5 Sikap Yang Harus Ada Dalam Pertemanan

Halo pembaca Diyanti Blog sekalian, memiliki teman memanglah sangat mengasyikan. Akan tetapi di dalam pertemanan tak ubahnya seperti dalam suatu hubungan dimana kita saling diuji dengan konflik yang adakalanya tiba-tiba datang. Disinilah sikap tertentu harus sama-sama dimiliki untuk menghindari konflik yang lebih rumit di dalam pertemanan. Apa saja? Jika ingin tau lebih lanjut ayo baca artikel ini sampai dengan selesai.

Sikap yang melengkapi pertemanan

1. Saling terbuka

Setiap menjalin hubungan selalu diperlukan keterbukaan masing-masing. Seperti berteman, saling terbuka juga sangat penting. Bayangkan jika kamu merahasiakan banyak hal dengan teman mu, maka teman mu pun merasa bahwa dia tidak penting dan tidak dianggap sebagai teman. Begitu pun sebaliknya, saat teman mu merahasiakan banyak hal dengan mu, kamu pun akan merasa tidak dianggap teman. Teman adalah seseorang yang dekat, seseorang yang dipercaya, karena itulah keterbukaan menjadi sangat penting dalam pertemanan jika kamu menginginkan pertemanan yang awet hingga bertahun-tahun lamanya.

2. Saling percaya

Jangan salah, saling percaya bukan hanya untuk buhungan romansa antara laki-laki dan perempuan, namun dalam pertemanan juga saling percaya sangat diperlukan. Kita tidak tau apa yang terjadi nantinya. Jika ada gossip tidak menyenangkan tentang salah satu teman. Tentu sebagai teman kita tidak mempercayai begitu saja, akan lebih baik jika langsung bertanya dan meminta alasan jika gossip itu benar. Sikap saling percaya akan membuat hubungan pertemanan menjadi lebih berkualitas.

3. Berkomunikasi aktif

Ada hal penting dalam suatu hubungan yang terjalin, yaitu komunikasi. Begitu juga dengan hubungan pertemanan, saling berkomunikasi itu sangat penting. Ada pertemanan dimana teman satu memiliki masalah namun teman dua tidak tau menahu dan beralasan bahwa teman satu tidak pernah bicara. Padahal teman dua juga salah karena tidak bertanya. Pertemanan seperti itulah yang mudah hancur. Perlu berkomunikasi aktif, bertanya suatu hal jika kamu melihat ada hal yang salah dari sikap teman mu. Jangan saling cuek, karena sikap tersebut akan menghancurkan pertemanan mu. Berkomunikasilah aktif dengan teman mu sehingga kamu sama-sama nyaman dalam berteman.

4. Dewasa menyikapi masalah

Terkadang dalam pertemanan banyak sekali masalah yang sepele hingga rumit. Atau masalah itu terjadi karena salah paham, disinilah sikap dewasa harus ada. Dewasa dalam menyikapi suatu masalah sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu masalah yang melanda dalam pertemanan kamu. Misalkan saja saat masalah terjadi, kamu harus duduk bersisihan dengan teman mu dengan kepala dingin, lalu menyelesaikan lewat komunikasi hingga menemukan solusi dan saling meminta maaf. Jangan sampai pertemanan mu hancur hanya karena satu masalah yang belum terselesaikan.

5. Saling menghargai satu sama lainnya

Kamu menganggap bahwa teman mu adalah orang yang paling dekat dengan mu. Kamu sangat tau sifat dan karakter teman mu lebih dari orang lain tau. Lantas hanya karena itu kamu bisa semena-mena dengan teman mu. Tidak, saling menghargai itu penting, jika kamu pun ingin dihargai. Bukan hormat, namun menghargai perasaan teman mu seperti meminta tolong saat membutuhkan bantuan atau meminta maaf saat melakukan kesalahan. Hal-hal sepele seperti itu sudah terlihat kamu menghargai teman mu. Sikap saling menghargai tersebut tentu akan membuat hubungan pertemanan mu awet hingga kelak.


Nah itulah lima sikap yang harus ada dalam pertemanan. Berteman bukan hanya sehari dua hari namun bisa selamanya. Jaga perasaan teman mu dengan lima sikap diatas agar hubungan perteman mu menjadi langgeng dan awet hingga kelak dimana kamu dan teman mu telah hidup bersama pasangan masing-masing.
Next Post Previous Post