Aplikasi pendukung, supaya ngeblog lewat HP lebih mudah

5 comments

Ngeblog dengan HP

Akhir-akhir ini keadaan memaksa saya untuk ngeblog lewat HP atau ponsel. Awalnya susah karena belum terbiasa, emosi karena nggak sabaran. Berbeda dengan menggunakan laptop/pc yang bisa cepat dan menghemat waktu. Namun karena keterpaksaan keadaan itulah membuat saya tau bagaimana susahnya ngeblog lewat HP. Salud sih dengan teman-teman yang hingga kini bisa produktif ngeblog dengan modal ponsel pintar.

Setiap musibah akan selalu ada hikmahnya.

Nah, dikarenakan itulah sekarang saya bisa tau agar ngeblog dengan HP nggak memakan waktu lama. Yaitu dengan cara :


Yang paling penting agar lancar ngeblog lewat HP

Ngeblog pakai hp

Sebelum masuk ke aplikasi pendukung untuk memudahkan ngeblog lewat smartphone, pertama-tama saya akan kasih tau terlebih dahulu hal paling penting dan paling pokok untuk memperlancar ngeblog dengan HP.

1. Koneksi internet

Teman-teman bakal uring-uringan sendiri kalau koneksi internet lemot atau nggak stabil. Jangankan pakai ponsel, pakai laptop kalau nggak banyak sinyal saja bawaannya emosi. Jadi bisa dibayangkan kan kalau ngeblog lewat HP tapi sinyal lemot minta dipukul. Stres yang ada, kesal sendiri dan sangking kesalnya bikin emosi. Jadi yang paling penting pertama adalah koneksi internet stabil agar ngeblog lewat HP bisa lancar dan nggak bikin stres.


2. Ponsel android

Merk apapun yang jelas ponselnya harus minimal android. Nggak perlu yang canggih-canggih, yang terpenting bisa dipakai.


3. Niat baik dan kesabaran

Melakukan apapun jelas harus didasari niat. Memiliki niat baik tapi nggak sabaran yaudah end. Intinya ngeblog dengan bermodalkan HP itu memerlukan kesabaran ektra lebih dibanding ngeblog lewat pc atau laptop.


Aplikasi dan website pendukung agar ngeblog lancar dengan HP

Masuk ke inti pembahasan artikel ini. Yuk mari simak apa saja aplikasi atau website yang bisa memudahkan kita untuk ngeblog lewat HP.

1. Aplikasi offline menulis

Aplikasi menulis offline writerp

Pada jenis ponsel android tertentu terdapat aplikasi menulis atau catatan default yang sudah disediakan. Namun saya memakai aplikasi bernama writerp. Pada aplikasi tersebut kita bisa mengelompokkan folder agar terpisah dengan folder yang lain supaya memudahkan kita dan nggak campur aduk. Selebihnya tetap sama dengan aplikasi catatan di ponsel teman-teman. Nah fungsi dari aplikasi menulis ini adalah untuk menulis artikel. Sebab jika langsung menulisnya di menu blogspot atau wordpress tentunya akan sulit apabila menggunakan ponsel. Sehingga kita memerlukan aplikasi menulis offline seperti writerp atau aplikasi menulis sejenis lainnya.


2. Canva

Aplikasi canva merupakan aplikasi yang mendukung blogger untuk mendesain gambar (nggak cuman blogger sih). Fungsi gambar dalam artikel tentunya untuk memperindah dan supaya pengunjung nggak bosan membaca artikel kita. Canva punya dua versi yaitu aplikasi android dan website. Saya pakai yang website supaya lebih mudah dan nggak perlu download.


3. Blogspot / Wordpress

Dua website besar yang digunakan blogger, yaitu blogspot dan wordpress. Saya memakai blogspot. Namun blogspot ataupun wordpress nggak terlalu berpengaruh apa-apa. Karena kita sedang membahas mengenai ngeblog lewat HP.


Cara mengaplikasikan ketiga aplikasi diatas

Setelah tau mengenai aplikasi pendukung untuk memudahkan ngeblog lewat HP. Maka sekarang saya akan memberikan tips mudah mengaplikasikan ketiga aplikasi tadi, yaitu :

  • Tulis artikel di aplikasi menulis / writerp sampai dengan selesai.
  • Salin tulisan artikel tadi yang sudah selesai dibuat.
  • Kemudian tempel ke menu postingan di blogspot atau wordpress.
  • Setting semua tulisan dan yang ingin disetting (termasuk menambahkan gambar sebagai pemanis tampilan postingan)
  • Kemudian posting dan selesai.

*Catatan : teman-teman bisa memainkan tombol sebelah kiri di ponsel untuk memudahkan pindah dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya tanpa menutupnya terlebih dahulu.


Kesimpulan

Ngeblog menggunakan HP

Sebenarnya ngeblog lewat HP nggak begitu susah apabila ketiga hal pokok yang saya bahas diawal terpenuhi. Seperti koneksi internet stabil dan memiliki HP android.

Jangan sampai satu halangan mematikan kreativitas mu.

Memakai laptop, pc atau HP semuanya bisa dilakukan jika kita ingin melakukannya. Jadi, nggak ada alasan ini itu, karena banyak jalan keluar atas permasalahan yang hadir, termasuk keterpaksaan ngeblog lewat HP.

Related Posts

5 comments

  1. bagi yang pake wordpress, bisa juga langsung nulis di apk androidnya. btw motivasi untuk rajin ngeblog nih, makasih tipsnya kak :)

    ReplyDelete
  2. Sama, saya juga pakai aplikasi wp kemudian tinggal copas ke blog. Kadang saya juga menggunakan Google Keep agar bisa saya akses via laptop.

    Salam kenal kak :)

    ReplyDelete
  3. Emang sekarang ngeblog pake hp makin mudah, dulu sempet ngalamin posting blog bisa lewat SMS pas smartphone belum umum kayak sekarang.

    Tapi masih belum nyaman nulis panjang lewat hape. Paling cuma bikin catatan poin2 ide postingan, link referensi sama gambar ilustrasi, hasil akhirnya tetep lewat laptop. Buat blogwalking sih yg paling sering.

    ReplyDelete
  4. Bertahun-tahun ngeblog, saya belum pernah mencoba menulis postingan via HP. Kayaknya ribet aja harus menulis panjang di layar hp yang kecil. Lebih suka di laptop, baca blog juga lebih suka di laptop, soalnya bisa lihat template blog orang lain juga.

    Makasih tipnya, mana tau suatu saat saya juga terpaksa ngeblog di HP.

    Btw canva memang berguna banget, sekarang saya lebih suka membuat thumbnail blog di canva.

    ReplyDelete
  5. Saya selalu pake hape sih mbak, dan belum pernah nyoba aplikasi canva

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email