Aplikasi Mencari Indekos Atau Koskosan Murah, Serta Tips Kos Sendiri

Aplikasi Koskosan

Info kos dan tips kos sendiri - Sebagai calon anak rantau ataupun calon mahasiswa rantau, banyak yang perlu dipersiapkan untuk menunjang kebutuhan hidup sendirian. Dan salah satu yang perlu diperhatikan yaitu mengenai koskosan murah untuk tempat tinggal.

Sebab koskosan atau indekos merupakan  kebutuhan primer dan menguras biaya yang lumayan, sehingga perlu mencari yang lebih murah untuk menghemat.

Namun pada kenyataannya mencari koskosan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi jika akan mencari kosan di luar kota, harus survey kesana kemari, mendatangi satu tempat ke tempat lainnya, yang bahkan bisa jadi menambah biaya dan banyak membuang waktu jika dilakukan dengan demikian.

Maka dari itu kita memerlukan teknologi untuk memudahkan mencari koskosan murah dengan cara menggunakan aplikasi, sehingga lebih bisa menghemat waktu dan biaya.

Dan untuk teman-teman yang belum tau aplikasi apa saja untuk mencari koskosan, maka berikut ini 4 aplikasi android mencari indekos murah yang bisa teman-teman download di google playstore.

Aplikasi android mencari koskosan murah

1. Mamikos

aplikasi mamikos

Aplikasi mamikos bisa teman-teman akses dengan dua cara, yaitu lewat aplikasinya atau bisa lewat browsernya. Aplikasi pencari kost nomor satu ini menyediakan informasi harga kost di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang hingga Medan. Bukan hanya memudahkan memilih lokasi dengan maps, mamikos juga menyediakan fitur sortir yang variatif mulai dari harga kost, lama sewa, hingga sejenisnya.

2. Orento

aplikasi orento
Aplikasi orento hampir sama dengan mamikos, Orento menawarkan variasi tipe kost dan juga durasi sewa. Dengan orento teman-teman dapat langsung melakukan pemesanan. Dan selanjutnya tinggal datang dan melakukan konfirmasi ke pemilik kos.

3. IZIstay

aplikasi IZIstay

IZIstay menawarkan kos-kosan dengan berbagai tingkat harga mulai dari yang murah hingga yang mahal dengan fasilitas yang lengkap. Didalam aplikasi ini pun memiliki kategori penawaran kontrak rumah dengan pilihan durasinya yang bervariasi. Selain itu informasi yang ditampilkan terbilang lengkap, mulai dari fasilitas berupa jumlah kamar mandi, posisi kamar mandi, internet dan lain sebagainya.

4. KostKost

aplikasi KostKost

Aplikasi KostKost sangat bermanfaat untuk teman-teman yang sedang mencari koskosan di daerah Universitas Indonesia serta Jabodetabek. Seperti halnya aplikasi pencari kost lainnya, KostKost menyajikan informasi yang lengkap berupa detail harga, alamat, kontak pemilik kost, fasilitas kamar serta fasilitas lainnya. Dan menariknya, aplikasi KostKost bisa mengetahui tempat kost mana saja yang lebih disukai oleh para mahasiswa di daerah tersebut.

Tips kos sendiri

Dan pada kenyataanya menjadi anak kos sangatlah tidak mudah. Apalagi jika kamu termasuk anak yang tidak pernah pisah dari orang tua dan rumah. Hal-hal yang biasanya tidak pernah kita ketahui dan kerjakan harus kita ketahui dan kerjakan saat menjadi anak kos. 

Belum lagi harus menjaga keamanan diri sendiri, mengatur apapun serba sendiri, kerja atau berpendidikan, dan semuanya serba sendiri.

Untuk itu perlu tips seperti berikut ini agar kos sendiri bisa terkendali.

1. Mulai belajar memasak dan berberes

Terkadang yang menjadi masalah saat ngekos yaitu mengenai bagaimana makannya. Jika di rumah sudah ada yang memasak dan beberes rumah, kita tinggal makan dan ongkang-ongkang kaki. Beda hal dengan ngekos dimana semua harus kita lakukan sendiri. Seperti halnya pada makan memakan.

Kalau bisa jangan terus-terusan membeli makanan, sebab pengeluaran akan menjadi bengkak. Untuk itu mulailah belajar memasak. Banyak tutorial memasak di youtube atau website di google. Anggap saja bahwa ngekos sebagai pembelajaran hidup mandiri.

2. Cari kos yang lingkungannya aman bila perlu ada penjaga atau satpamnya

Mencari koskosan dengan lingkungan yang aman itu perlu, sebab kita akan tinggal sendiri tanpa dampingan orang tua. Maka dari itu setidaknya ada jaminan keamanan selama kita tinggal sendiri.

3. Belajar mengatur keuangan

Hemat adalah simbol anak kos, namun hematnya anak kos juga berbeda-beda. Sebagai anak kos yang bekerja wajib sekali untuk mengatur keuangan dengan sedemikian rupa agar bisa melanjutkan kehidupan sampai menerima gaji kembali. Mahasiswa kos pun juga sama, perlu mengatur keuangan sampai dengan datangnya kiriman orang tua di bulan berikutnya. Caranya mengatur keuangan, bisa dengan mencatat detail pengeluaran yang penting dan pengeluaran cadangan, dimana jangan sampai melebihi batas pendapatan yang diterima.

4. Belajar untuk berhemat, meninggalkan hal yang tidak penting

Seperti poin tiga, hemat adalah simbol anak kos. Maka tinggalkan hal-hal yang tidak penting yang malah mengganggu kehidupan kos mu. Apalagi jika hal tidak penting itu hanya menghambur-hamburkan uang mu saja. Mulai belajarlah menghargai uang dengan semestinya.

5. Fokus pada tujuan ngekos

Tujuan ngekos karena bekerja atau ngekos karena kuliah. Apapun itu intinya fokus pada tujuan tersebut. Yang kuliah atau sekolah, fokus mementingkan kegiatan belajar, juga melatih keterampilan. Sedangkan yang kerja fokus bekerja dan meningkatkan keterampilan.

Penutup

Itulah 4 rekomendasi aplikasi pencari kos yang bisa teman-teman download di google playstore, juga sekaligus tips mengenai kos sendiri.

Dan sebagai penutup, semestinya ngekos menjadi pelatihan untuk hidup mandiri, oleh karena itu belajarlah apapun dari mulai mengurus kamar kos sampai belajar untuk mengendalikan diri. Sebab pembelajaran tersebut akan sangat bermakna untuk kehidupan selanjutnya. Dan jangan lupa untuk gunakan aplikasi pencari kost agar memudahkan pencarian kost di berbagai kota Indonesia.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url