7 Tanda kamu adalah orang yang open minded

Tanda open minded

Halo pembaca Diyanti Blog sekalian. Kali ini saya akan menulis tentang 7 tanda bahwa kamu orang yang open minded, setelah waktu itu saya menulis perbedaan hobi dan passion yang perlu kamu ketahui. Jika kalian penasaran, ingin tau diri sendiri termasuk orang yang open minded  atau bukan, ayo baca artikel informasi ini sampai dengan selesai.

Open minded itu apa?

Banyak orang yang mengatakan open minded adalah berpikir terbuka. Tetapi maksud dari berpikir terbuka itu apa? Seseorang yang memiliki pikiran terbuka adalah seseorang yang mampu menerima segala informasi atau hal-hal baru. Pikiran yang terbuka itu tidak semua orang memiliki, maka di bawah ini saya menulis 7 tanda bahwa kamu adalah orang yang open minded.

1. Orang yang open mided lebih suka mendengarkan

Tidak dipungkiri bahwa orang yang open minded lebih suka mendengarkan dari pada berbicara. Tapi bukan berarti orang yang pendiam adalah orang yang open minded. Maksud dari lebih suka mendengarkan adalah, kamu merasa dengan mendengarkan, kamu akan lebih mendapatkan informasi baru. Kamu tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan itu dengan terus berbicara. Maka dari itulah orang yang open minded lebih suka mendengarkan.

2. Orang yang open minded selalu merasa tidak memiliki wawasan yang luas

Karena lebih suka mendengar, otomatis setiap hari ada hal-hal baru atau informasi yang kamu dapatkan. Karena itulah, orang yang open minded selalu merasa kurang wawasan. Kamu ingin terus belajar dan mencari informasi-informasi baru.

3. Tidak pernah menghakimi ketika orang lain berbicara tentang hal yang tabu

Contohnya, kamu selama ini hidup dalam lingkungan yang baik-baik. Suatu ketika teman mu berbicara tentang dunia malam, alkohol,  narkoba, atau prostitusi. Sedangkan itu, kamu selama ini menganggap yang dibicarakan teman mu adalah hal yang tidak baik dan menyimpang ajaran agama. Orang yang open minded akan menyikapi dengan mencoba biasa saja, tidak menghakimi bahwa teman mu itu berada di jalan yang salah dan memaksa untuk berubah.

4. Memiliki toleransi dalam segala hal

Misalkan, kamu meyakini 'itu' adalah benar. Sedangkan teman mu meyakini 'itu' tidak benar. Orang yang open minded tidak akan beradu argumen tentang benar atau salahnya.  Dia akan bertanya alasan kenapa temannya itu berpendapat salah, dan dia juga memberitau alasannya berpendapat benar. Dengan itu orang yang open minded akan menampung alasannya dan berusaha mencari kesimpulan yang tepat.

5. Memiliki sudut pandang yang luas

Kamu tidak hanya berpikir tentang satu sudut pandang. Kamu bisa menempatkan diri menjadi orang 1 atau orang 2. Karena orang yang open minded sadar, dengan berpikir tidak hanya satu sudut pandang, maka bisa memahami  permasalahan dengan kompleks.

6. Tidak terlalu fanatik dalam satu hal

Orang yang open minded selalu berpikir seimbang. Semua hal ada positif atau negatifnya. Dia tidak pernah terlalu fanatik dengan satu hal, dan memandang satu hal itu 100% benar atau 100% itu salah.

7. Orang yang open minded ingin tau banyak hal

Mereka adalah orang yang tergolong pintar. Setiap hari ada saja hal baru yang ia pelajari atau dapatkan. Sifat keingintahuan yang tinggi itulah membuat orang yang open minded memiliki wawasan yang luas.


Itulah 7 tanda kamu adalah orang yang open minded. Adakah satu poin diatas yang menggambarkan dirimu?  Demikianlah artikel ini disampaikan, semoga memberikan manfaat bagi pembaca Diyanti Blog sekalian.
Next Post Previous Post