Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Kalkulator BMI SehatQ

Cara menghitung berat badan ideal

Cara menghitung berat badan ideal - Memiliki tubuh dengan berat badan yang ideal merupakan impian semua orang, baik itu wanita maupun pria. Bahkan ideal menjadi 'hal wajib' tersendiri untuk terlihat semakin menarik dan semakin terlihat sehat. Namun taukah kamu jika berat badan ideal setiap orang itu berbeda-beda?

Sebab, kita sering keliru nih menganggap berat badan ideal sama artinya dengan tubuh ideal, yaitu langsing seperti gitar Spanyol atau kekar berotot untuk laki-laki.

Padahal tidak seperti itu juga, keduanya memiliki artian berbeda. Bahkan seseorang yang dianggap gendut bisa jadi memiliki berat badan yang ideal.

Untuk itu terdapat rumus yang memperhitungkan berat badan ideal, yaitu dengan cara membandingkan tinggi serta berat badan yang kemudian akan menghasilkan sebuah kesimpulan.

Namun sebelum kita bahas mengenai rumus perhitungan berat badan ideal, mari kita menyimak lebih dulu kategori atau golongan berat badan manusia.

Kategori berat badan

Terdapat tiga kategori atau golongan berat badan yang secara umum telah kita ketahui, yaitu diantaranya :

1. Kurus

Dianggap kurus apabila kondisi berat badan dan tinggi badan tidak selaras. Kondisi ini sering kali disebut tidak proporsional sebab antara tinggi badan dan berat badan tidak seimbang. Seseorang yang digolongkan kurus biasanya ketika memiliki indeks massa tubuh (IMT) kurang dari 18,5.

2. Ideal

Ideal merupakan kondisi dimana berat badan dan tinggi badan seimbang, tidak jomplang disalah satunya. Sehingga ideal dianggap lebih sehat dan proporsional. Biasanya seseorang yang digolongkan ideal, memiliki indeks massa tubuh (IMT) sebesar18,5 – 24,9.

3. Gemuk

Sama halnya dengan kategori kurus, gemuk merupakan kondisi dimana tinggi badan dan berat badan tidak seimbang. Seseorang akan dianggap gemuk apabila indeks massa tubuh (IMT) diantara 25 – 29,9. Dan dianggap obesitas jika jumlah IMT lebih dari 30.

Rumus perhitungan berat badan ideal

Supaya kita tau apakah termasuk orang yang kurus, ideal atau bahkan gemuk, bisa dengan cara menghitungnya memakai rumus perhitungan berat badan ideal. Terdapat dua rumus yang sudah menjadi acuan dalam perhitungan berat badan ideal. Yaitu menggunakan rumus Broca dan dengan kalkulator BMI.

Menghitung berat badan ideal dengan rumus Broca

Rumus Broca pertama kali ditemukan oleh Paul Broca dimana cara menghitung berat badan ideal wanita dan pria berbeda, dikarenakan adanya perbedaan karakteristik tubuh antara pria dan wanita. Maka dari itu, berikut ini adalah rumus perhitungannya:

Rumus Broca :

  • Pria => Berat badan ideal (kg) = (tinggi badan (cm) – 100) – ((tinggi badan (cm) – 100) x 10%))
  • Wanita => Berat badan ideal (kg) = (tinggi badan (cm) – 100) – ((tinggi badan (cm) – 100) x 15%))

Contoh :

Seorang pria memiliki tinggi badan 170 cm, dan berikut ini adalah cara penghitungan berat badan si pria tersebut, menurut rumus Broca.

(170cm - 100) - ((170cm - 100) x 10%))
= 70 - (70 x 10%)
= 70 - 7 = 63 kg

Dengan menggunakan Kalkulator BMI

Body Mass Index (BMI) atau Indeks massa tubuh (IMT) merupakan cara perhitungan berat badan ideal dengan membandingkan antara berat badan dan tinggi badan. Rumus perhitungan ini ditemukan sekitar pada tahun 1830 - 1850 oleh seorang polymath yang berasal dari Belgia, Adolphe Quetelet selama pengembangan fisika sosial. Dan berikut ini adalah rumus perhitungannya:

Rumus BMI :

Berat badan ideal = berat badan (kg) : (tinggi badan (m)2)

Contoh :

Dian memiliki berat badan 47kg dan tinggi 1,56m (156cm), maka dari itu berikut ini adalah cara penghitungan berat badan ideal Dian dengan menggunakan rumus BMI.

47kg : 1,56m2
= 47 : (1,56 x 1,56)
= 19,3

Keterangan :

Nilai BMI/IMT kurus = dibawah 18,5
Nilai BMI/IMT ideal = 18,5 – 24,9
Nilai BMI/IMT gemuk = 25 – 29,9
Nilai BMI/IMT obesitas = diatas 30

Kesimpulan :

Berarti Dian memiliki berat badan yang ideal dengan nilai IMT sebesar 19,3.

Kalkulator BMI online SehatQ

Sebelumnya adalah penjabaran sistem perhitungan berat badan ideal secara manual. Namun jika kamu termasuk orang yang malas menghitung, dapat dengan mudah memanfaatkan kalkulator BMI online. Tes kesehatan ini bisa kamu coba dengan mengakses situs SehatQ.

Maka berikut ini adalah cara menghitung berat badan ideal dengan menggunakan kalkulator BMI online SehatQ.

1. Buka link <https://www.sehatq.com/tes-kesehatan/kalkulator-bmi>
2. Kemudian isi usia sekarang, berat badan dan tinggi. Jangan lupa juga pilih gender.
3. Selanjutnya klik hitung. Lalu akan menampilkan hasil serta rekomendasi apa yang harus kamu lakukan. Bisa juga langsung chat dengan dokter dengan mengklik tombol lanjutkan ke chat dokter.

Penutup

Berat badan yang ideal memang menjadi idaman setiap orang. Namun yang perlu diperhatikan, bahwasannya apa yang terlihat ideal belum tentu ideal sesungguhnya.

Untuk itu perlu perhitungan secara pasti sesuai anjuran kesehatan (Broca / BMI). Bisa dengan manual juga secara otomatis atau online. Sehingga kepastian berat badan ideal bukan hanya sekedar dugaan dan yang dilihat saja.

Maka, gunakan kalkulator BMI SehatQ untuk mendapatkan hasil kesimpulan berat badan yang ideal. Dan bahkan kamu juga bisa cek efek samping vaksin yang kamu rasakan dengan mengakses situs SehatQ.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url