Mengurangi hal-hal yang nggak penting

Masih dalam konteks meminimalisir ketidakproduktifitasan yaitu mengurangi hal-hal yang nggak penting. Misalkan mengurangi bermain media sosial dan lainnya.

9. Biasakan mencatat apapun itu

Bukan hanya mencatat kegiatan atau to do list saja. Sebab ide terkadang sering muncul tak terduga. Maka dari itu harus mencatat ide atau sesuatu lainnya supaya nggak lupa.

10. Delegasi

Tips yang terakhir yang dibagikan oleh Bang Radit adalah delegasi. Delegasi yaitu memberikan sebagian tugas kepada orang lain. Penting bagi kalian yang mempunyai banyak projek. Dengan cara memberikan sebagian tugas kita ke orang lain, maka diri sendiri nggak terbebani dengan projek yang sedang dikerjakan. Bisa fokus melakukan sesuatu yang lebih penting.


Nah itulah tips produktif ala Raditya Dika. Dan kesimpulan yang bisa kita ambil adalah untuk menjadi produktif kita harus memiliki catatan kegiatan yang dikerjakan. Jika merasa sedang mengerjakan projek besar lakukan dengan menyicil nggak perlu harus selesai dalam satu hari. Jika lelah istirahat sebentar dan lakukan sesuatu yang menyenangkan. Mengurangi hal-hal yang bisa mendistraksi kita dalam pengerjaan projek. Dan jangan lupa untuk mendelegasikan tugas ke orang lain, agar bisa fokus ke hal-hal yang lebih penting.
Baiklah semoga tips sederhana dari Bang Radit ini bisa membantu agar kita bisa lebih produkif.  Dan jangan lupa untuk mendengarkan secara lengkapnya di Podcast Raditya Dika lewat aplikasi spotify.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email