Pengalaman Menulis di Goodnovel Sampai Dapat Dollar

cara menulis di goodnovel

Buat teman-teman yang merasa kebingungan tentang bagaimana menghasilkan uang dari tulisan harus banget baca artikel ini. Saya sengaja mendaftarkan akun di Goodnovel untuk mendapatkan uang. Sempat juga bentrok dalam hati karena saya punya idealisme sendiri tentang tulisan-tulisan saya. Tapi dulu sempat terdesak buat bisa menghasilkan uang dari tulisan jadi sengaja daftar akun di Goodnovel memang sudah niat mendapatkan uang.

Dan saya buat tulisan ini untuk membagikan pengalaman saya selama menulis di Goodnovel. Yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman sekalian.

Apa Itu Goodnovel?

apa itu goodnovel?

Jadi yang belum tau aplikasi Goodnovel itu apa, aplikasi goodnovel itu adalah sebuah aplikasi menulis dan baca online seperti wattpad, fizzo, dream, karyakarsa dan lain sebagainya. Sistem di Goodnovel pun tidak beda jauh dengan sistem aplikasi baca dan menulis lainnya. Yaitu ketika kita ingin membaca salah satu cerita yang terpublikasi di aplikasi sampai dengan selesai, kita perlu mempunyai koin. Koin itu bisa kita dapatkan dengan membeli.

Lalu, Gimana Bisa Menjadi Penulis Goodnovel?

Untuk menjadi penulis di Goodnovel, kita harus lebih dulu menghubungi editor akuisisi. Dari editor akuisisi ini kita bisa mendapatkan penjelasan tentang kontrak atau bisa tanya-tanya tentang menjadi penulis Goodnovel. Intinya apapun itu yang ingin kamu tanyakan bisa langsung tanyakan ke editor akuisisi. Mereka yang akan membantu kamu gabung menjadi penulis di Goodnovel.

Apa Saja Keuntungan Menjadi Penulis Goodnovel?

Nah yang paling sering ditanyakan adalah soal ini. Jadi di Goodnovel terdapat tiga kontrak pendapatan bagi penulis, yaitu :

1. Kontrak Non Eksklusif

Dari kontrak ini kamu akan mendapatkan bonus tamat sekitar $30 untuk 120 ribu kata dan juga bagi hasil 50%.

2. Kontrak Eksklusif

Untuk kontrak ini kamu akan mendapatkan bonus penandatanganan sampai dengan $200. Bonus penandatanganan ini ditentukan berdasarkan kualitas karya dan keputusan editor in house. Kamu juga akan mendapat bonus keaktifan bulanan $50 dan juga bagi hasil 50%.

3. Kontrak Eksklusif Premium

Pada kontrak ini kamu akan mendapatkan bonus penandatanganan sebesar $50 setelah mencapai jumlah 30 ribu kata. Kamu juga akan mendapat bonus keaktifan bulanan, bagi hasil 50% dan bonus penyelesaian sebesar $200 (120-150 kata), $250 (150-200 kata), $325 (lebih dari 200 ribu kata).

Bagaimana Sistem Penentuan Kontrak?

Mungkin dari sebagian teman-teman masih bingung dengan sistem kontrak yang saya jelaskan diatas. Jadi kontrak tersebut yang akan menjadi pengikat antara penulis dan aplikasi. Dari kontrak tersebutlah seorang penulis bisa mendapatkan penghasilan.

Tapi kenapa ya kontraknya beda-beda? Nah, saya mau jelaskan secara sederhana. Jadi penawaran kontrak tersebut akan kita dapatkan setelah mengajukan kontrak buku yang kita tulis. Biasanya syarat agar bisa mengajukan kontrak adalah minimal sudah menulis sampai dengan 5 ribu kata. Setelah itu baru bisa mengajukan kontrak. Untuk cara mengajukan kontrak akan saya jelaskan setelah ini. Jadi, setelah kita mengajukan kontrak akan ada peninjauan. Yang meninjau kontrak buku kita ini adalah editor in house. Merekalah yang memutuskan buku kita pantas di kontrak non eksklusif, eksklusif ataupun eksklusif premium.

Cara Mengajukan Kontrak Buku di Goodnovel

Sepengalaman saya ketika kita ingin mengajukan kontrak harus mengisi form dan juga dibutuhkan kartu identitas atau KTP. Agar tidak bermasalah nantinya, lebih baik KTP sesuai dengan rekening pembayaran (belum memiliki rekening pun tetap bisa, namun ketika pembuatan rekening harus menggunakan KTP yang didaftarkan di Goodnovel agar tidak menjadi masalah).

