Rekomendasi aplikasi offline menulis di android

Aplikasi menulis

Rekomendasi aplikasi menulis - Menulis adalah kegiatan yang bisa dilakukan dimana saja. Asalkan ada buku, pena atau laptop. Tapi ide menulis sering kali datang tiba-tiba ketika kita tidak membawa buku catatan ataupun laptop. Tentunya akan merepotkan sekali kalau harus membawa laptop atau buku catatan kemana-mana. Nah, solusi dari permasalah itu yaitu kita membutuhkan aplikasi pendukung untuk menulis di smartphone yang kita bawa kemana-mana.

Memang ada?

Jelas pasti ada, bahkan ada beberapa pilihannya.

Ingin tau kan?

Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi menulis offline untuk membantu mu menuliskan ide-ide yang sering muncul tiba-tiba.

Rekomendasi aplikasi pendukung untuk menulis di android

1. Writer Plus

Writer Plus
Aplikasi ini sangat mudah digunakan untuk menulis berbagai tulisan. Kita bisa membagi beberapa tulisan ke dalam folder yang kita buat. Fitur Auto save nya pun sangat membantu untuk yang sering kelupaan menyimpan hasil tulisannya. Kita juga bisa mengetahui berapa karakter tulisan yang kita buat, juga ada fitur undo dan redo untuk mengembalikan tulisan yang sudah terhapus. Selain itu night mode juga membantu untuk menulis di keadaan yang gelap agar pencahayaan tidak terlalu terang.

2. JotterPad

JotterPad
JotterPad direkomendasikan untuk mu yang ingin menulis sebuah novel secara profesional. Banyak fitur menarik yang disediakan, seperti free-distraction editor, quick preview dan juga screenwriter profesional. Kamu pun bisa mengekspor hasil tulisan mu kedalam format PDF. Bahkan JotterPad bisa terhubung dengan keyboard bluetooth loh.

3. iA Writer

iA Writer
Untuk mu yang suka dengan aplikasi menulis sederhana dan simple, iA Writer lah jawabannya. Aplikasi ini memiliki ukuran yang kecil namun kaya akan fitur yang bermanfaat. Kamu bisa melakukan pratinjau hasil tulisan mu dengan format HTML. Selain itu night mode atau light mode dapat kamu sesuaikan untuk kenyamanan menulis. Kamu juga bisa mengganti template tulisan dan mengekspor hasil tulisan mu kedalam format docx, PDF, wordpress dan medium.

4. Novelist

Novelist
Novelist dirancang untuk menulis novel. Terdapat tool yang bisa kamu gunakan untuk menyusun plot hingga outline tulisan mu. Adapun fitur untuk mengatur tanggal deadline pekerjaan menulis mu sehingga kamu bisa menulis rutin dan konsisten. Selain itu masih ada fitur yang bisa kamu andalkan seperti memilih template untuk buku, editor teks dan auto save juga mode preview. Novelist bisa melakukan pratinjau buku tanpa harus menutup aplikasinya. Dan aplikasi ini mendukung tulisan berformat EPUB, RTF juga HTML.

5.  Writer

Writer
Writer adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Xeasec, memiliki tampilan simple yang bisa digunakan untuk menulis atikel ataupun catatan sederhana. Format tulisan yang disimpan menggunakan PDF.

6. Writer Tools

Writer Tools
Writer tools merupakan aplikasi yang unik karena memiliki fitur timer pengaturan waktu selama 25 menit untuk menulis. Apabila waktunya habis, kamu disarankan untuk berhenti menulis dan beristirahat sebentar. Selain itu, writer tools juga memiliki fitur writing progress yang digunakan untuk memantau hasil kerja dan juga tab writing long untuk mengetahui jumlah kata yang ditulis. Kamu pun bisa membuat profil dari setiap karakter untuk novel mu di fitur character.

