Cara Membuat Akun Serta Channel Youtube Sampai Bisa Menghasilkan

cara membuat channel youtube

Youtuber merupakan profesi baru yang sangat menjanjikan. Sebab penghasilan yang didapat pun tergolong fantastis. Ambil contoh Youtuber sukses Jess No Limit, Jessica Jane, Jerome Polin dan masih banyak lagi. Mereka merupakan orang biasa yang tiba-tiba menjadi terkenal setelah menjalankan profesi Youtuber.

Nah, kamu juga ingin seperti mereka?

Pastinya sebelum bisa berpenghasilan dan mendapat predikat youtuber, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun youtube. Kemudian langkah kedua yaitu membuat channel youtube. Akun dan channel sangat penting sebab akan menjadi rumah atau penampung konten video yang nantinya menjadi alat penghubung menggapai ketenaran.

Untuk itu, berikut ini adalah cara membuat akun youtube dan channel youtube yang bisa kamu praktekkan, cukup mudah dan tidak lama prosesnya.

Cara membuat akun youtube di HP

Membuat akun youtube sangat mudah dilakukan.

  1. Buka aplikasi youtube.
  2. Lalu klik sign in di pojok kanan atas.
  3. Kemudian pilih akun gmail yang ingin kamu gunakan untuk membuat akun youtube, namun jika belum punya akun gmail maka pilih Create Google Account untuk lebih dulu membuat akun google.
  4. Setelah selesai membuat akun google, otomatis kamu sudah membuat akun youtube.
  5. Sedangkan tadi yang sudah memiliki akun gmail, setelah klik akun gmail yang dipilih akan secara otomatis juga dijadikan akun youtube.

Cara membuat channel youtube di HP

Nah, setelah selesai membuat akun youtube, langkah selanjutnya adalah membuat channel youtube. Mengapa harus membuat channel youtube? Kenapa tidak bisa menggunakan akun saja?

Sebab jika tidak ada channel youtube maka kamu tidak akan bisa mengupload video yang akan kamu bagikan ke khalayak ramai. Ibaratkan, channel youtube itu sebagai wadah yang menampung video-video yang akan kamu bagikan.

Untuk itu berikut ini adalah cara membuat channel youtube :

  1. Masuk ke aplikasi youtube, lalu sign in akun gmail.
  2. Setelah itu klik profil akun youtube mu di pojok kanan atas.
  3. Pilih channel anda.
  4. Ganti nama channel youtube yang diinginkan, setelah itu klik tombol buat channel.
  5. Jika ingin membuat deskripsi channel youtube atau mau mengganti nama, mengganti foto profil atau mengatur privasi lainnya bisa klik icon setting.
  6. Selesai. Channel youtube sudah dibuat.

Cara upload video ke youtube lewat HP

Setelah memiliki akun, setelah memiliki chaannel, kemudian langkah apa lagi untuk menjadi youtuber? Tentu saja membuat konten video dan menguploadnya. Jika kamu masih kesulitan untuk mengupload video ke youtube, maka berikut ini adalah caranya :

  1. Buka aplikasi youtube.
  2. Buka channel anda di profil pojok kanan atas.
  3. Kemudian klik tombol buat di bawah.
  4. Secara otomatis akan dialihkan ke galeri ponsel milik mu.
  5. Pilih video yang akan diupload.
  6. Selanjutnya tambahkan detail, seperti judul, deskripsi dan privasi.
  7. Setelah yakin, klik upload atau icon panah.

Cara mendapatkan uang dari youtube

Tujuan utama seseorang membuka channel youtube pribadi dan rutin mengupload video tentu saja ingin mendapatkan penghasilan. Namun sebagai youtuber pemula terkadang masih awam mengenai bagaimana cara mendapatkan uang dari youtube. Namun menurut situs resmi google <https://support.google.com/youtube/answer/72857?hl=id> terdapat 5 cara mendapatkan uang dari youtube, yaitu diantaranya :

1. Dari pendapatan iklan (adsense)

Adsense masih menjadi incaran utama seorang youtuber. Namun ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar channel youtube bisa di monetisasi oleh pihak youtube. Yaitu harus memiliki minimal 1000 subcriber dan juga jumlah tayangan minimal 4000 jam tayang dalam setahun terakhir.

2. Langganan channel

Untuk mendapatkan keuntungan dari layanan langganan channel, kamu harus berusia lebih dari 18 tahun, serta memiliki lebih dari 1000 subscribers.

3. Galeri merchandise

Cara mendapatkan uang dari youtube selanjutnya adalah memaksimalkan fitur layanan galeri merchandise. Dengan layanan ini kamu bisa berjualan merchandise unik. Namun untuk bisa mengakses layanan ini, kamu harus berusia minimal 18 tahun dan memiliki 10.000 subscriber.

4. Super Chat & Super Stickers

Pemanfaatan fitur youtube yang bisa menghasilkan uang selanjutnya adalah super chat dan super stickers. Fitur tersebut merupakan cara untuk memonetisasi channel melalui Program Partner YouTube. Nah, super chat dan super stickers ini hanya bisa digunakan saat melakukan siaran langsung.

5. Pendapatan dari YouTube Premium 

Youtube premium merupakan layanan berbayar yang disediakan oleh pihak youtube dalam beberapa tahun terakhir. Dengan memanfaatkan layanan ini kamu hanya perlu membuat konten menarik untuk pengguna youtube premium. Penghasilan akan didapatkan jika pelanggan melakukan pembayaran disetiap bulannya.

Kunci sukses menjadi youtuber

Ketika sudah memantapkan diri ingin menjadi youtuber, maka kamu harus konsisten dalam membuat konten, konsisten mengupload video serta konsisten untuk belajar. Tidak ada yang mudah jika masih pemula. Maka dari itu sikap pantang menyerah harus dimiliki.

Kesimpulan

Apapun pekerjaannya jika dilakukan dengan sungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasilnya. Dan sebenarnya cara mendapatkan uang dari youtube bisa lebih luas lagi. Namun sebelum mendapat penghasilan, kamu perlu berjuang lebih dulu untuk mengumpulkan 1000 subscriber serta memenuhi 4000 jam tayang.

Untuk itu jangan pernah menyerah, sebab tidak ada yang mudah jika masih pemula. Harus berjuang dengan sungguh-sungguh dari awal membuat akun youtube, membuat channel youtube, memenuhi persyaratan monetisasi hingga pada akhirnya mendapatkan uang dari youtube.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url