Dan seperti yang saya jelaskan sebelumnya, untuk bisa mengajukan kontrak, buku yang kita tulis harus berjumlah minimal 5 ribu kata. Dan yang paling penting dalam pengajuan kontrak adalah sinopsis. Jadi tuliskan sinopsis buku kamu secara sederhana, mendetail (garis besarnya) dan menarik.

Catatan yang perlu diketahui, ketika pengajuan kontrak kita memang bisa memilih mau kontrak apa, namun yang menentukan buku kita pantas di kontrak apa adalah editor in house.

Pengalaman Saya Menulis di Goodnovel Sampai Mendapatkan Penghasilan

Seperti yang saya jelaskan di awal. Saya sengaja bergabung menjadi penulis di Goodnovel karena ingin menghasilkan uang. Jadi karena itu saya harus mengikuti alur dan trend di aplikasi agar bisa menjaring pembaca lebih banyak.

Untuk teman-teman yang masih memiliki idealisme kuat tentang tujuan menulis karena hobi dan ingin berbagi manfaat ke orang lain, saya pikir kurang cocok gabung ke Goodnovel dengan niat dan harapan mendapatkan uang disana. Kenapa saya mengatakan ini, karena saya mengalaminya. Saya sempat bentrok dengan diri sendiri dan harus mengevaluasi tujuan saya menulis di Goodnovel itu untuk apa.

Dan ketika tujuan saya menulis karena uang, mau tidak mau saya harus mengikuti trend yang ada (berlaku dengan platform lainnya).

Kecuali jika kamu memiliki tujuan menulis karena hobi dan idealisme yang kamu punya, jadi turunkan ekspektasi untuk mendapatkan uang lebih cepat, karena waktu dan prosesnya akan jauh lebih lama, jangan sampai jadi kecewa lalu menyalahkan sana-sini.

Jadi kembali lagi ke topik awal, saya mulai menulis hingga ratusan ribu kata hanya di satu judul. Membuat bab hingga ratusan dan update lebih sering. Dan pada akhirnya saya bisa menyelesaikan satu buku hingga tamat dengan kontrak eksklusif. Dari satu buku yang tamat itulah saya mulai mendapatkan dollar.

pendapatan goodnovel
Total akumulasi pendapatan dari tahun 2021 - 2023 yang terhitung di aplikasi.

transaksi penarikan goodnovel
Penghasilan yang sudah terkirim dari goodnovel


Namun meski kita menulis dengan mengikuti trend, untuk menjadi populer dan dapat menjaring banyak pembaca tetap harus mempertahankan kualitas tulisan. Tidak bisa asal hanya semata supaya tetap update dan mencapai banyak kata.

Jadi sedikit tips dari saya setelah bisa mendapatkan penghasilan di Goodnovel, yaitu :

  1. Tulis tema populer.
  2. Update sering, minimal sehari satu atau dua bab.
  3. Setiap bab berkisar 800 kata.
  4. Mempertahankan kualitas tulisan.
  5. Jumlah kata satu buku hingga tamat sebisa mungkin mencapai 100 ribu kata.
  6. Tetap mempromosikan cerita, meski Goodnovel telah menyediakan slot iklan di setiap tulisan yang memenuhi kriteria.
  7. Konsisten.

Yang paling utama kuncinya adalah konsisten. Jujur karena baru pertama kali saya menulis satu buku hingga mencapai ratusan ribu kata, rasanya berat banget. Bosan yang paling sering saya rasakan, bahkan sempat ingin menyerah dan menggantungkan cerita begitu saja.

Dan jika kamu ingin tau, untuk menyelesaikan satu buku, saya perlu waktu hampir satu tahun. Beruntungnya saya, cerita masih tetap ramai dan tak ditinggalkan pembaca begitu saja.

Jadi karena itulah, saya menyebut bahwa konsisten adalah kunci utama.

Penutup dan Semangat Untuk Semuanya!

Merangkai kata sampai menjadi kesatuan kalimat dalam satu buku itu memang bukanlah hal yang mudah. Apalagi merangkai kata menjadi cerita hingga ratusan ribu kata, itu menjadi berat karena tak terbiasa. Untuk itu buat teman-teman semuanya yang kini sedang berjuang mendapatkan penghasilan dari tulisan, bisa mencoba gabung menjadi penulis di goodnovel. Skemanya seperti yang saya jelaskan diatas, yaitu kalian harus lebih dulu menghubungi editor akuisisi.

Namun bisa menghubungi saya untuk tanya-tanya lebih lanjut ( Telegram | Instagram ) untuk kalian yang masih penasaran atau belum puas dengan informasi disini.

