Cara Daftar QRIS dan Segala Keuntungan Yang Akan Anda Dapatkan

cara daftar qris

Beberapa waktu belakangan ini, semakin banyak masyarakat Indonesia yang berusaha untuk memahami mengenai cara daftar QRIS. Sistem pembayaran online yang terbaru ini memang sangat praktis dan efisien, sehingga kita tidak perlu lagi memakai uang cash. Nah, mari kita simak lebih mendalam mengenai QRIS dan bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memakainya.

Daftar QRIS 

Sebenarnya, untuk mendaftarkan QRIS tidak serumit proses yang Anda bayangkan. Sebelum itu, ada baiknya apabila kita mengenal lebih jauh terlebih dahulu mengenai QRIS yang begitu populer ini.

Apa Itu QRIS?

Pada dasarnya, QRIS adalah suatu singkatan yang berasal dari Quick Response Code Indonesia Standard, sebuah upaya standarisasi yang dilakukan oleh pihak Bank Indonesia. Terobosan transaksi modern ini dibaca sebagai ‘kris’, dan dibentuk dengan tujuan untuk memudahkan perusahaan yang memakai fintech seperti DANA, OVO, LinkAja, GoPay, dan lain-lain.

Sistem dari QRIS sendiri yaitu menyatukan beberapa Kode QR yang berasal dari PJSP atau Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran sehingga transaksi digital yang dilakukan pun akan menjadi lebih mudah, aman, dan juga cepat. Tidak hanya itu, namun QRIS juga berguna untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi, memajukan UMKM, sekaligus memudahkan inklusi keuangan.

Siapa Saja yang Harus Memakai QRIS?

Seluruh lapisan masyarakat Indonesia sebenarnya sangat disarankan untuk menggunakan sistem QRIS karena tidak akan menyulitkan proses pembayaran lagi. Akan tetapi, ada beberapa pihak yang paling wajib untuk menggunakan QRIS, beberapa di antaranya yaitu:

  • Penyedia PJSP

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, pihak PJSP tentunya akan membuat beberapa kode QR yang penting, namun jika terlalu bervariasi maka hal itu kemungkinan akan mempersulit masyarakat. Oleh karena itu, dengan adanya QRIS maka penyedia PJSP yang memakai Kode QR baik itu asing atau pun dalam negeri wajib untuk memakai QRIS.

  • Pebisnis

Ketika menjadi seorang pebisnis, maka tentunya akan ada begitu banyak transaksi yang harus dilakukan dan terkadang hal itu memerlukan waktu yang gesit. Sebagai pebisnis, wajib untuk memanfaatkan QRIS dan beradaptasi secara cepat dengan sistem ini sehingga transaksi pembayaran bisa dilakukan dengan lebih efektif.

Kenapa Kita Harus Memakai QRIS?

Sejak masa pandemi kemarin, banyak sekali perubahan pada teknologi agar bisa meminimalisir kontak fisik antar sesama manusia. Berikut adalah beberapa alasan yang menjadi latar belakang mengapa kini QRIS semakin penting untuk diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

1. Tidak Memerlukan Kontak Secara Fisik

Sistem QRIS yang memiliki konsep contactless payment system tentunya sangat membantu kita ketika hendak membeli atau membayar sesuatu. Sebab, hanya dengan melakukan pemindaian kode dan menyetujui pembayaran, maka kita bisa melakukan transaksi tanpa melibatkan kontak fisik antara penjual atau pun pelanggan.

2. Bebas Dilakukan di Mana Pun

Kita bisa bertransaksi secara bebas ketika menggunakan QRIS kapan pun dan di mana pun hanya dengan memiliki kode QR. Sehingga, meskipun Anda hendak membeli sesuatu yang jauh atau berbeda pulau sekalipun, hal itu tetap bisa dilakukan dengan sangat mudah.

3. Sangat Aman dan Dijamin Nyaman

Alasan yang lain yaitu QRIS menawarkan tingkat keamanan yang begitu tinggi sehingga kita tidak akan merasa ragu atau khawatir lagi ketika hendak menggunakannya. Hal tersebut karena QRIS berada di bawah arahan Bank Indonesia sehingga kemungkinan masalah terjadi cukup kecil. Meskipun begitu, QRIS memerlukan jaringan internet yang cepat sekaligus stabil agar transaksi bisa berjalan lancar.

