Hal-hal yang jangan diterima apa adanya pada diri mu

Post a Comment




Umumnya kita harus menerima diri kita apa adanya. Namun ada beberapa hal dimana kita nggak harus terima dengan apa adanya. Dan berikut ini adalah beberapa hal tersebut.



1. Kemampuan dan bakat


Setiap orang memiliki bakat atau kemampuan yang dianugrahi oleh Tuhan sejak lahir. Kemampuan dan bakat tersebut tersimpan didalam diri kita. Dimana jika nggak terus dilatih maka bakat dan kemampuan tersebut nggak akan menguntungkan, tenggelam seperti batu yang tercebur kedalam air. Jadi, bakat dan kemampuan tentu perlu dilatih. Jika kita menerima bakat dan kemampuan dengan apa adanya, maka dipastikan bahwa bakat dan kemampuan tersebut akan tenggelam dan membuat kita nggak berkembang.


2. Wawasan


Seperti halnya bakat dan kemampuan, wawasan perlu juga untuk dikembangkan bukan diterima apa adanya. Beberapa orang terlahir dengan spesial yaitu memiliki IQ diatas rata-rata, tapi nggak pernah belajar untuk membuka wawasan lebih luas. Jadi kelebihan IQ tersebut buat apa. Wawasan tentu perlu dikembangkan. Jika orang-orang ber IQ tinggi namun nggak pernah belajar untuk membuka wawasan, pasti akan tetap kalah dengan orang rata-rata yang gemar bereksperimen membuka wawasan-wawasan baru.


3. Pengetahuan


Ada pepatah menyebut jika pengalaman adalah guru terbesar untuk kita. Ya, sebegitu pentingnya pengalaman itu. Maka dari itulah, pengalaman perlu dikembangkan. Bukan nggak menerima apa adanya atau menolak pengalaman yang hadir. Namun kita perlu meningkatkan pengalaman itu sendiri. Misalkan seperti pengalaman sedih yang menimpa, mungkin pernah merasakan frustasi dalam hidupnya. Pengalaman tersebut dijadikan pembelajaran berharga untuk lebih bisa menikmati hidup yang berjalan. Maka pengalaman jangan diterima apa adanya. Jika itu terjadi mungkin kita nggak bisa bangkit untuk mencari atau menerima pengalaman-pengalaman selanjutnya.


4. Keadaan atau nasib


Dan yang jangan kita terima apa adanya terakhir adalah keadaan atau nasib. Sebagian orang memiliki nasib yang lebih unggul dari lainnya. Namun jika dia menerima dengan apa adanya kekayaan tersebut, tentunya nggak akan bisa mempertahankan kekayaan yang dimiliki. Perlu kerja keras untuk tak jatuh miskin. Dan untuk beberapa orang dengan keadaan yang kurang, tentu perlu kerja yang lebih keras untuk merubah nasibnya. Jadi, keadaan atau nasib jangan diterima apa adanya. Masih banyak jalan yang diberikan Tuhan untuk merubah nasib. Hanya perlu usaha lebih giat untuk merubah atau mempertahankan nasib yang sekarang.



Itulah 4 poin hal-hal yang jangan diterima apa adanya pada diri kita. Dunia berjalan terus berkembang, apabila diri nggak ingin berkembang maka kita akan tertinggal. Demikianlah artikel ini disampaikan. Semoga memberi manfaat untuk pembaca Diyanti Blog sekalian.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email