Cara Pilih Influencer Yang Tepat Untuk Endorse Produk di Instagram

Tips pilih influencer

Digital marketing - Pada era sekarang, bisnis online memiliki prospek keuntungan yang tinggi. Sebab jangkauan dari bisnis online memang terbukti sangat luas. Apalagi jika produk yang ditawarkan menarik dan sudah dikenal. Maka keuntungan pun akan mengalir dengan sendirinya.

Namun sebelum berada dititik itu, seorang pebisnis pasti pernah merasa bingung dalam memperkenalkan produknya secara online. Sering menggunakan iklan di platform media sosial namun tidak mendapat peningkatan penjualan. Sudah membayar beberapa influencer untuk mempromosikan produknya tapi tetap saja penjualan belum meningkat, padahal sudah keluar banyak dana untuk promosi.

Di sinilah pebisnis harus menerapkan strategi yang tepat, promosi yang tepat agar produknya bisa menjangkau lebih luas dan tentunya tidak sampai rugi dalam mengeluarkan dana promosi.

Salah satu yang perlu diperhatikan yaitu pemilihan influencer. Jika kamu termasuk pebisnis yang lebih suka cari influencer untuk mempromosikan produk ketimbang memasang iklan di fitur yang sudah disediakan oleh platform media sosial maka wajib sekali untuk tau bagaimana cara memilih influencer yang tepat supaya tidak rugi nantinya.

Dan berikut ini adalah cara memilih influencer yang tepat untuk endorse produk mu di instagram, yuk disimak!

Cara pilih influencer yang tepat untuk endorse produk di instagram

endorse influencer

1. Bandingkan jumlah followers dengan interaksi / engagement di setiap postingan

Melihat jumlah followers saja tidak cukup. Sebelum memutuskan si A yang akan kamu pilih untuk endorse produk mu, maka kamu pun perlu cermat stalking beberapa postingan si A. Bandingkan jumlah followers dengan interaksi di setiap postingan. Misalkan seberapa banyak like atau komen. Sebab sudah hal lumrah seseorang membeli followers. Jadi sebelum kamu tertipu dengan jumlah followers yang banyak, cermati dulu interaksi akun influencer yang akan kamu targetkan.

2. Memperhatikan cara si influencer mempromosikan produk

Cara kedua ini tidak kalah pentingnya dengan membandingkan jumlah followers. Sebab sebelum mempercayakan produk untuk dipromosikan oleh influencer, ada baiknya melihat rekam jejak si influencer dalam mempromosikan produk. Hal ini bisa mengantisipasi pebisnis serta menilai baik atau tidaknya si influencer dalam mempromosikan produk.

3. Menyesuaikan dengan budget

Sesuaikanlah budget ketika akan memilih influencer. Jangan semata karena si influencer yang akan menjadi target memiliki pengaruh yang cukup tinggi jadi kamu terlalu boros mengeluarkan biaya promosi. Hal ini malah tidak baik terutama untuk pebisnis yang belum berpendapatan tingi.

4. Mempertimbangkan rekam jejak si influencer itu sendiri

Dalam memilih influencer pun kamu bisa mempertimbangkan rekam jejak si influencer yang akan kamu gunakana. Terlebih jika kamu tipe pebisnis yang mementingkan image dan kualitas. Sehingga perlu untuk melihat kualitas si influencer serta kontennya. 

Manfaat memakai jasa Influencer bagi pemilik bisnis

Adapun mafaat yang bisa didapatkan pemilik bisnis dalam menggunakan jasa influencer, yaitu diantaranya :

1. Membuat Produk dikenal lebih luas

Tujuan promosi tentunya untuk memperkenalkan produk ke masyarakat lebih luas. Memakai jasa influencer akan lebih mendongkrak produk, terlebih jika influencer yang dipilih cukup terkenal.

2. Membuat konsumen lebih percaya oleh produk kita

Influencer sendiri adalah seseorang yang telah dipercaya. Tidak mungkin jika sembarangan produk akan dipromosikan oleh si influencer. Dengan kata lagi, bagi pembisnis jika menggunakan jasa influencer akan meningkatkan kepercayaan konsumen atas produk tersebut.

3. Bisa mendongkrak penjualan

Ibaratkan semakin banyak orang yang mengetahui produk mu, maka semakin besar kemungkinan akan peningkatan penjualan yang bisa dihasilkan

4. Mampu menjangkau lebih banyak konsumen

Saat ini, jumlah pengguna media sosial aktif di Indonesia yaitu mencapai 150 juta, dengan rata-rata waktu akses hingga hampir 3,5 jam setiap hari. Jadi jika pemasaran produk dilakukan denga menggunakan influencer melalui media sosialnya, maka tentu bisa menjangkau lebih banyak konsumen.

Kesimpulan

Pengertian influencer sendiri adalah seseorang yang mempunyai akun media sosial aktif dengan jumlah follower puluhan ribu hingga lebih. Oleh sebab itulah influencer cukup menjanjikan untuk diajak bekerja sama dalam mempromosikan produk. Bagi pemilik bisnis sendiri, memanfaatkan jasa seorang influencer akan memberikan keuntungan yang akan membantu bisnis semakin berkembang lebih baik.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url