Kemerdekaan Bagi Kawula Muda, Bertumbuh, Sukses Dan Makmur

makna merdeka bagi anak muda
Sumber : pixabay.com


Pada tanggal 17 Agustus 2021, Indonesia telah merdeka selama 76 tahun. Selama itu, bagaimana kondisi Indonesia? Tentunya masih banyak yang perlu dibenahi, masyarakat Indonesia pun harus bekerjasama untuk membangkitkan negara tercinta. Khususnya bagi anak muda yang merupakan generasi penerus negara ini.

Dan berbicara mengenai anak muda, saya sendiri termasuk anak muda usia 20-an tahun. Belum bisa memberikan sumbangsih prestasi besar untuk negara, namun memiliki impian, harapan dan semangat yang bergelora.

Memang, belum semua anak muda bisa mencatatkan prestasinya. Ada yang sedang berjuang, ada yang sedang belajar, dan bahkan ada yang sedang menjelajah untuk memaksimalkan diri. Namun semua harapan kawula muda tetap sama, ingin sukses dan berkembang.

Untuk itu pada usia yang ke-76 tahun ini, ada pengharapan yang tersemat pada diri anak muda. Harapan itulah yang menjadi makna kemerdekaan yang sesungguhnya.

Dan berikut ini adalah makna kemerdekaan bagi anak muda.

Makna merdeka bagi anak muda

makna merdeka
Sumber : pixabay.com

1. Kebebasan

Kebebasan bukan berarti tidak tau aturan. Kebebasan bukan berarti melanggar hukum. Dan kebebasan bukan berarti merugikan orang lain. Kebebasan disini adalah dalam artian memilih, kebebasan berekspresi atau kebebasan dalam berpendapat.

Di dalam keluarga misalnya, seorang anak tidak bebas memilih apa yang ia cita-citakan. Kekangan, ketidak realistisan menurut orang tua membuat seorang anak tidak merasakan kebebasan dalam hidupnya.

Kebebasan secara umum terbagi menjadi dua, yaitu kebebasan positif dan negatif. Anak muda memiliki jiwa-jiwa kebebasan dalam diri masing-masing. Baik itu positif atau negatif. Kebebasan negatif sudah diatur dengan norma-norma, agama atau hukum. Namun kebebasan positif harusnya tidak ada aturan. Apalagi mengenai cita-cita, pasion dan impian.

2. Dukungan

Pengharapan semua anak muda yang sedang berjuang adalah mendapat dukungan. Kita sedang memperjuang apa yang sedang kita impikan. Gagal, belum berhasil adalah hal yang biasa. Bukan hujatan atau nyinyiran yang kita inginkan. Sebab siapa yang mau gagal? Tidak ada.

Maka dari itu, bagi sebagian anak muda atau  malah semuanya akan lebih menyukai dukungan ketimbang nasihat. Walau keduanya sama pentingnya, mendapatkan dukungan adalah hal yang lebih berharga.

Dukungan dari keluarga, teman, masyarakat sosial atau bahkan negara. Baik dukungan moral ataupun dukungan fasilitas, semua sama berharganya untuk generasi muda Indonesia, agar bisa semakin berprestasi, membawa nama baik Indonesia ke kancah internasional serta membantu didalam negeri untuk mewujudkan cita-cita leluhur bangsa.

3. Belajar

Belajar adalah hak setiap orang, baik untuk yang tua atau muda. Namun hak belajar anak muda adalah yang harus lebih diutamakan.

Kita tau bahwa diluar sana banyak sekali pemuda pemudi yang tidak bisa belajar karena faktor tertentu. Ada yang disebabkan ekonomi, keadaan sosial atau bahkan peraturan/kebijakan dari pemerintah. Semua itu harus dikendalikan dan diperbaiki. Sebab anak muda lah yang menjadi generasi penerus.

Dan seharusnya dalam hak belajar tidak ada yang beruntung atau tidak beruntung, semua anak muda sama, sama-sama memiliki hak untuk belajar.

4. Finansial

Makna kemerdekaan anak muda selanjutnya adalah merdeka finansial. Bahkan bukan hanya anak muda saja pasti, tapi semua golongan. Namun kemerdekaan finansial merupakan impian besar anak muda yang sedang berjuang, belajar, berlatih dan bekerja dengan keras. Sebab dari segala perjuangan, sukses adalah hasil yang paling diimpikan.

5. Kebahagiaan / Kemakmuran

Makna dari segala makna, merdeka dari segala kemerdekaan yaitu adalah kebahagiaan dan kemakmuran yang menyertai. Setiap orang memiliki harapan untuk makmur, begitupun anak muda, kebahagiaan dan kemakmuran merupakan merdeka yang sesungguhnya.


