Dasar-Dasar Untuk Mencintai Diri Sendiri

Mencintai diri sendiri

Sekarang ini, seseorang mudah mengalami insecure atau ketidak percayaan diri. Apalagi dengan aliran informasi di era digital seperti sekarang, maka dengan mudah seseorang bisa melihat sebuah kelebihan orang lain yang terpajang di media sosial. Tentu hal tersebut bisa menambah rasa ketidakpercayaan diri. Lalu bagaimana agar kita bisa mengurangi rasa insecure yang timbul? Yaitu tentu dengan cara mencintai diri sendiri. Namun mencintai diri sendiri bukanlah hal yang mudah dilakukan, bahkan lebih sulit dari mencintai orang lain, apalagi insecure itu sendiri sudah tertanam dalam diri kita. Akan tetapi Diyanti Blog telah merangkum 5 hal dasar untuk mencintai diri sendiri yang bisa dipraktekkan untuk melawan insecure, yaitu diantaranya :

Dasar untuk mencintai diri sendiri

1. Mulai menanamkan pikiran yang positif

Memiliki pikiran yang positif mampu menyehatkan fisik sekaligus mental seseorang. Guna mencintai diri sendiri tentu hal yang pertama yang harus dilakukan adalah menanamkan pikiran yang positif. Lihat segala hal bukan dari sisi mu saja, terbuka dengan hal baru maka pikiran pun terbuka untuk menerima banyak hal. Setidaknya pikirkan positifnya saja, singkirkan jauh-jauh negatifnya. Bahkan lihatlah sesuatu yang positif atas kejadian yang malang sekalipun.

2. Pikirkan diri sendiri

Bukan tentang egois, dimana kepentingan diri sendiri lebih diutamakan ketimbang kepentingan orang lain. Melainkan memikirkan diri sendiri terlebih dahulu, yaitu apapun yang terjadi dan sedang ada dikejadian apapun itu kita harus memikirkan diri kita sendiri. Misal hal baik apa yang bisa kita dapatkan, apakah positif atau negatif yang didapatkan, apakah merugikan diri sendiri atau tidak dan lain sebagainya. Memikirkan diri sendiri terlebih dahulu adalah bentuk ketegasan dan batasan agar orang lain tak bisa semena-mena. Dan juga sebagai bentuk kita menghargai diri kita sendiri.

3. Bersikap masa bodo

Berhenti memikirkan sesuatu yang menjatuhkan. Misal omongan yang tidak mengenakan. Atau biarkan nyinyiran yang tidak enak didengar. Bersikap masa bodo juga terhadap orang-orang yang tidak menyukai kita. Tidak perlu ambil pusing, ambil nafas kemudian buang. Jalani hidup, hadapi tantangan dan fokus mengejar impian.

4. Yakin pada diri sendiri

Tidak membanding-bandingkan diri sendiri pada orang lain. Kamu adalah kamu dan dia adalah dia. Setiap orang memiliki perbedaan tidak semuanya sama. Untuk mencintai diri sendiri, tidak membanding-bandingkan adalah penting. Bangun keyakinan pada diri sendiri, misal bahwa kamu bisa menghadapi tantangan, bisa menghadapi kegagalan, bisa menghadapi nyinyiran dan tantangan-tantangan lainnya. Terkadang kita lebih hebat daripada apa yang kita bayangkan. Yakin pada diri sendiri merupakan bentuk kepercayaan diri serta melatih untuk menjadi diri sendiri.

5. Bersyukur

Kemudian yang terakhir adalah bersyukur. Kunci penting untuk bisa lebih mencintai diri sendiri tentu dengan bersyukur. Setidaknya kamu bisa hidup dengan layak, bisa makan setiap hari, masih bisa membeli baju baru, masih bisa menggerakkan badan mu, masih bisa berjalan dengan sempurna, masih memiliki orang tua yang masih bisa membiayai mu, masih bisa diberikan kesempatan untuk menempuh pendidikan, masih bisa mendapatkan gaji yang layak dan masih banyak lagi yang sebenarnya bisa kita syukuri. Hanya terkadang kita terlalu melihat kesempurnaan orang lain sehingga kelebihan diri sendiri tidak terlihat oleh mata kita sendiri.


Kadang kala kita terlalu melihat kesempurnaan orang lain sampai lupa jika diri sendiri punya kelebihan yang bisa disempurnakan. Love yourself.
Insecure sering kali datang tiba-tiba. Insecure itu jahat, jika tidak dilawan maka insecure akan menghancurkan diri kita. Jadi, mulai sekarang ayo belajar untuk menghilangkana insecure dan juga belajar untuk mencintai diri sendiri agar bisa menjadi pribadi yang bahagia.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url