Tips Memilih Asuransi Mobil Yang Aman Dan Tepat

asuransi kendaraan

Asuransi mobil - Dalam dunia yang tidak pasti, keamanan dan kehati-hatian itu perlu ditingkatkan. Seperti halnya dalam berkendara. Kenapa? sebab mengacu pada sebuah fakta bahwa tingkat kecelakaan di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Banyak faktor dari penyebab itu terjadi. Namun yang pastinya sebagai pengemudi kita perlu siap siaga menjaga keamanan dan kehati-hatian, baik dalam berkendara maupun menjaga keamanan kendaraan itu sendiri.

Ibaratkan ketika kita berkendara, ada dua hal yang kita bawa, nyawa dan kendaraan. Dan hal-hal yang tidak pasti dalam jalan raya itu selalu ada. Kecelakaan hingga menewaskan atau kecelakaan biasa dengan kerusakan kendaraan.

Namun untuk yang kedua, yaitu kecelakaan biasa yang hanya merusak kendaraan, bisa kita antisipasi agar tidak menimbulkan rugi. Yaitu dengan cara meng-asuransi-kan kendaraan itu sendiri. Fungsinya asuransi mobil adalah apabila ada kerusakan pada kendaraan mobil atau mobil hilang bisa mengajukan ke pihak asuransi untuk meng-cover segala kerusakan dan mendapat jaminan biaya pertanggungan. Nah jadi pihak pengendara tidah terlalu merugi bila meng-asuransi-kan kendaraannya.

Tetapi yang sering mejadi masalah hampir semua pemilik kendaraan jika ingin meng-asuransi-kan kendaraannya adalah mengenai memilih asuransi mana yang aman dan tepat. Sebab jika salah memilih asuransi, bukan hanya mobil saja yang tidak terjamin, namun uang Anda pun juga tidak bisa terjamin.

Nah untuk itu, berikut ini adalah tips memilih asuransi mobil atau kendaraan yang aman dan tepat, agar tidak menyebabkan rugi, sekaligus bisa mendapatkan manfaatnya.

Tips memilih asuransi mobil yang tepat

1. Pahami terlebih dahulu paket jasa yang ditawarkan

Sebagai bentuk kehati-hatian maka pahami terlebih dahulu tentang paket jasa yang ditawarkan. Misalkan seberapa mampukah pihak asuransi itu dalam menjamin kendaraan yang kita punya. Biasanya terdapat empat jenis jenis asuransi mobil yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, yaitu : asuransi mobil TLO, asuransi mobil All Risk, asuransi mobil gabungan dan asuransi mobil rider atau perluasan. Keempat jenis asuransi mobil tersebut tentunya ada kelebihan dan kekurangannya. Untuk itu perlu Anda pahami dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda masing-masing.

2. Sesuaikan biaya premi asuransi dengan layanan yang diberikan

Walaupun premi asuransi sudah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), namun untuk layanan yang diberikan merupakan kebijakan dari pihak asuransi itu sendiri. Maka dari itu Anda bisa pilah-pilah tentang layanan yang diberikan dengan premi yang ditawarkan. Bila perlu Anda bandingkan dengan perusahaan asuransi lainnya yang memiliki biaya premi sama. Sebab untuk premi yang sama biasanya perusahaan asuransi memberikan layanan yang berbeda-beda. Bisa jadi hanya mengcover kendaraan yang rusak, ada juga yang memberikan layanan tanggungan kepada pengemudi dan penumpangnya.

3. Reputasi baik dari perusahaan asuransi itu sendiri

Reputasi itu penting, apalagi tentang perusahaan yang memberikan layanan kepada orang banyak. Sebagai calon pemegang polis atau nasabah, kita perlu meriset tentang reputasi perusahaan asuransi yang akan kita gunakan. Bukan hanya brand nya saja, melainkan juga layanan yang diberikan. Sebisa mungkin yang minim komplain. Tandanya itu sudah terpercaya.

4. Menyediakan layanan klaim dan darurat 24 jam

Layanan call center klaim dan darurat 24 jam sangat diperlukan guna mengantisipasi pada hal-hal kurang menyenangkan yang bisa terjadi kapan saja. Maka, untuk memudahkan Anda kedepannya, pilihlah asuransi mobil yang juga memberikan layanan darurat 24 jam.

Kesimpulan

Itulah empat tips memilih asuransi mobil yang aman dan tepat. Namun Sebenarnya memilih asuransi mobil yang aman dan tepat itu bisa dilakukan secara online. Bahkan Anda bisa membandingkan polis maupun harga asuransi mobil dengan sangat mudah dan cepat yaitu dengan menggunakan layanan lifepal.co.id.

Dan karena saat berkendara kita membawa dua hal, yaitu nyawa dan kendaraan. Maka harus ada jaminan jika kejadian kurang menyenangkan terjadi. Jaminan kendaraan bisa dengan asuransi kendaraan atau mobil, sedangkan jaminan 'nyawa' bisa dengan asuransi kesehatan. Silahkan cek lifepal.co.id untuk mempermudah  Anda dalam membandingkan harga atau layanan dari berbagai asuransi mobil maupun asuransi kesehatan di Indonesia secara online.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url