Mengalami Terjatuh Saat Tertidur? Berikut Penjelasannya

Gangguan tidur hypnic jerk

Pernah mengalami merasa jatuh pas lagi tidur? Nah ternyata hal tersebut termasuk kedalam gangguan tidur. Adapun sebutannya yaitu hypnic jerk, ingin tau lebih lanjut? Yuk langsung simak.

Pengertian Hypnic Jerk

Hypnic jerk merupakan istilah medis saat kondisi dimana tubuh mengalami sentakan secara tiba-tiba ketika tidur, atau seperti merasa terjatuh dalam tidur.

Salah satu hipotesis mengatakan bahwa hypnic jerk merupakan bagian alami dari transisi tubuh dari kewaspadaan menuju ke fase tidur. Hypnic jerk merupakan tanda peralihan terakhir pada otak, dari kondisi sadar menjadi tidak sadar.

Penyebab Hypnic Jerk

Ada beberapa hal penyebab dari hypnic jerk terjadi, yaitu :

1. Faktor kelelahan

Kelelahan adalah penyebab hypnic jerk yang paling sering terjadi. Saat tubuh merasa lelah, membuat kualitas tidur pun menjadi terganggu, karena itulah hypnic jerk terjadi.

2. Olahraga di malam hari

Olahraga merupakan aktivitas yang baik. Akan tetapi jika dilakukan pada malam hari, bisa membuat tubuh kesulitan untuk rileks saat tidur.

3. Stres

Kehidupan yang tidak sesuai dengan apa yang dipikirkan, sehingga banyak juga yang harus dipikirkan dalam menjalani aktivitas, tentu akan menciptakan stres dan kesulitan tidur. Oleh karena itulah hypnic jerk terjadi, karena otak yang waspada lebih mudah terkejut.

Selain tiga hal diatas, penyebab hypnic jerk juga bisa dikarenakan suatu penyakit tertentu, yaitu gagal hati, gagal ginjal, gangguan outoimun, masalah metabolisme, cedera kepala, gangguan sistem saraf hingga keracunan.

Gejala Hypnic Jerk

Hypnic jerk merupakan gangguan yang sifatnya tidak serius. Kondisi ini adalah sesuatu yang umum terjadi dan hampir pernah dialami oleh semua orang.

Maka, berikut ini adalah gejala hypnic jerk yang bisa dikenali, yaitu :
  • Sentakan otot pada beberapa bagian tubuh
  • Merasakan sensasi terjatuh
  • Mimpi atau halusinasi yang menyebabkan kaget
  • Bernapas dengan cepat
  • Berkeringat
Gejala hypnic jerk tidak semua menunjukkan sentakan yang kuat, ada juga sentakan kecil dan tidak membuat terbangun. Terkadang orang yang mengalami hypnic jerk mengalami mimpi jatuh dari tempat tidur, atau terjatuh dari ketinggian. Kondisi tersebut bisa menakutkan hingga membuat mu terkejut.

Pencegahan Hypnic Jerk

Orang yang mengalami hypnic jerk tidak memerlukan penanganan khusus, karena hypnic jerk sendiri bukanlah kondisi serius dan tidak menyebabkan komplikasi. Tetapi tetap saja, hypnic jerk adalah gangguan tidur yang bisa dicegah dengan beberapa langkah berikut ini :

1. Kurangi minuman yang mengandung kafein

Cobalah untuk mengurangi minuman berkafein seperti kopi, terutama pada sore dan malam hari. Selain minuman kafein, kamu juga perlu membatasi jumlah nikotin dan alkohol.

2. Utamakan olahraga di pagi hari

Lebih baik berolahraga pada pagi hari daripada olahraga di malam hari. Tetapi jika memang terpaksa olahraga di malam hari, sebaiknya dilakukan dengan intensitas rendah, seperti melakukan yoga atau gerakan ringan lainnya.

3. Mengurangi aktivitas di malam hari

Melakukan kegiatan apapun yang membuat sistem motorik aktif di malam hari bisa meningkatkan kemungkinan munculnya hypnic jerk, jadi lebih baik kurangi aktivitas sebelum tidur.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url