Panduan Lengkap Tutorial Gmail (Daftar, Menambahkan Akun Baru, Logout)

Tutorial gmail

Tutorial gmail - Kita tau bahwa akun gmail itu sangat penting di dunia perselancaran internet. Ibaratkan jika di dunia nyata kita memiliki KTP, nah sedangkan di dunia internet kita perlu punya akun gmail. Mengapa demikian? Sebab setiap kali kita akan mengakses situs web, beberapa diantaranya mewajibkan pengguna harus login menggunakan akun gmail terlebih dahulu. Atau yang paling banyak, ketika akan membuat akun medsos atau pun akun aplikasi, maka kita akan selalu diwajibkan untuk menyertakan akun gmail agar bisa di verifikasi lebih lanjut.

Mengenal Gmail secara singkat

Gmail merupakan layanan surat elektronik (surel) yang dimiliki oleh google. Pertama kali diluncurkan pada 1 april 2004 dengan versi beta dan baru diluncurkan untuk publik pada 7 februari 2007. Bahkan gmail sampai sekarang masih disebut sebagai layanan surel berbasis web terbesar yang telah digunakan oleh 425 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Kelebihan lainnya dari gmail yaitu kapasitas penyimpanannya mencapai 7538 megabyte yang akan terus bertambah.

Pada satu akun gmail, bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Selayaknya kartu identitas, akun gmail menyimpan data pribadi kita, sehingga perlu hati-hati dalam mengamankan akun gmail, bila perlu mengganti password secara berkala.

Panduan lengkap tutorial gmail

Tidak semua orang tau tentang cara membuat akun gmail. Maka dari itulah pada artikel ini saya akan menjabarkan mengenai tutorial gmail, baik cara daftar, login, menambahkan akun baru hingga logout.

Cara membuat akun gmail lewat hp

  • Buka google kemudian ketik daftar gmail di kolom penelusuran.
  • Lalu pilih Buat Akun Google Anda.
  • Maka akan otomatis diarahkan ke pengaturan tambahkan akun hp masing-masing, jika ada dua pilihan akun, maka pilih akun google atau icon google.
  • Setelah itu klik buat akun baru.
  • Selanjutnya lengkapi data diri yaitu nama depan, nama belakang, tanggal lahir, jenis kelamin, nama pengguna serta kata sandi. Untuk nomor telepon tidak wajib untuk diisi.
  • Kemudian ikuti saja sesuai arahan.
  • Setelah selesai, bisa cek di aplikasi gmail. Akun yang tadi dibuat sudah ada disana.

Cara login dan menambahkan akun gmail baru

  1. Buka aplikasi gmail di hp.
  2. Kemudian klik garis tiga di pojok kiri.
  3. Di samping nama dan alamat gmail terdapat tanda panah kecil yang mengarah ke bawah, klik tanda panah tersebut.
  4. Lalu pilih tambahkan akun di bawah.
  5. Selanjutnya pilih icon google.
  6. Setelah itu kamu bisa login dengan alamat gmail yang berbeda. Namun jika ingin menambahkan akun gmail baru, maka pilih buat akun di bawah. Ikuti saja arahannya.

Cara memulihkan akun google lupa alamat gmail dan kata sandi

Cara mengganti nama akun google

Cara mengganti nama akun gmail cukup mudah dilakukan. Dan berikut ini adalah caranya :

  1. Buka aplikasi gmail di hp.
  2. Lalu klik gambar profil di ujung kanan atas (biasanya di setiap hp beda-beda letak profilnya).
  3. Kemudian pilih Kelola Akun Google Anda.
  4. Selanjutnya masuk ke menu info pribadi. Pada menu info pribadi ini kamu bisa mengganti foto profil, nama, tanggal lahir, jenis kelamin dan info data diri lainnya.

Cara menghapus / logout akun google

Beberapa alasan tertentu seseorang ingin menghapus / logout akun gmail nya di perangkat ponsel. Maka, berikut ini adalah cara menghapus akun google atau gmail lewat hp yang bisa dilakukan dengan mudah.

  1. Pertama, buka aplikasi gmail di hp.
  2. Lalu klik profil atau foto profil.
  3. Di paling bawah terdapat tulisan Kelola akun di perangkat ini, kemudian klik.
  4. Selanjutnya akan diarahkan ke setting akun di menu pengaturan ponsel.
  5. Pilih salah satu akun yang ingin kamu hapus dari perangkat.
  6. Untuk menghapus / logout akun, tekan tombol hapus akun. Namun harus diingat, bahwa jika ingin menghapus akun dari perangkat berarti semua pesan, kontak dan data lainnya yang berhubungan dengan akun gmail tersebut akan ikut terhapus.

Penutup

Itulah beberapa panduan lengkap tutorial gmail yang bisa kamu coba. Cara-cara diatas sangat mudah dilakukan. Jika belum terlalu paham, bisa cek video yang tertera.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url