Kenapa Harus Menjadi Lebih Baik?


Menjadi lebih baik merupakan sebuah kalimat yang sering kita dengar. Menjadi lebih baik berarti kita berusaha menggali hal terbaik dalam diri kita. Lalu bagaimana agar bisa menjadi lebih baik? Hanya satu kuncinya yaitu belajar. Makna dari belajar itu sendiri sangat luas. Belajar banyak hal dalam kehidupan, belajar dari pengalaman diri sendiri maupun orang lain, atau belajar dari permasalah yang muncul atau kerap terjadi. Tapi kenapa kita harus menjadi lebih baik? Berikut merupakan alasan kenapa harus menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya​.

Kenapa Harus Menjadi Lebih Baik?

1. Butuh Perubahan

Seperti roda yang berputar begitulah hidup digambarkan. Lalu jika tak ada perubahan bagaimana? Kamu akan tertinggal dan tak mungkin juga menjadi pribadi yang begitu-begitu saja. Lagipula berubah menjadi lebih baik tak buruk. Hanya perlu belajar dan bertindak, juga butuh keberanian mengeluarkan potensi diri untuk menjadi versi terbaik.

2. Reputasi Diri

Bukan maksud gila reputasi atau penilaian orang lain. Namun berubah menjadi lebih baik adalah bentuk dari reputasi atau penghargaan diri. Seperti sebelumnya, kita tak mungkin menjadi pribadi yang begitu-begitu saja sedangkan lingkungan semakin berubah perlahan-lahan. Menjadi lebih baik dari sebelumnya merupakan bentuk kita menghargai diri sendiri. Sebelumnya yang dianggap pemalu dan pendiam mulai membuka diri untuk lebih bisa bergaul. Penghargaan dari orang lain atau pujian dari orang lain yang menerima perubahan baik kita adalah penghargaan untuk diri kita sendiri yang sudah berusaha dan berani berubah menjadi lebih baik.

3. Bentuk Self Love atau Mencintai Diri Sendiri

Orang yang sudah berani membuka dirinya ke versi terbaik adalah orang yang sudah mampu mencintai dirinya sendiri. Akan lebih baik mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain, begitulah kutipan yang sering kita dengar. Sedangkan menjadi lebih baik itu tak mudah dilakukan, butuh usaha dan konsisten belajar yang tak main-main. Memperlihatkan versi terbaik kita adalah keberanian yang tak banyak orang bisa lakukan. Hal tersebut sangat berhubungan dengan mencintai diri sendiri. Karena orang yang mencintai diri adalah orang yang berani menunjukkan versi terbaik dirinya sendiri.


Itulah alasan kenapa harus menjadi lebih baik. Berubah bukan berarti merubah diri ke versi terbaru dimana orang lain seolah tak kenal dengan mu, namun berubah yang dimaksud adalah menjadi lebih baik yang sebelumnya sudah baik atau belum baik. Hal tersebut sangat penting dilakukan karena hidup memerlukan perubahan.

Dulunya yang kita anggap baik belum tentu baik. Sedangkan kehidupan perlahan berubah. Kita perlu menyesuaikan diri dan memberanikan diri untuk menunjukkan versi terbaik yang kita punya. Berusaha dan belajar adalah kunci agar pembelajaran bisa terwujud.
Next Post Previous Post