5 Cara ampuh mengatasi insomnia agar tidur kembali nyenyak

3 comments

cara mengatasi insomnia dengan ampuh


Kita tau bahwa insomnia merupakan gangguan tidur. Penyebab dari insomnia sendiri bermacam-macam, mulai dari gangguan kesehatan, stres atau banyak beban pikiran. Padahal jika kita sedang stres dianjurkan untuk tidur cukup agar otak kembali fresh pada pagi harinya. Namun apalah daya ketika insomnia menyerang, yaitu akan banyak sekali akibat yang akan terjadi. Misalkan jika kita mengalami insomnia, emosi kita menjadi tidak stabil, mengantuk disiang harinya, menjadi semakin stres bahkan jika berkepanjangan akan menimbulkan penyakit fisik maupun psikologis. Lalu, bagaimana cara kita untuk bisa mengatasi insomnia? Teman-teman jangan khawatir karena dibawah ini, aku akan membagikan mengenai cara mengatasi insomnia supaya bisa membantu teman-teman sekalian yang sedang mengalami insomnia bisa kembali tidur dengan nyenyak. Yuk mari simak.


Cara mengatasi insomnia di rumah

cara mengatasi insomnia dengan ampuh

1. Memakan makanan yang sehat

Makanan yang sehat atau real food merupakan berbagai makanan yang tidak mengandung pengawet, pewarna buatan atau pemanis buatan. Dengan pola makan yang tidak sehat tentunya juga memberikan efek dalam gangguan tidur yang semakin parah. Maka dari itu mengubah pola makan yang sehat sangat dianjurkan dalam mengatasi gangguan insomnia. Teman-teman bisa mulai memilih buah-buahan atau sayur-sayuran segar tanpa pengawet. Dan adapun tips sederhana yang sering dianjurkan juga, yaitu berhenti makan pada waktu 3 jam sebelum tidur. Biasanya jika perut terlalu kenyang akan sulit tidur.


2. Melakukan  meditasi

Jika kesulitan tidur teman-teman juga bisa melakukan  meditasi sebentar. Pada dasarnya pikiran manusia selalu berkeliaran, misalkan ketika memejamkan mata ingin tidur, pikiran malah kesana-kemari  seperti memikirkan pekerjaan, tugas sekolah, keluarga, memikirkan hutang atau cicilan-cicilan, maka menjernihkan pikiran sejenak atau meditasi sebelum tidur sangat direkomendasikan.


3. Menjauh atau jauhkan barang-barang elektronik 1 jam sebelum tidur

Cara ampuh untuk mengatasi gangguan insomnia selanjutnya adalah menjauh dari barang-barang elektronik 1 jam sebelum tidur. Misalkan jangan bermain handphone, berhenti menonton tv atau berhenti menatap layar laptop 1 jam sebelum  tidur. Semua cahaya dari barang elektronik tersebut akan menghambat hormon melantonin. Dimana hormon tersebut memiliki tugas untuk membuat teman-teman bisa tidur dengan nyenyak. Layar pada smartphone atau monitor laptop/komputer memiliki efek lebih kuat dari cahaya lampu untuk menghambat hormon melantonin.


4. Mengkonsumsi suplemen

Teman-teman bisa mengkosumsi suplemen seperti kalsium, magnesium, vitamin  B complex dan vitamin E. Suplemen-suplemen tersebut bisa membantu tubuh untuk lebih relaksasi dan dapat membantu tidur lebih baik dimalam hari.


5. Melakukan olahraga rutin

Olahraga memang penting dilakukan. Selain supaya badan menjadi sehat tentunya agar tidur menjadi lebih nyenyak. Umumnya olahraga dapat dilakukan 3 atau 5 kali dalam seminggu. Waktu yang bagus untuk melakukan olahraga yaitu dipagi hari. Tidak dianjurkan dimalam hari karena akan mengganggu tidur.


Itulah cara ampuh yang bisa teman-teman lakukan untuk mengatasi insomnia di rumah. Lakukan dengan rutin maka akan ada hasilnya yaitu bisa tidur dengan nyenyak. Dan apabila teman-teman mengalami insomnia parah, akan lebih baik jika segera berkonsultasi dengan dokter. Bicarakan apa yang telah terjadi dan gejala-gejalanya sehingga dokter mampu mendiagnosa dengan tepat.

Baiklah, akhir kata, jaga diri mu baik-baik, sayangi diri mu. Hanya ini saja yang bisa aku sampaikan dari sini. Semoga dapat membantu mengatasi gangguan tidur yang menyebalkan ini. Jangan stres stres ya. Bye..

Related Posts

3 comments

  1. Makasih kak sharingnya. .iya aku lagi insom sih karna kepikiran ada baby juga jadi jam tidur kayak berantakan

    Apalagi belum nyiapin ini itu, dan kayak nya sih memang mood agak swing sama selera makan jadi gak baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mungkin karena sedang banyak pikiran, jadi berpengaruh ke gangguan tidur. Apalagi punya dedek bayi, biasanya suka bangun tengah malam kalau debay nya nangis sehingga jam tidur jadi berantakan. Tetap jaga kesehatan kak😊 terimakasih juga sudah menyempatkan mampir☺

      Delete
    2. Iya banyak pikiran😅😅

      Sama2 kak

      Delete

Post a Comment

Follow by Email