Memecahkan misteri kelas unggulan di The Gifted Thailand (2018)

Post a Comment



Drama The Gifted merupakan drama Thailand bertema sekolah, misteri, thriller yang di produksi oleh perusahaan manajemen terkenal GMMTV. Drama ini diadaptasi dari novel berjudul The Gifted karangan dari penulis Dhammarong Sermrittirong yang kemudian di rilis pada 5 Agustus – 4 November 2018 dengan jumlah episode tiga belas. Drama yang menyajikan misteri ini cukup menarik untuk ditonton apalagi pada tahun 2020 ini ada sequel lanjutan yaitu The Gifted : Graduation. Maka dari itu Diyanti Blog akan memberikan ulasan sedikit mengenai The Gifted 2018 yang menjadi cikal bakal kekompakan siswa-siswi kelas unggulan untuk menjatuhkan kepala sekolah.


Garis besar cerita The Gifted (2018)


Namanya Pang, seorang siswa kelas delapan yang tidak pandai akademik.  Sekolahnya yaitu Ritdha High School merupakan sekolah terkenal dan memiliki keunikan dalam menerapkan sistem pembelajaran. Yaitu pembagian kelas sesuai keunggulan akademik siswanya. Kelas satu merupakan kelas yang berisi siswa-siswi pintar dan memiliki hak keistimewaan diantaranya, fasilitas asrama lebih bagus, toilet yang lebih baik bahkan jam istirahat pun siswa-siswi di kelas satu akan mendapatkan jam istirahat awal yang berarti mendapatkan makanan kantin yang lebih banyak. Begitu seterusnya hingga kelas delapan yang siswa-siswinya hanya mendapatkan sisa makanan lebih sedikit dan fasilitas yang buruk. Pang yang merupakan siswa kelas delapan merasa bahwa sekolah tidak menerapkan keadilan yang merata untuk semua murid.

Namun Ritdha High School dengan keunikannya tersebut kembali menyeleksi setiap murid untuk masuk ke kelas unggulan dimana hak yang akan didapat paling istimewa. Hal tersebutlah yang memotivasi setiap murid untuk masuk ke kelas unggulan atau kelas Gifted. Akan tetapi Pang merasaa tidak mampu, dia menjawab soal ujian dengan asal namun hasil yang didapatnya begitu mengejutkan yaitu dia lolos masuk ke kelas unggulan.

Menurut Pang kelas unggulan menyimpan misteri. Bagaimana bisa ia yang mengisi jawaban dengan asal dan seorang siswa kelas delapan yang terkenal akan kebodohan akademiknya bisa masuk seleksi sedangkan sahabatnya yang berada di kelas satu tidak masuk.

Dengan kebingungan tersebut Pang mencoba memahami apa yang diajarkan, memahami latihan aneh untuk membangkitkan potensi setiap siswa, dan ia juga berusaha memahami perilaku aneh teman-temannya setelah berlatih membangkitkan potensinya masing-masing. Dan yang membuatnya semakin terkejut ketika satu teman sekelasnya menunjukkan potensi supranatural pada alat-alat elektronik dengan hanya sentuhan tangan.

Seiring waktu kelas unggulan semakin memperlihatkan kemisteriannya. Terlebih saat Namtaan menemukan sebuah fakta mengenai seorang murid unggulan terdahulu yang menghilang tiba-tiba di buku alumni kelas unggulan. Pang dan beberapa temannya mencoba mencari benang merah dari misteri tersebut yang ternyata melibatkan Pak Pom guru pembimbing baik hati serta kepala sekolah misterius dan rahasia yang pernah menjadi keburukan kelas unggulan.

Setelah melihat dokumen rahasia yang dimiliki alumni kelas unggulan terdahulu itu, Pang bersama 
Wave semakin berkeinginan untuk menjatuhkan jabatan Kepala Sekolah dan mempublikasikan rahasia buruk kelas unggulan. Akan tetapi Kepala sekolah dengan kemisteriusannya dan juga serba tau itu memiliki cara tersendiri mencegah pemberontakan Pang.