Keuntungan yang Didapat Ketika Memakai QRIS

qris sooltanpay

Apabila dibandingkan dengan metode pembayaran cashless yang lain, bisa dikatakan bahwa QRIS termasuk yang lebih maju dan unggul. Hal tersebut juga bukan tanpa alasan karena QRIS menyediakan banyak keuntungan yang begitu membantu setiap penggunanya, seperti yang ada di bawah ini:

  • Satu Pemilik Dapat Memiliki Beberapa Akun QRIS

Keuntungan yang pertama ini sangat bermanfaat bagi para pebisnis yang memiliki usaha multi cabang. Dengan mempunyai beberapa QRIS, tentunya hal itu bisa membantu Anda untuk memantau secara tepat mengenai segala transaksi yang terjadi pada bisnis yang sedang Anda jalankan. Fitur seperti ini bisa membuat Anda menjadi lebih mudah dalam mengontrol atau pun mengecek seluruh transaksi yang terjadi per outlet.

  • Service Center yang Cepat Tanggap

Ketika Anda masih merasa cukup kebingungan atau belum mahir dalam mengoperasikan QRIS, maka tidak perlu merasa ketakutan. Sebab, QRIS telah menyediakan tim service center yang terdiri atas para ahli profesional dan mampu menanggapi apa saja yang dilontarkan oleh para pengguna QRIS.

Dengan menghubungi service center, maka Anda akan mendapatkan solusi yang cepat mengenai masalah yang dialami ketika sedang melakukan transaksi atau registrasi QRIS. Meskipun begitu, perlu diingat bahwa sama seperti service center pada umumnya, service center QRIS juga hanya akan bekerja di waktu yang sudah ditentukan. 

Cara Mudah Membuat QRIS Melalui Web SooltanPay

Jika Anda merasa tertarik untuk bergabung dengan QRIS, maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba mendaftarkan diri melalui SooltanPay. Sebab, nantinya Anda bisa mendapatkan saldo tambahan yang menarik dibandingkan dengan yang lain. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat QRIS di situs SooltanPay:

  1. Pertama, Anda terlebih dahulu harus mendownload aplikasi SooltanPay pada Google Playstore. Namun jika Anda pengguna iOS bisa memasuki situs www.sooltanpay.id dan kemudian klik “add to homescreen” atau “tambahkan pada halaman utama” untuk mendapatkan tampilan aplikasi.
  2. Setelah Anda buka situs ataupun pada aplikasi android yang telah terinstal, pilih daftar untuk mendaftar sebagai pengguna baru.
  3. Masukkan nama lengkap, nomor ponsel dan Kode Referral.
  4. Pada bagian Kode Referral, Anda dapat memasukkan kode “RITAD” sehingga nantinya Anda bisa memperoleh saldo sejumlah Rp. 15.000 secara otomatis. Lalu klik selanjutnya.
  5. Setelah itu, Anda akan mendapatkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel terdaftar. Isikan kode OTP tersebut ke kolom “masukan kode OTP” di aplikasi SooltanPay. Jika sudah, klik selanjutnya.
  6. Buat password yang ingin Anda pasang untuk masuk ke aplikasi SooltanPay. Kemudian buat pula 6 digit angka sebagai PIN untuk keamanan setiap melakukan transaksi.
  7. Langkah selanjutnya, Anda akan diarahkan pada halaman syarat dan ketentuan. Baca secara lengkap dan teliti, jika sudah klik setuju.
  8. Anda sudah berhasil mendaftarkan diri menjadi pengguna SooltanPay, maka dari itu untuk masuk ke halaman utama, Anda perlu melakukan langkah terakhir, yaitu dengan cara masukkan nomor ponsel terdaftar dan juga passwordnya. Klik kolom “ingat saya” jika Anda ingin login dengan cepat tiap kali membua aplikasi SooltanPay.
  9. Kemudian masukan PIN yang sudah dibuat dan klik konfirmasi.

Nah, itu dia beberapa informasi yang bisa Anda perhatikan jika ingin mencoba untuk daftar QRIS. Proses pembuatan QRIS ternyata sangat mudah dan tidak mengharuskan Anda untuk mengeluarkan biaya yang terlalu tinggi, oleh karena itu silakan coba mendaftar menggunakan langkah yang ada di atas!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url