5 pesan moral dari film Oliver Twist 2005

Film oliver twist 2005


Setelah sekian lama vakum dari dunia blog, akhirnya aku kembali membawa kisah menarik dari film Oliver Twist 2005. Film tersebut adalah adaptasi dari novel tahun 1838 milik Charles Dickens yang berjudul sama yaitu Oliver Twist. Teman-teman yang ingin menonton sebenarnya bisa memilih, ada film Oliver Twist tahun 1909, 1922, 1933, 1948, 1982 atau 2005. Namun aku memilih menonton yang tahun 2005 karena dari segi sinema pastinya lebih baik dari film-film sebelumnya.


Jadi, film Oliver Twist ini menceritakan seorang anak usia 9 tahun yang polos dan baik hati. Betapapun lingkungannya tidak baik, serta mendapat perlakuan buruk, si Oliver tetap menjadi anak baik dan sopan. Banyak banget pesan moral yang tersampaikan dalam film, namun aku hanya merangkum pelajaran yang didapat dari tokoh utama yaitu Oliver Twist.


Biar tidak lama, yuk langsung disimak.



Pesan moral dari tokoh utama Oliver Twist

1. Tetap menjadi baik walau diluar banyak yang tidak baik

oliver twist dan fagin

Oliver telah membuktikan bahwa keadaan atau lingkungan jahat disekitarnya tidak membuatnya terpengaruh untuk ikutan jahat. Oliver tetap menjaga sopan santun terhadap orang yang lebih tua walau di lingkungan itu tidak perlu mengharuskan Oliver untuk sopan santun. Ia juga tetap baik membantu walau diperlakukan dengan buruk.


2. Tidak melupakan orang yang telah berbuat baik

oliver twist

Sikap baik selanjutnya yang perlu kita contoh dari Oliver yaitu tidak melupakan kebaikan orang lain. Dia telah memiliki kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya akan tetapi Oliver tetap mengingat kebaikan orang lain kepadanya dimasa lalu.


3. Nekat menggapai kehidupan yang layak

film oliver twist 2005

Dimenit-menit awal Oliver nekat pergi ke London sejauh 70 mil dengan berjalan kaki. Hanya semata untuk menggapai kehidupan yang lebih layak. Ditengah perjalanan banyak rintangan yang dihadapi Oliver, persediaan makanan habis, alas kaki yang mulai rusak, lapar, haus juga lelah. Namun Oliver tetap mantap pergi ke London dimana dalam bayangannya akan mendapatkan hidup yang lebih baik. Walaupun mungkin dikenyataanya belum tentu mendapatkan itu, setidaknya Oliver berusaha menggapai kebahagiaannya.


4. Bersikap tulus dan baik akan mendapatkan cinta dari banyak orang

film oliver twist 2005

Untuk mendapatkan cinta dari banyak orang, bersikap baik dan tulus adalah kuncinya, begitupun Oliver. Dia baik dan sopan serta tulus dalam bersikap. Sehingga beberapa orang disekitarnya pun menyayanginya dengan tulus.


5. Menabur kebaikan maka akan mendapat kebaikan

film oliver twist 2005

Hukum alam bahwa yang menabur kebaikan akan mendapat kebaikan pula pada akhirnya. Seperi Oliver, tetap menjadi anak yang baik, kendati dalam masa sulit, namun pasti akan ada jalan keluarnya. Entah dari orang yang ditemui atau nasib baik yang akan terjadi.


Demikianlah pesan moral yang bisa diambil dari karakter tokoh Oliver Twist, film yang mengisahkan perjalanan anak kecil pada zaman revolusi Inggris. Karena dalam film atau drama pasti ada pesan moral yang terselip didalamnya. Maka ambil baiknya seperti tokoh Oliver Twist ini.

Next Post Previous Post
8 Comments
  • YZG
    YZG 23 Februari 2021 pukul 09.05

    Thanks sinopsisnya, banyak pesan moral yang baik-baik, otw nyari filmnya.

    • Rita
      Rita 23 Februari 2021 pukul 09.45

      Iya nih, sebenernya masih banyak lagi pesan moralnya. Silahkan tonton film nya kak..

    • Romadoni
      Romadoni 23 Februari 2021 pukul 18.55

      Sepertinya filmnya inspiratif ya dan mengajarkan kebaikan. Suka ni film2 kaya gini mengandung makna lebih dari sekedar tontonan

    • Rita
      Rita 24 Februari 2021 pukul 08.58

      Iya kak Romadoni, itu termasuk film inspiratif. Bagus filmnya mengambil latar jaman revolusi inggris

    • Happy
      Happy 26 Februari 2021 pukul 15.05

      Udah lama banget nonton ini, tapi film ini wajib ditonton siapa saja emang, klasik

    • Rita
      Rita 1 Maret 2021 pukul 07.52

      Bener kak Happy, klasik dan penuh makna

  • mirnaaf
    mirnaaf 28 Februari 2021 pukul 09.06

    wah kayaknya seruu tuh baca novelnya dan filmnya.
    nonton filmnya di mana? yang legal?

    • Rita
      Rita 1 Maret 2021 pukul 08.21

      Iya kan seru banget. Yang legal ya, di youtube ada kak

Add Comment
comment url