Cara Membuat Google Form Untuk Kebutuhan Pembelajaran Online

Cara Membuat Google Form

Cara buat google form - Saat ini, ketika masa pandemi melanda, beberapa bidang pekerjaan diharuskan online atau daring. Terutama kegiatan sekolah dan juga perkuliahan. Akibatnya guru atau dosen diharuskan beradaptasi dengan sistem pembelajaran yang mengandalkan teknologi. Salah satunya adalah google form.

Apa itu google form?

Google form sendiri sebelumnya tidak sebegitu populer, namun pada masa pandemi inilah google form begitu familiar dan digunakan untuk kebutuhan pembelajaran. Dari absensi hingga soal-soal, google form digunakan oleh guru maupun dosen agar mempermudah pembelajaran jarak jauh.


Pengertian google form

Google form merupakan layanan dari google untuk penyuntingan google dokumen berbasis web yang bisa digunakan secara gratis. Biasanya google form digunakan untuk pembuatan dokumen semacam survei atau tanya jawab online yang bisa dicustom sesuai kebutuhan.


Kegunaan google form

Saat ini kegunaan google form sangat beragam, bukan hanya untuk pengisian survei atau tanya jawab online saja. Namun sudah merambah pendaftaran online, pengisian soal, absensi, pengisian kuisioner, quick count pendapat dan masih banyak lagi. Adapun manfaat dari google form sendiri yaitu mempermudah kita untuk mengumpulkan data. Sebab google form akan sangat baik mengumpulkan data-data atau jawaban baik dari survei, tanya jawab, kuisiner, data diri dan masih banyak lagi sesuai pembuatan google form itu sendiri.


Cara membuat google form

  • Cara membuat soal di google form

Soal merupakan kebutuhan yang penting dalam sistem belajar mengajar. Jika biasanya soal dibuat secara konvensional lalu dibagikan satu persatu oleh murid-murid di dalam kelas, maka pada masa daring seperti ini hanya perlu google form. Penggunaan google form dalam pembuatan soal bisa terbilang lebih praktis dan mudah. Dan berikut ini adalah cara membuat soal di google form.

1. Langkah pertama, buka link pembuatan google form > doc.google.com

2. Setelah link tersebut di buka akan tampil seperti gambar dibawah ini.

google form

3. Selanjutnya klik "kosong", dan akan tampil seperti gambar berikut ini.

google form

4. Kemudian isi sesuai kebutuhan.

  • Formulir tanpa judul : Isi dengan judul, misalkan Ulangan harian Bahasa Indonesia atau yang lainnya sesuai kebutuhan masing-masing.
  • Deskripsi formulir : Penjelasan singkat atau persyaratan ujian atau ulangan.
  • Pertanyaan tanpa judul : Isikan pertanyaan soal atau jika ingin menggunakan gambar bisa menggunakan ikon seperti image/gambar di samping pertanyaan tanpa judul. Lalu opsi jawaban yang bisa digunakan bisa berupa pilihan ganda, paragraf atau jawaban singkat. Klik saja tombol panah kecil pilihan ganda dan akan tampil seperti gambar dibawah ini.
google form

5. Untuk menambah pertanyaan soal bisa klik tanda panah pada icon di gambar ini:
google form

6. Lanjutkan hingga selesai dan modifikasi soal sesuai kebutuhan masing-masing.

  • Cara membuat absen di google form

Seperti halnya membuat soal, membuat absen di google form sama langkahnya seperti langkah membuat soal yang sudah dijabarkan diatas. Hanya modifikasi saja sesuai keinginan masing-masing. Biasanya absen menampilkan data, nama, kelas, nomor induk siswa/mahasiswa.

  • Cara memperindah tampilan google form

Untuk memperindah tampilan google form bisa merubah warna latar, penambahan gambar header dan juga ada beberapa jenis font yang bisa digunakan. Dan untuk merubah semua itu ada di icon yang seperti cat air di atas. Silahkan modifikasi sesuai keinginan masing-masing.
google form

Mengirim link google form

Setelah selesai membuat soal atau absensi di google form, maka selanjutnya adalah membagikan link soal atau absensi tersebut ke grub kelas. Cara mudah membagikan link tersebut yaitu dengan cara, klik tombol kirim di atas, kemudian akan tampil seperti gambar dibawah ini.
google form

Klik tombol salin kemudian bisa dikirimkan lewat grub chat whatsApp ataupun telegram. Bisa juga lewat media sosial, google classroom atau juga lewat email.

Mengapa menggunakan google form?

Di masa pandemi dimana sistem pembelajaran dilaksanakan dengan jarak jauh dan daring, maka diperlukan media yang mampu menghubungkan pengajar dan pelajar secara efektif dan efisien. Penggunaan google form salah satu penggunaan media yang memudahkan baik untuk mengajar maupun pelajar. Dengan google form pengumpulan jawaban serta data absen bisa sangat mudah,cepat dan lebih dapat diandalkan.

Kesimpulan

Masa pandemi menyebabkan sistem pembelajaran menjadi lebih berteknologi. Oleh karena itulah seorang guru maupun dosen harus lebih kreatif dan efektif dalam menyampaikan materi. Mau tidak mau harus beradaptasi dengan teknologi, salah satunya dengan penggunaan google form.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url