Namun memaknai kemerdekaan bukan hanya dari satu sudut pandang saja. Agar bisa saling support satu antar lainnya. Dan berikut ini adalah harapan negara Indonesia kepada generasi penerus bangsa, yaitu diantaranya :


Harapan Indonesia kepada generasi penerus bangsa

Bendera Indonesia
Sumber : pixabay.com

1. Toleransi

Toleransi merupakan adab bangsa Indonesia yang kemudian dijadikan moto atau semboyan bernama Bhinneka Tunggal Ika. Sebagai generasi yang akan mengisi berbagai lini dan bidang masing-masing. Harapan Indonesia tentunya agar anak-anak muda mampu menjaga ketoleransian agama, ras ataupun suku. Saling menghargai dan saling menghormati untuk menjaga perdamaian dalam negeri.

2. Berjuang

Walaupun Indonesia sudah berusia 76 tahun dan telah merdeka. Perjuangan harus selalu ada dalam diri anak muda. Perjuangan mewujudkan impian dan cita-cita, perjuangan membanggakan negara dengan prestasi di kancah internasional, serta perjuangan mewujudkan kemakmuran hidup masing-masing.

3. Saling membantu

Orang yang mengerti membantu orang yang tidak mengerti. Orang yang berpendidikan membantu orang yang tidak berpendidikan. Orang yang hidupnya makmur membantu orang yang hidupnya susah. Sesama orang Indonesia harus saling membantu satu sama lainnya. Bisa dalam bentuk finansial, tenaga, moral atau fasilitas sesuai dengan kemampuan dan kapasitas masing-masing.

Penutup

Sebagai anak muda kita semestinya memaknai kemerdekaan Indonesia ke-76 ini dengan rasa optimistis. Bahwa akan ada saatnya yang sedang memperbaiki diri berhasil menjadi lebih baik. Yang sedang berjuang akan mendapatkan hasil yang diinginkan. Dan yang sedang bekerja keras akan sukses pada waktunya.

Untuk itu, sebagai kawula muda kita harus semangat dalam hal apapun terutama dalam mengejar kesuksesan.

Seperti halnya seorang wirausahawan atau pengusaha muda yang jatuh bangun mensukseskan usahanya dengan Aplikasi Super. Maka dari itu, mari bekerja keras untuk mendapatkan kemerdekaan yang sesungguhnya.

Next Post Previous Post
12 Comments
  • chairina bawazir
    chairina bawazir 24 Agustus 2021 14.55

    Meski sudah tidak muda lagi, akupun masih punya semangat optimistis kok hehe. Semua akan lebih baik ya insyaallah.

  • eka fl
    eka fl 24 Agustus 2021 20.49

    yang tua - tua atau menjelang tua juga perlu ya meniru semangat anak muda, biar tetap semangat hidup, membantu negara berkembang dan tentu saja berkarya

  • Pipit ZL ceritaoryza.com
    Pipit ZL ceritaoryza.com 24 Agustus 2021 21.26

    Setuju banget sama langkah2 di atas, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini

  • Han
    Han 25 Agustus 2021 04.42

    Bener sihh skrg banyak anak2 muda yang mendambakan kebebasansampe2 kebebasan yang dia inginkan itu bablas hehehe.. Padahal segala sesuatu yang berlebihan ngga baik, kalau kata ibuku, jadi keblinger karena apa2 kebebasan apa2 kebebasan. Sampe ga memperhatikan kewajibannya sebagai manusia dan hak atas Tuhannya

  • Iva C Wicha
    Iva C Wicha 25 Agustus 2021 04.51

    Nah no.1 nih byk orang tua yg masih getol nentuin skolah anak ke arah mana. Masih menganggap kepintaran hanya dri akademik saja. Smoga byk ortu yg baca ini yaa biar anak muda makin kreatif dan inovatif

  • Tri Putri Yuniarti
    Tri Putri Yuniarti 25 Agustus 2021 05.13

    Anak muda hadir dan membaca ini :)

    Ayo jadi generasi yang merdeka dan berintegritas

    • Rita
      Rita 25 Agustus 2021 09.53

      Syiappp.. semangat..

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 25 Agustus 2021 06.29

    Perjuangan para pahlawan harus kita lanjutkan ya kak. Semangat kita makasih tipsnya kak bikin membara lagi nih.

  • Pida Alandrian
    Pida Alandrian 25 Agustus 2021 06.52

    Perjuangan anak muda tidak akan pernah usai yaa..
    Kalau bukan anak muda, siapa lagi yang akan berjuang, eyaaakkk wkwkkw

  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh 25 Agustus 2021 08.09

    merdeka memang berarti bebas ya, tapi ya kebebasan yang ada aturannya juga ya :) jangan sampai kelewat bebas bisa bahaya hehehe

  • Wiwid Nurwidayati
    Wiwid Nurwidayati 25 Agustus 2021 09.50

    wah saya udah termasuk generasi tua, soalnya udah 40 an. Tapi kita dan bangsa ini memangs edang berjuang, terutama tolleransi, agar tetap menghargai hak dan privacy orang, siapapun itu. Merdeka

  • Shafira Adlina
    Shafira Adlina 25 Agustus 2021 12.56

    aku bukanlah anak muda, tapi aku orangtua yang masih muda. asik. merdeka! harapannya dariku pun semoga kita merdeka lahir dan batin ya

Add Comment
comment url