4 Alasan pentingnya untuk menjadi diri sendiri

menjadi diri sendiri
Sepenting apa menjadi diri sendiri? Jawaban saya adalah penting banget. Kenapa kita harus menjadi diri sendiri? Yaitu karena agar ada benteng yang kokoh supaya kita tidak terlalu mengikuti arus perkembangan.Maksudnya bagaimana sih? Yuk, langsung simak.

Menjadi diri sendiri itu seperti apa?

Pernahkan kalian merasakan ingin menjadi orang lain? misalnya ingin menjadi seperti si A yang bisa disukai banyak orang. Ingin menjadi seperti si B yang mudah bergaul dengan orang lain. Atau ingin menjadi seperti si C yang sangat dikagumi banyak orang. Wajar, jika keinginan itu masih dalam tahap keinginan saja. Tetapi bagaimana jika kita sudah melakukannya dan benar-benar mengikuti orang tersebut?

Kita berusaha seperti si A yang bisa disukai banyak orang, dengan cara menjadi ramah, tersenyum dan menyapa orang lain, juga mencoba untuk mengobrol asik. Padahal tadinya kita adalah orang yang pendiam dan tidak mudah berperilaku seperti si A. Pasti keinginan itu membuat kita tertekan sendiri dan menyalahkan diri sendiri jika tidak bisa melakukannya. Kenapa aku nggak bisa seperti si A? kenapa aku jadi orang pendiam, nggak bisa bergaul dengan orang lain? kenapa dan terus kenapa?

Pertanyaannya, kenapa kita harus menjadi seperti orang lain, sedangkan kita dilahirkan dengan karakter yang berbeda-beda? Kenapa kita tidak mengasah karakter yang ada dalam diri sendiri, tidak perlu menjadi orang lain? Dan itu semua, pertanda bahwa kita belum mampu menjadi diri sendiri.

Apa sih maksud dari menjadi diri sendiri? Menjadi diri sendiri adalah saat kita bisa menerima karakter, sifat, perilaku diri kita sendiri dengan apa adanya. Jika ingin berubah pun, selalu didasari keinginan dalam dirinya sendiri. Ada dua tahapan untuk bisa menjadi diri sendiri, yaitu :

1. Percaya diri

Tahap awal untuk menjadi diri sendiri adalah percaya diri. Percaya diri disini maksudnya adalah kita mempercayai kemampuan kita, kita mempercayai diri kita untuk bisa melangkah ke arah yang lebih baik, kita mempercayai fisik, sifat dan perilaku adalah milik kita sendiri dan akan selalu berbeda dengan orang lain. Kita percaya juga dengan keputusan yang akan kita ambil sendiri bukan karena orang lain. Itulah percaya diri, kita mempercayai diri kita yang apa adanya, sekaligus mempercayai diri kita untuk melangkah ke arah yang lebih baik.

2. Mencintai diri

Setelah kita sudah mempercayai diri sendiri, maka akan otomatis kita akan mencintai diri sendiri. Mencintai diri sendiri adalah menerima keadaan diri sendiri yang apa adanya. Kita menerima bentuk fisik kita, kita menerima karakter dalam diri kita dan kita juga menerima kelebihan dan kekurangan dalam diri.


Mengapa menjadi diri sendiri itu penting?

1. Kamu bisa lebih menghargai diri sendiri

Kamu sudah mempercayai diri mu sendiri, kamu sudah bisa mencintai diri sendiri, kamu pun sudah menjadi diri sendiri. Maka kamu akan lebih menghargai diri mu sendiri. Karena kamu menganggap diri mu berharga dan juga istimewa.

2. Merasa lebih nyaman dengan diri sendiri

Daripada saat kamu berusaha menjadi orang lain, yang ternyata membuat mu terbebani dan tidak nyaman. Tetapi saat kamu sudah menjadi diri sendiri, kamu akan lebih nyaman dengan diri mu sendiri.

3. Kamu bisa mengeluarkan sisi terbaik dari dalam diri sendiri

Dengan kamu menjadi diri sendiri, kamu tau apa yang kamu inginkan, kamu juga tau apa yang membuat mu bahagia. Karena itulah kamu bisa memperlihatkan sisi terbaik mu kepada orang lain tanpa berpura-pura menjadi orang lain.

4. Merasa lebih senang menjalani hidup

Beban menjadi orang lain sudah kamu buang. Dan itu membuat mu merasa lebih senang menjalani hidup. Kamu sudah percaya bahwa tidak semua orang akan menyukai mu, jadi kamu menjalani hidup sesuai apa yang kamu mau sendiri.


Secara teori mudah untuk bisa menjadi diri sendiri, namun setelah dipraktekan ternyata sulit. Namun jika tidak dari sekarang belajar menjadi diri sendiri, lalu mau kapan lagi kan?
Next Post Previous Post
2 Comments
  • Nessa Fe
    Nessa Fe 23 Juli 2019 08.41

    Bermanfaat sekali artikelnya. Menjadi diri sendiri itu lebih baik dan mencintai diri sendiri sebelum mencintai org lain.

    Makasih yah artikelnya motivasi buat saya.

    salam,
    kopi-ah com
    calonseo com

    • Rita
      Rita 24 Juli 2019 07.29

      Yap benar.. Sebelum mencintai orang lain harus mencintai diri sendiri terlebih dahulu

      terimakasih sudah menyempatkan mampir :)

Add Comment
comment url