Cara Menambah Berat Badan Untuk Pemilik Badan Ectomorph

cara menambah berat badan

Cara menambah berat badan - Wanita maupun pria pada umumnya memiliki obsesi untuk menurunkan berat badan. Hal tersebut mereka lakukan demi untuk menjaga bentuk tubuh yang ideal.

Namun bagaimana dengan orang yang kurus? Orang-orang tersebut masuk dalam golongan ectomorph dimana mereka pun juga mengidamkan bentuk tubuh serta berat badan yang ideal.

Ectomorph sendiri adalah tipe tubuh yang lebih cenderung kurus dan mempunyai ukuran pinggang dan bahu yang kecil. Selain itu para ectomorph juga memiliki massa otot yang kecil serta memiliki metabolisme pembakaran lemak yang cukup tinggi sehingga sulit untuk menaikkan berat badan walau sudah makan banyak dan meminum susu penambah berat badan.

Dengan keadaan tubuhnya tersebut, tidak heran apabila para ectomorph sangat berambisi bisa menaikkan berat badannya, walau ada yang menganggap itu akan mustahil dan sulit. Namun jangan khawatir terlebih dahulu, sebab berikut ini adalah cara menambah berat badan untuk pemilik badan ectomorph secara sehat dan alami.

1. Mengatur jadwal makan

Jadwal makan

Para ectomorph sering disebut orang lain yaitu kurus tapi makannya banyak. Tidak heran sebab proses metabolisme pembakar lemak cukup tinggi sehingga mereka cepat mudah lapar  dan cepat makan. Namun dengan hal itu yang perlu diketahui oleh ectomorph adalah mengatur jadwal makannya. Lebih baik makan lebih sedikit namun sering daripada makan banyak tapi jarang.

Misalkan makan lima kali dalam sehari dengan porsi yang sesuai. Hal tersebut bisa lebih membantu untuk menaikan berat badan. Namun kamu pun harus memperhatikan kandungan nutrisi makanan yang kamu konsumsi.

2. Meningkatkan asupan protein, karbohidrat dan lemak sehat

asupan protein

Untuk berhasil menaikkan berat badan, para ectomorph harus bisa meningkatkan massa ototnya.

Masa otot bisa didapatkan dengan olahraga diimbangi dengan mengonsumsi jenis makanan berprotein, karbohidrat, dan lemak sehat.

Protein sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan massa otot. Selain itu, karbohidrat dan lemak juga berperan dalam memenuhi kebutuhan energi.

Komposisi asupan terbaik untuk pemilik tubuh ectomorph menurut ACE Fitness yaitu dengan mengkonsumsi karbohidrat sebesar 50% sampai dengan 60%, protein sebanyak 25%, serta lemak sebanyak 25%.

Seorang pakar pun menyebutkan untuk meningkatkan massa otot setidaknya membutuhkan 100 sampai dengan 150 gram protein setiap harinya. Sehingga untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tersebut kamu harus rutin mengonsumsui makanan yang tinggi akan protein dan juga sekaligus mengandung karbohidrat serta lemak sehat. Jenis makanan tersebut seperti telur, dada ayam, ikan tuna, oatmeal serta kacang-kacangan. Namun jangan lupa juga untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran.

3. Olahraga rutin

olahraga rutin

Sebagian orang mungkin masih menganggap bahwa olahraga diperuntukkan untuk menurunkan berat badan. Anggapan tersebut tentu salah. Malah bagi seorang ectomorph, olahraga itu sangat penting untuk meningkatkan massa otot. Sudah makan sesuai aturan namun tidak melakukan olahraga tentunya akan percuma dan sia-sia usaha mu dalam menambah berat badan. Karena makanan yang sudah kamu konsumsi akan langsung dicerna dan tidak meninggalkan cadangan lemak dalam tubuh mu.

Jadi olahraga memang berperan penting dalam meningkatkan massa otot. Adapun olahraga yang disarankan untuk para ectomorph yaitu squat, latihan angkat beban serta deadlift. Penting untuk melakukan olahraga secara rutin. Misalkan maksimal 3 - 4 kali semingu selama 45 - 60 menit.

4. Tidur yang cukup

tidur dengan cukup

Memiliki kualitas tidur yang baik juga berperan penting dalam menaikkan berat badan. Adapun menurut Shaw Academy yaitu berlama-lama dalam berolahraga tanpa istirahat yang cukup akan memperlambat pembentukan massa otot. Sehingga untuk meningkatkan berat badan dibutuhkan waktu tidur selama 8-9 jam perhari.

5. Mengonsumsi suplemen atau susu penambah berat badan

Susu Appeton Weight Gain Adult

Untuk lebih memaksimalkan usaha menambah berat badan, kamu pun bisa mengonsumsi suplemen atau susu penambah berat badan agar semakin meningkatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Misalkan dengan mengonsumsi Appeton Weight Gain Adult. Susu penambah berat  badan yang sudah populer dipasaran ini baik digunakan oleh wanita maupun pria dengan batasan usia 13 tahun. Mengandun whey protein (sumber protein murni) yang biasa dikonsumsi oleh body builder serta mengandung L-Lysine yang berfungsi untuk mencukupi kebutuhan protein dalam tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi susu Appeton Weight Gain Adult bisa membantu untuk mengubah tubuh yang kurus menjadi lebih berisi.

Kesimpulan

Dalam upaya menaikkan berat badan, seorang ectomorph harus konsisten dan rutin melakukannya. Berolahraga dengan rutin yang mampu menaikan massa otot, mengonsumsi jenis makanan yang mengandung protein, karbohidrat dan lemak sehat yang tinggi. Mengatur jadwal makan lebih sering dan tidur yang cukup. Selain itu agar lebih maksimal lagi, jangan lupa mengonsumsi suplemen atau susu penambah berat badan Appeton Weight Gain Adult. Seiring dengan waktu tubuh kurus yang membuat mu kurang percaya diri akan terganti dengan bentuk tubuh yang ideal dan membuat mu lebih percaya diri. Kuncinya lakukan dengan konsisten dan konsumsi Appeton Weight Gain Adult.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url