Ada Tiga Tipe Tubuh Manusia, Sudah Tahukah Kamu?

Halo pembaca Diyanti blog sekalian, ternyata manusia memiliki tiga tipe tubuh loh, apa saja? Jika ingin tau lebih lanjut, ayo baca artikel ini sampai dengan selesai.

Tipe tubuh manusia

Manusia pada umumnya memiliki tiga tipe tubuh yang berbeda-beda. Kamu bisa lihat, ada orang yang memiliki tubuh kurus, lalu ada juga yang gemuk atau juga memiliki tubuh ideal. Semua itu dinamakan ectomorph, mesomorph dan endomorph.

Agar lebih jelas, ayo simak penjelasan di bawah ini :

1. Tipe tubuh ectomorph

Ectomorph adalah tipe tubuh cenderung kurus dan merasa kesulitan untuk menambah berat badan. Walaupun memiliki tubuh kurus, orang ectomorph memiliki selera makan tinggi dan memiliki metabolisme pembakaran lemak yang juga tinggi. Karena itulah orang ectomorph tidak merasa berpengaruh walau makan banyak, tubuhnya akan tetap kurus.

- Ciri-ciri orang bertipe tubuh ectomorph

a. Berbadan kurus
b. Memiliki massa otot kecil
c. Sulit menaikkan berat badan
d. Memiliki ukuran pinggang atau bahu kecil

- Olahraga yang disarankan

Orang ectomorph memiliki metabolisme tinggi dalam hal pembakaran lemak, maka dari itu olahraga yang dianjurkan adalah jenis olahraga yang berpusat untuk menambah massa otot, bisa angkat beban atau olahraga lain yang lebih berpusat menambah massa otot.

2. Tipe tubuh mesomorph

Mesomorph adalah tipe tubuh yang ideal, antara berat badan dan juga tingginya seimbang. Orang bertipe tubuh mesomorph cenderung tidak merasa kesulitan dengan berat badannya. Tubuhnya memang sudah alami terbentuk ideal. Tipe tubuh mesomorph juga tergolong sebagai tipe tubuh yang mudah dibentuk karena metabolismenya yang seimbang.

- Ciri-ciri orang bertipe tubuh mesomorph

a. Memiliki pinggang kecil
b. Memiliki tulang bahu yang lebar
c. Tubuh sudah terlihat gagah dan cenderung berbentuk V-shape
d. Memiliki ukuran sendi sedang
e. Secara alami sudah berotot walau belum melakukan aktivitas olahraga

- Olahraga yang disarankan

Orang bertipe tubuh mesomorph lebih disarankan untuk memilih jenis olahraga yang memerlukan keseimbangan, ketangkasan dan kekuatan, misalnya berjalan, lari, latihan cardio, yoga aau atletik.

3. Tipe tubuh endomorph

Tubuh bertipe endomorph cenderung memiliki tubuh yang gemuk dan memiliki metabolisme lama sehingga susah menurunkan berat badannya.  Orang endomorph biasanya memiliki bentuk muka yang bulat dengan paha dan pinggul yang lebih besar. Orang endomorph memiliki lemak tubuh yang lebih tinggi, tetapi mudah dibentuk menjadi otot.

- Ciri-ciri orang bertipe tubuh endomorph

a. Bentuk tubuh yang bulat
b. Memiliki tulang yang besar
c. Tangan dan kaki yang pendek
d. Secara alami memiliki lemak tinggi
e. Paha dan pinggul yang besar

- Olahraga yang disarankan

Orang-orang bertipe endomorph lebih disarankan untuk melakukan jenis olahraga yang ringan yang tidak menyebabkan tegangan tinggi pada tubuh dan melakukan aktivitas fisik yang durasinya agak lama tetapi tidak berlebihan. Contoh olahraga yang bisa dilakukan yaitu bersepeda, latihan cardio, berenang, berjalan atau aeroic.

Itulah tiga tipe tubuh yang dimiliki manusia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan pembaca Diyanti blog sekalian.
Next Post Previous Post