Bergabung dengan PAFI Tempat Berkumpulnya Ahli Farmasi Indonesia

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia

PAFI yang merupakan singkatan dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia adalah organisasi yang menaungi para ahli di bidang farmasi. Persatuan ini memiliki sejarah yang sangat panjang selayaknya sejarah kemerdekaan Indonesia.

Bahkan hingga kini, PAFI memilik cabang di berbagai kota atau provinsi di Indonesia. Seperti PAFI Kabupaten Kutai Barat, PAFI Remang, Blitar, Magelang, Aceh dan lain sebagainya.

Oleh karena itu tenaga ahli farmasi di Indonesia diharapkan untuk bergabung dalam ikatan PAFI sesuai cabang masing-masing kota atau provinsi. Seperti halnya bergabung dengan PAFI Kabupaten Kutai Barat bagi tenaga ahli farmasi di Kabupaten Kutai Barat.

Namun sebelum submit data diri untuk bergabung, mari simak terlebih dahulu mengenai informasi penting dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia.

Mengenal PAFI dan Sejarah Singkatnya

Pada tanggal 13 Februari 1946, pertama kali PAFI terbentuk secara formal. Persatuan Ahli Farmasi ini dibentuk di Yogyakarta, guna mewadahi perhimpunan tenaga farmasi yang cukup berperan penting dalam mempertinggi taraf kesejahteraan umum, khususnya di bidang kesehatan masyarakat dan farmasi.

Pusat pengurusan PAFI sendiri berkedudukan di wilayah Negara Kesatuan dengan berlandaskan Pancasila. Organisasi PAFI bisa dibilang sebagai organisai profesi yang bersifat kekaryaan dan pengabdian.

Tujuan Terbentuknya PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia)

Dengan terbentuknya sebuah organisasi, tentunya yang menjadi pokok utama adalah tujuan atau mengapa organisasi tersebut terbentuk.

Seperti halnya organisasi lainnya, PAFI memiliki beberapa tujuan yang perlu anda ketahui, yaitu diantaranya :

  • Ingin mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur dengan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  • PAFI juga ingin meningkatkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat Indonesia.
  • Selain itu, PAFI ingin mengembangkan dan meningkatkan pembangunan Farmasi Indonesia.
  • Dan meningkatkan kesejahteraan anggota.

Bagaimana Cara Bergabung Menjadi Anggota PAFI?

Berdasarkan informasi dari website PAFI Pusat, ada beberapa petunjuk atau cara untuk menjadi anggota PAFI, yaitu diantaranya :

- Cara Bergabung Menjadi Anggota PAFI Cabang (Melalui Website PAFI Cabang)

Seperti yang sebelumnya dijelaskan di atas. Bahwa Persatuan Ahli Farmasi Indonesia memiliki banyak cabang disetiap kota atau provinsi. Oleh karena itu untuk menjadi anggota PAFI disalah satu cabang, misalkan PAFI Kabupaten Kutai Barat, pertama-tama anda perlu membuka link halaman resmi website PAFI Kabupaten Kutai Barat yaitu pafikabkutaibarat.org.

Kemudian anda perlu untuk mengisi form registrasi, seperti:

  • Alamat email pribadi
  • Password
  • Nama lengkap
  • NIK/No. KTP
  • Tanggal lahir
  • Jenis kelamin

Cara ini bisa anda lakukan untuk mendaftar di cabang PAFI lainnya.

- Cara Bergabung Menjadi Anggota PAFI (Melalui Website PAFI Pusat)

Mendaftar untuk menjadi anggota PAFI melalui website PAFI Pusat hanya dikarenakan pengurusan PAFI cabang belum memiliki website mandiri.

Dan berikut ini adalah cara melakukan registrasi keanggotaan melalui website PAFI Pusat :

  • Masuk ke halaman registrasi website PAFI Pusat.
  • Pilih keanggotaan wilayah Pengurus Daerah (PD)
  • Pilih keanggotaan wilayah Pengurus Cabang (PC)
  • Kemudian isikan data-data yang diperlukan (Nama, NIK/No. KTP, Nomor Telepon, Email, Password, Jenis kelamin dan Tanggal lahir)

Namun apabila anda terkendala dalam melakukan registrasi diatas, maka dapat menghubungi kontak (021 – 4244486) dan email (pcrsbtebnbhlifbrmbsi@gmbil.com).

Manfaat Menjadi Anggota Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI)

Anggota PAFI

Adapun manfaat yang bisa anda dapatkan ketika memutuskan untuk menjadi anggota Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI), diantaranya :

1. Koneksi Anggota di Bidang yang Sama

PAFI yang merupakan persatuan farmasi tentunya dikhususkan untuk para tenaga kerja farmasi di seluruh Indonesia. Dengan hal ini anda dapat langsung terkoneksi secara mudah dengan orang-orang yang memiliki bidang yang sama.

2. Mendapat Informasi Kepelatihan atau Seminar

Ketika akun yang anda daftarkan telah terverifikasi, secara otomatis anda dapat mengakses beberapa fitur atau menu khusus untuk anggota. Seperti halnya kepelatihan maupun seminar. Pengurus PAFI akan memberikan informasi penting yang dapat diikuti oleh anggota PAFI lainnya.

3. Dan juga Mendapat Informasi Terkait Lowongan Pekerjaan

Sesuai dengan tujuan PAFI yaitu meningkatkan kesejahteraan anggota. Maka dari itu terdapat fitur atau menu lowongan pekerjaan khusus untuk anggota, yang tentunya di bidang kesehatan khususnya farmasi. Anda dapat mengakses informasi penting ini ketika telah terdaftar sebagai anggota PAFI.

Penutup

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) bukan hanya sebagai organisasi perkumpulan biasa. Namun lebih dari itu. Dengan adanya PAFI, para ahli di bidang farmasi ini ikut serta dalam membangun kesejahteraan bangsa, khususnya dibidang kesehatan masyarakat dan farmasi. Oleh karena itu, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia berkomitmen kuat untuk memajukan lini kesehatan masyarakat secara luas dan merata di Indonesia, terbukti dengan banyaknya cabang di berbagai kota.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url