Aku dan PERUBAHAN


"Dulu merupakan cerita, sekarang adalah pembelajaran dan masa yang akan datang adalah perubahan."
Ada beberapa faktor yang membuat kita berubah. Faktor lingkungan, pergaulan, masa lalu, desakan ataupun faktor diri sendiri. Berubah juga punya dua tipe, berubah ke hal positif dan berubah ke hal negatif. Apapun itu, intinya orang akan selalu berubah, nggak akan sama dengan dirinya di masalalu.
Ada sedikit cerita mengenai aku dan perubahan. Beberapa teman berkata.
“Dulu tuh kamu cupu banget, sekarang udah mulai banyak berubah ya.”
“Sekarang udah mulai berani loh.”
“Udah bisa ngomong, nggak terlalu pendiam lagi.”
“Udah nggak kayak dulu lagi.”
“Nah gitu dong jadi orang.”
Aku dengarnya, wah ada perubahan bagus dalam diri ku. Senang dan ku pikir jika niat kita kuat akan ada hasil yang memuaskan pula. Iya, aku dimasalalu sedikit berbeda dengan aku yang sekarang. Semua perubahan positif yang kita inginkan bisa kita dapat dengan belajar, berproses dan waktu.
Aku ingin lebih percaya diri, jadi aku harus belajar untuk meningkatkan kepercayaan diri ku disetiap waktu dan kesempatan. Aku ingin bisa lebih berani, jadi aku harus terus belajar berani dari hal sepele seperti naik motor di jalan raya, pergi ke suatu tempat yang belum pernah disinggahi sebelumnya, bertanya kepada orang lain jika memang tidak tau, mengakui kesalahan saat berbuat salah, atau melawan pelan-pelan rasa trauma. Semua butuh proses dan waktu yang panjang. Dan bisa jadi kita merasa stres dan frustasi dalam berproses itu.
Nggak apa-apa karena akan ada hasil yang memuaskan. Kuncinya yang selalu kupegang adalah nikmati proses belajarnya, susah senang sedih bahkan tangisan. Kita bisa menjadi kita yang lebih baik suatu hari nanti.
Daripada terus menyalahkan ataupun membenci diri sendiri karena keadaan atau kekurangan kita sekarang, lebih baik menutupinya dengan belajar memperbaiki diri ke hal yang lebih baik kan?
"Perubahan hanya untuk kita yang ingin belajar. Perubahan hanya untuk kita yang berani berproses. Perubahan hanya untuk kita yang ingin berubah."
Berubah ke hal positif nggak akan ada ruginya kok.
Next Post Previous Post