7. My Story Today

My Story Today
Aplikasi ini digunakan untuk menulis novel. Memiliki fitur untuk menambahkan karakter dan juga setting tempat dalam cerita menggunakan text editor yang telah tersedia, sehingga kamu bisa menghemat waktu untuk menulis karena nama karakter atau tempat tersebut sudah dijadikan link melalui rich text editor tadi. Kerennya lagi, aplikasi ini dapat mengekspor tulisan ke format docx, sehingga dapat memudahkan kamu apabila ingin melanjutkan menulis di microsoft word.

8. Pure Writer

Pure Writer
Aplikasi yang terakhir yang direkomendasikan adalah pure writer. Aplikasi ini memiliki fitur auto save seperti writer plus. Namun yang lebih canggih, pure writer dilengkapi dengan fitur fingerprint unlock agar kamu bisa melindungi hasil tuisan mu, dan juga fitur auto backup dimana kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan hasil kerja mu.


Itulah aplikasi yang bisa kamu pilih untuk digunakan sesuai kebutuhan mu. Jadi sekarang kamu bisa menuliskan ide-ide yang muncul di smartphone dengan menggunakan salah satu aplikasi diatas.

Next Post Previous Post
10 Comments
  • Muhammad Dito
    Muhammad Dito 11 Desember 2020 07.58

    Wahh, banyak juga ya. Tapi, kalau buat saya, menulis 10 jari tetap lebih enak dan cepat dibanding pakai jempol hehehe. Btww, apakah kak Diyanti juga suka menulis di Storial??

    • Rita
      Rita 11 Desember 2020 11.17

      Ya bener sih, gimanapun lebih leluasa nulis pake keyboard laptop atau komputer😄 aplikasi android semacam itu cuman buat selingan kita aja waktu ada ide menulis tiba-tiba kan bisa dicatat dulu pake salah satu aplikasi diatas daripada pake buku catatan kan😁

      Kalo nulis di storial sih blm pernah, tapi pernah nulis di wattpad, noveltoon, novelme cuman gak diterusin lagi karena nulis cerita bersambung tuh susah wkwk

      Btw Mas Dito penulis storial ya?

  • MizzYani
    MizzYani 11 Desember 2020 09.41

    Penasaran pengen nyobain aplikasi ini. Kalo buat nulis artikel bagusan yang mana ya mbak ?😅

    • Rita
      Rita 11 Desember 2020 11.07

      Kalau saya sendiri sih pake writer plus mbak, ukuran apk nya gak terlalu berat dan simple aja buat nulis mendadak ketika mendapatkan ide tiba tiba, bisa buat nulis apa aja sih ya artikel ya cerita

  • Melissa Olivia
    Melissa Olivia 11 Desember 2020 11.44

    Wah kalo aku biasanya nulis draft blog di google keep dulu malah. Soalnya bisa buka dr web juga dan ada fitur copy to gdocs. Lumayan efektif buat artikel yang bth approval dulu.

    But makasih mba infonya, aku jadi tau ternyata banyak juga aplikasi pendukung utk menulis di android ya 🙂

    • Rita
      Rita 11 Desember 2020 15.57

      Tergantung kenyamanan aja sih mba, pake apa aja yang penting nyaman untuk menulis

      Sama sama, makasih karena menyampatkan baca artikel ini😊

  • Mayuf
    Mayuf 11 Desember 2020 11.58

    Banyak juga ya apk buat nulis dan juga sepertinya bagus" semua :D
    Tapi kalo aku si note bawaan hp dah cukup karna yang aku tulis cuma tutorial jadi gak terlalu panjang hehe

    • Rita
      Rita 11 Desember 2020 15.59

      Hehe banyak mas, saya sendiri pengguna salah satu apk diatas
      Iya tergantung kenyamanan masing masing, yang penting bisa nyaman untuk menulis😊

  • My Naden Milen
    My Naden Milen 13 Desember 2020 15.55

    Terimakasih banyak kak rekomendasinya

    • Rita
      Rita 13 Desember 2020 18.15

      Sama sama, terimakasih atas kunjungannya😊

Add Comment
comment url