Tips Memilih Kost Yang Tepat Supaya Mudah Beraktivitas

tips memilih kost

Tips memilih kost - Kost atau ngekos merupakan jalan alternatif untuk mendapatkan tempat tinggal ketika kita merantau di luar kota atau luar negeri. Dengan biaya yang cukup bervariasi setidaknya kita akan mendapatkan tempat tinggal sementara yang layak sesuai harga.

Namun tahukah kamu bahwa memilih kost itu tidak mudah, sebab banyak yang perlu dipertimbangkan, bukan hanya masalah biaya atau keamanan saja melainkan lebih banyak lagi.

Oleh karena itu, jika kamu termasuk calon perantau yang sedang mencari informasi tips memilih kost, maka disinilah tempat yang pas.

Tidak perlu berlama-lama, berikut ini adalah tips memilih kost yang tepat agar dapat memudahkan kamu beraktivitas.

Tips memilih kost yang tepat

1. Pertama-tama bandingkan harga

Ketika kita ingin membeli suatu barang atau menggunakan jasa pastinya lebih dulu melihat-lihat harganya dan kemudian membandingkannya dengan yang lain. Demikian juga saat ingin memilih kosan. Sebab banyak sekali kos-kosan dengan fasilitas yang lebih memadai dan nyaman dengan ruangan yang lumayan luas, dihargai dengan harga sewa yang lebih murah. Untuk itu, sangat penting sekali bandingkan harga sebelum memutuskan untuk mengambil sewa kos-kosan.

2. Sesuaikan budget

Menyesuaikan budget yang kita miliki adalah yang paling penting. Jangan terlalu memaksa untuk menyewa kost dengan fasilitas lengkap dan harga yang mahal, jika kita sendiri merasa kurang mampu untuk membayar masa sewanya setiap bulan atau setiap tahun.

3. Fasilitas penting yang harus ada

Ngekos artinya siap untuk belajar mandiri. Maka untuk menunjang kemandirian tersebut, kita harus lihat lebih dulu mengenai fasilitas yang tersedia dalam kost. Biasanya fasilitas yang sangat penting adalah terdapat kamar mandi pribadi, ruangan dapur terpisah atau tersekat, dan terakhir ruangan kamar. Namun ada kos-kosan yang sudah menyediakan barang seperti kasur dan lemari juga. Namun yang paling penting ada kamar mandi, dapur dan ruangan kamar.

4. Jaminan keamanan

Saat memilih kos-kosan kita juga perlu tau bagaimana jaminan keamanan yang disediakan. Misalkan berupa peraturan atau penjagaan. Keamanan itu sangat penting ketika kita hidup sendiri tanpa keluarga, apalagi jika seorang anak perempuan yang belum terlalu dewasa. Perlu penjagaan selama jauh dari keluarga. Tetapi bukan berarti dengan adanya keamanan kamu lalai menjaga diri. Tetap harus menjaga diri juga.

5. Pilih tempat kost yang mudah diakses

Pilihlah tempat kost dimana letaknya dekat dengan tempat-tempat yang mudah dijangkau. Misalkan dekat dengan jalan raya, sehingga dapat memudahkan kita jika ingin keluar untuk beraktivitas.

6. Bila perlu memilih kost dekat dengan tempat kerja atau tempat kuliah

Tujuan seseorang ngekost biasanya karena bekerja, kuliah atau sekolah. Maka dari itu agar memudahkan untuk berangkat kerja dan juga sekolah, bisa cari kost yang dekat dengan tempat kerja atau tempat kuliah.

7. Keadaan lingkungan sekitar

Tips memilih kost yang tepat selanjutnya adalah melihat keadaan lingkungan sekitar. Sebab lingkungan sekitar biasanya yang menjadi faktor kebetahan kita. Maka dari itu lihatlah keadaan lingkungan sekitar, apa cocok dengan diri kita atau malah terasa mengganggu.

8. Kondisi kos-kosan

Ketika survei tempat, kita harus benar-benar memperhatikan kondisi kosan. Apa kekurangannya, misalkan jika hujan deras akan bocor, wc tidak lancar, air dijatah dan masih banyak lagi. Intinya kita harus banyak bertanya tentang kondisi kosan oleh penjaga atau pemiliknya.

Penutup

Pilihlah tempat kos dengan tepat. Sebab itu akan menjadi tempat tinggal kita selama beberapa waktu kedepan. Karena kalau berpindah-pindah kosan pasti akan ribet.

Dan untuk melihat-lihat kosan sebelum survei tempat, bisa gunakan aplikasi pencari kost. Hal ini akan memudahkan kamu dalam menyortir informasi kosan hingga mendapatkan kos-kosan yang tepat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url