Review The Gifted (2018)


Aku suka banget sama setiap karakter tokoh-tokoh di The Gifted. Alur, konflik, sinematografi dan efek music bener-bener disajikan dengan keren dan membuat penonton semakin deg degan. Awalnya tertarik untuk menonton yaitu berawal dari melihat covernya. Kemudian mencoba menonton dan malah semakin penasaran dengan setiap tokoh juga alur ceritanya.

Jadi, kelas unggulan berisi sepuluh siswa-siswi yang sejak awal memiliki keistimewaan dibanding siswa-siswi Ritdha lainnya. Kemudian mereka dilatih membangkitkan potensi supranatural yang terpendam di kelas unggulan.

Yaitu pertama Wave memiliki potensi mengoprasikan alat-alat elektronik dengan sentuhan tangan. Lalu, Namtaan yang bisa melihat kilas balik peristiwa dengan hanya menyentuh benda maupun seseorang. Si cantik Claire yang bisa melihat perasaan orang lain. Punn yang memiliki potensi mudah menirukan keahlian orang lain. Mon siswi tangguh yang ahli semua cabang bela diri. Si kembar Jack dan Jo yang sama sama memiliki potensi keselarasan satu sama lain. Si ceria Ohm yang bisa menghilangkan dan mengembalikan benda maupun seseorang. Kemudian Korn ahli fotografi yang mampu bertahan tanpa tidur. Dan yang terakhir menemukan potensi adalah Pang yang bisa mengendalikan seseorang dengan apa yang dia ucapkan.

Konflik di The Gifted sangat beragam karena setiap tokoh memiliki konfliknya sendiri-sendiri namun tetap nyambung dengan keseluruhan alur utama. Nah itulah yang membuat menarik dan membuat penonton semakin memahami karakter di setiap tokoh. Aku sendiri suka karakter Pang, Ohm, Mon dan Pak Pom.

Selain sinematografi yang apik, banyak pelajaran pula yang bisa penonton ambil dari drama The Gifted ini. Beberapa diantaranya mengenai kepribadian ganda, konflik dimasa lalu yang mempengaruhi perilaku seseorang dimasa kini, keirian pada orang lain yang pada dasarnya ada dalam diri, ketidakadilan dalam memperlakukan orang, egoisme menganggap diri sendiri paling hebat dan masih banyak lagi.

Oh ya, The Gifted merupakan drama thriller misteri dan supranatural bertema sekolah. Setiap episode berjalan membuat penonton semakin penasaran dan menebak-nebak. Jumlah episodenya 13 dengan ending yang menggantung. Tenang saja ada kelanjutan dari The Gifted yaitu The Gifted Graduation. Jadi kamu perlu menonton season satu terlebih dahulu sebelum menonton season dua yang saat ini belum tamat.

Ketika menonton The Gifted, aku merasa nggak ada masalah, cuma di episode Claire sama Korn yang agak membosankan karena menceritakan seputar cinta dan patah hati, tapi itu memang konflik setiap tokoh dan masih nyambung ke alur utama. Dan satu lagi, betapapun penonton suka dan merasa setuju apa yang diperbuat Pang, di episode akhir kita akan tertampar dengan perkataan kepala sekolah yang ada benarnya juga. Karakter kepala sekolah itu mirip Albus Dumbledore di serial Harry Potter. Serba tau dan misterius. Kepala sekolah menjadi kunci utama tanpa bisa ditebak.

Jadi, ayo saksikan ketegangan dan ikut serta memecahkan misteri kelas unggulan bersama Pang dan kawan-kawan. Kamu bisa menontonnya lewat channel youtube GMMTV, platform Line TV ataupun juga di iflix dan WeTv.



"Dahulu ku pikir aku bisa mengubah dunia sendirian. Dahulu  aku berpikir bahwa aku lebih istimewa daripada orang lain. Tapi kini aku tahu aku salah. Siapapun kamu. Jika ingin mengubah dunia, kamu bisa. Tapi kita harus bekerjasama dan berjuang bersama. Percayalah pada ku, kita akan sukses bersama."


Related Posts

Post a Comment

Follow by Email