Jadi, semangat buat kita semua yang sedang berjuang mendapatkan penghasilan dari menulis! Saya bisa, kamu juga pasti bisa!


Next Post Previous Post
13 Comments
  • postyrandom.com
    postyrandom.com 21 Agustus 2023 pukul 20.33

    Salam kenal, saya jadi termotivasi nih karena cerita Mba ini. Saya juga punya akun di Goodnovel tapi belum menyelesaikan cerita karena moodyan plus lagi banyak kerjaan sampai akhirnya terbengkalai. Semoga bisa lanjut lagi.
    Kapan-kapan bisa baca artikel di blogku juga ya untuk tahu review film, buku dan lain-lain. Untuk sekarang lagi belum update tpi dalam waktu dekat akan ngepost lagi :)

    • Rita
      Rita 22 Agustus 2023 pukul 15.01

      Halo salam kenal kembali. Terimakasih sudah menyempatkan baca artikel ini. Dan btw saya sempat intip tulisan wattpad dan goodnovelnya. Bagus loh kak, semoga bisa menyelesaikan semua naskah yang masih on going ya, semangat :)

    • postyrandom.com
      postyrandom.com 11 Oktober 2023 pukul 20.41

      Wah terimakasih banyak :) semoga bisa diselesaikan hehehe. Mba juga smoga makin sukses yaa

    • Rita
      Rita 12 Oktober 2023 pukul 10.48

      Aaaminnn :)

    • Anonim
      Anonim 28 November 2023 pukul 21.30

      maaf kak, itu akumulasi 2 tahun untuk 1 judul buku senilai 4jt?

    • Rita
      Rita 29 November 2023 pukul 09.08

      Iya kak 2 tahun dengan 1 buku yang rame, sekitar 3 jutaan waktu itu belum sampai 4 jt

  • Desi
    Desi 1 Desember 2023 pukul 04.50

    Hay kak salam kenal, saya penulis baru si goodnovel, sistem gajiannya di goodnovel gimana ya, saya bulan november sudah lebih dari 100 $ masuk ke akun Paypal itu kira kira tanggal berapa ya, mohon di jawab ya kak biar gak penasaran, terima kasih.

    • Rita
      Rita 1 Desember 2023 pukul 08.26

      Halo kak, biasanya kalau memang sudah 100$ bakal masuk sendiri ke akun paypal atau payoneer penulis di pertengahan bulan. Mungkin masih ada kendala di sistem, tapi bagusnya coba tanyakan ke editor in house kakak, karena mereka yang bertanggung jawab terhadap kendala si penulisnya

  • Neng ex
    Neng ex 3 Desember 2023 pukul 05.53

    Halo kak. Sy ingin bertanya tentang editor akusisi..apa wajib untuk penulis baru mendftar ke editor akusisi.dan langkah nya bagaiman? Terimakasih, semoga dijawab

    • Rita
      Rita 3 Desember 2023 pukul 09.17

      Editor akuisisi itu fungsinya membantu penulis kak, jadi kalau ada editor akuisisi bisa lebih mudah dan ada yang bisa diajak diskusi, baik tentang tulisan atau kontrak di awal. Kakak bisa cari editor akuisisi Goodnovel di Ig atau fb, banyak kok kak. Kalau sudah dapat bisa tanya tanya dulu tentang sistemnya Goodnovel gimana atau tanya tanya dasarnya

  • Asri Haikal
    Asri Haikal 13 Desember 2023 pukul 23.36

    Halo kak. Aku juga baru coba2 nulis di goodnovel. Baru aja pengajuan kontrak semalan. Maunya pengajuan non-eks. Tapi waktu kirim kontrak, aku lupa yang kucentang semalam eks apa non-eks. Itu gimana kak buat ngeceknya? Trus kalau misal yg kecentang ternyata yang eks, apa bisa minta tolong editor in housenya untuk ubah ke non-eks?

    • Rita
      Rita 15 Desember 2023 pukul 04.00

      Nanti editor sendiri kok kak yang menilai naskah kita masuk non eks atau eks. Belum tentu yg kita centang bakal disetujui sama editor, tapi kalau nanti naskah kakak masuk eks padahal kakak maunya non eks, bisa komunikasikan langsunga sama editor aja kak

    • jjhcdgh
      jjhcdgh 24 Januari 2024 pukul 12.26

      kak maaf mau tanya apa bonus yg kita terima di goodnovel itu akan cair setiap bulan atau menunggu novel tamat baru cair?
      lalu koin pemasukan untuk penulis yg dibeli pembaca apa termasuk koin gratis yg disediakan good novel?
      oiya kak kk klo boleh tahu nama pena kakk di goodnovel apa? terimakasih.

Add Comment
comment url