Perbedaan Hobi Dan Passion Yang Perlu Kamu Ketahui

perbedaan hobi dan passion
Halo pembaca Diyanti Blog sekalian. Kali ini saya akan menulis tentang hobi dan passion. Jika kalian belum tau tentang perbedaan hobi dan passion, ayo baca artikel informasi ini sampai dengan selesai.

Pengertian hobi dan passion

Hobi adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang di waktu senggang, yang menimbulkan kesenangan dan kebahagiaan. Hobi tidak dilakukan untuk mencapai tujuan atau capaian tertentu, melainkan dilakukan sekedar untuk mencapai kesenangan semata. Jika hobi nantinya mendatangkan pekerjaan, orang yang melakukan hobi tersebut hanya bilang, itu adalah bonus.

Sedangkan passion dalam Bahasa Inggris artinya gairah. Dan dalam Bahasa Indonesia, gairah adalah suatu keinginan atau hasrat yang kuat. Seseorang yang mempunyai passion dalam dirinya akan berusaha dengan keras mencapai apa passionnya tersebut. Seseorang itu juga merasakan ingin membuktikan atau mewujudkan passionnya.

Perbedaan hobi dan passion

Dari pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa hobi dan passion memang lah berbeda. Hobi didasari dengan rasa senang atau bahagia jika melakukannya, sedangkan passion didasari gairah dan pembuktian untuk mencapai keinginannya.

Agar lebih jelas memahami perbedaan hobi dan passion, disini saya akan memberikan contoh sehari-hari yang sering kita lihat.

Contoh hobi

Riski adalah staff keuangan di perusahaan PT. ABC. Dia memiliki kesenangan bermain futsal sejak ia di jenjang SD. Saat Riski SMP hingga kuliah, ia pun sudah mengikuti banyak kompetisi futsal dan mendapat banyak medali. Temann-temannya banyak yang mengatakan, jika Riski lebih serius berlatih, dia akan menjadi pemain futsal yang hebat. Tetapi bagi Riski futsal hanyalah hobinya. Dia hanya bermain futsal di waktu senggang untuk kesenangan dan pelarian ketika jenuh bekerja.

Contoh passion

Sama dengan Riski, Andi memiliki bakat bermain futsal. Dia juga sering mengikuti pertandingan futsal yang diadakan di sekolahnya. Andi merasa sangat bersemangat saat bermain futsal. Ketika dia bersama timnya bisa menjuarai pertandingan dan memegang medali yang ia dapat, dalam hatinya Andi bertekat untuk mendapatkan medali-medali pertandingan futsal lainnya. Karena tekatnya itulah, Andi jadi sering berlatih agar kemampuannya semakin meningkat. Dia juga bertekat suatu saat nanti bisa menjadi pemain futsal nasional.

Itulah contoh hobi dan passion yang sering terjadi di keseharian. Sudah bisakah kalian membedakannya? Pada dasarnya, kesimpulan perbedaan antara hobi dan passion adalah, jika hobi dilakukan di waktu senggang dan merasa senang setelah melakukannya, sedangkan passion selalu rutin dilakukan dan merasa semakin menggebu setelah melakukannya.


Demikianlah artikel mengenai perbedaan hobi dan passion. Terimakasih untuk pembaca Diyanti Blog sekalian yang menyempatkan baca artikel informasi ini. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian.
Next Post
No Comment
Add Comment
comment url