Cek Jenis Kecerdasan Yang Dimiliki Manusia, Kamu Unggul Yang Mana?

jenis kecerdasan manusia
Halo pembaca Diyanti Blog sekalian. Saya kali ini menulis tentang 9 kecerdasan yang dimiliki manusia. Pada umumnya banyak yang hanya mengetahui tentang kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosi (EQ), padahal ada kecerdasan lainnya yang harus diketahui. Jika kalian ingin lebih tau, ayo baca artikel ini sampai dengan selesai.

Jenis-jenis kecerdasan yang dimiliki manusia

Pada mulanya, manusia sejak lahir sudah memiliki kecerdasan yang ia bawa. Tetapi banyak yang tidak mengetahui tentang kecerdasan lain, selain kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosi (EQ). Anak yang cerdas, mendapatkan nilai tinggi di sekolahnya atau mendapatkan peringkat pertama adalah anak yang memiliki IQ tinggi. Sedangkan anak yang mampu mengatur emosinya, bisa bersikap sabar dan berperilaku positif adalah anak yang memiliki EQ tinggi, tetapi bagaimana anak yang mampu menuangkan imajinasinya kedalam sebuah karya, dan tentu tidak banyak anak lainnya yang bisa melakukannya. Apakah itu bukan termasuk kecerdasan?

Seorang tokoh pendidikan dan psikologi berkebangsaan Amerika, Howard Earl Gardner mengemukakan pendapatnya tentang teori kecerdasan majemuk. Howard Earl Gardner berpendapat bahwa kecerdasan manusia lebih majemuk dan bisa dibagi kedalam beberapa jenis kecerdasan yang berbeda-beda.

Setelah melalui penelitian yang panjang, Howard Earl Gardner mengemukakan 9 jenis kecerdasan yang dimiliki manusia, yaitu :

1. Kecerdasan spasial

Orang yang memiliki kecerdasan ini memiliki keakuratan tentang sebuah objek yang ia perhatikan. Ia mampu membentuk, menggambar atau membuat sesuatu yang berhubungan dengan objek tersebut. Orang spasial memiliki kemampuan menghitung jarak, volume, memahami bentuk, detail, pola, warna dan ciri-ciri fisik sebuah objek tertentu. Orang yang memiliki kecerdasan ini adalah pelukis, pematung dan lainnya.

2. Kecerdasan naturalis

Orang dengan kecerdasan ini memiliki kemampuan untuk memahami dengan baik dan mengerti kebutuhan makhluk hidup dilingkungannya. Pada umumnya, kecerdasan ini dimiliki oleh seorang para pecinta alam, hewan, ahli biologi dan lainnya.

3. Kecerdasan musikal

Kecerdasan ini memiliki kemampuan untuk memahami bunyi, nada, suara, melodi, atau mengetahui tinggi rendahnya nada. Orang dengan kecerdasan ini memiliki kepekaan dalam menangkap nada-nada yang berirama. Kecerdasan musikal dimiliki oleh musisi, komposer, penyanyi dan lainnya yang berhubungan dengan musik,

4. Kecerdasan logika matematis/matematika

Kecerdasan ini yang sering kita jumpai di sekolah atau kampus. Kemampuan seseorang berhitung cepat, membuat hipotesis dan membuktikannya lewat nalar ilmiah. Biasanya orang yang memiliki kecerdasan ini adalah akuntan dan lain sebagainya.

5. Kecerdasan eksistensial

Orang dengan kecerdasan ini memiliki kemampuan untuk memahami dan mengetahui berbagai hal yang ada didalam kehidupan. Ia mengerti filosofi kehidupan ini.

6. Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan memahami dan merasakan keadaan atau orang lain disekitarnya. Orang dengan kecerdasan ini memiliki rasa simpati dan empati yang tinggi. Contoh orang yang memiliki kecerdasan interpersonal adalah relawan dan lainnya.

7. Kecerdasan kinestetik jasmani

Orang dengan kecerdasan ini mampu meyelaraskan pikiran dengan gerakan tubuh. Dimana ia bisa dengan mudah menggerakkan tubuhnya dengan menggunakan kekuatn pikiran. Orang yang memikiliki kecerdasan kinestetik jasmani adalah atlit atau penari.

8. Kecerdasan linguistik

Kecerdasan linguistik adalah kemampuan memilih kata yang baik dalam berkomunikasi. Orang yang memiliki kecerdasan ini juga mampu memahami dengan baik bagaimana dan metode apa yang digunakannya untuk berkomunikasi dengan orang-orang disekitarnya. Orang yang memiliki kecerdasan linguistik adalah penyiar, wartawan, pembawa acara dan lain sebagainya.

9. Kecerdasan intrapersonal

Kecerdasan intrapersonal berhubungan dengan kemampuan untuk memahami kebutuhan diri sendiri. Orang dengan kecerdasan ini mengetahui tentang dirinya dan apa yang ia inginkan. Orang yang memiliki kecerdasan ini mampu menjadi orang yang sukses sesuai dengan dirinya sendiri.


Itulah kecerdasan yang dikemukakan oleh Howard Earl Gardner. Jadi, manakah kecerdasan yang kalian miliki?
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url