5 Manfaat Membaca Buku Yang Bisa Kamu Dapatkan

manfaat buku
Manfaat buku - Membaca merupakan aktivitas yang memiliki banyak manfaat. Namun masih banyak pula orang yang kurang menyukai aktivitas membaca. Kenapa demikian? Tentu alasan yang paling utama yaitu membosankan. Dengan deretan huruf sampai beratus-ratus halaman, siapa yang nggak bosan, bahkan ada yang mengeluhkan ketika baru melihat tebalnya buku saja sudah merasa pusing.

Tapi, jika menuruti bosan, tentu kita telah membuang segudang kebaikan yang harus didapat untuk diri kita sendiri. Pernah dengar bahwa kebaikan harus dipaksakan? Bahkan ibadah pun berawal dari paksaan dimasa kecil. Jadi, kenapa kita nggak memaksakan untuk membaca buku. Nggak harus buku tebal atau buku yang membahas hal-hal yang berat. Cukup pilih bacaan yang ringan baik dari bahasa atau bahasan. Sekarang bahkan banyak bertebaran buku-buku fiksi atau non-fiksi yang memakai bahasa sehari-hari. Dan lebih dipermudah lagi dengan adanya aplikasi baca gratis yang bisa diakses oleh siapa saja dan kapan saja.

Karena buku adalah gudang informasi yang memberikan lebih banyak manfaat untuk si pembaca. Dan berikut ini adalah manfaat yang bisa kita dapatkan dari membaca buku.

Manfaat membaca buku

1. Dapat mengasah empati

Dari sebuah penelitian New School for Social Research di New York, seorang psikolog David Comer Kidd dan Emanuele Castano menemukan bahwa seseorang yang menyukai bacaan fiksi mempunyai rasa empati lebih tinggi. Hal tersebut bisa terjadi karena dalam bacaan fiksi si pembaca bisa terkoneksi secara langsung dengan karakter-karakter dalam cerita tersebut. Tentunya dengan begitu seseorang yang menyukai bacaan fiksi bisa lebih mudah memahami orang-orang disekitarnya. Memiliki rasa empati yang tinggi bisa berguna untuk menyelesaikan masalah-masalah sosial dan juga bisa membangun hubungan yang lebih baik lagi.

2. Membaca bisa melatih konsentrasi

Dengan membaca rutin tentunya otak menjadi semakin terasah, pikiran bisa menjadi lebih fokus, meningkatkan daya ingat dan juga bisa melatih otak untuk lebih cepat mengolah informasi yang didapat.  Dengan begitu, membaca juga bisa melatih konsentrasi atau fokus jangka panjang. Membaca adalah solusi terbaik untuk mu yang memiliki kesulitan dalam berkonsentrasi.

3. Meningkatkan kemampuan berbahasa

Terdapat banyak sekali kosa kata dalam sebuah buku. Hal tersebut tentunya baik untuk kita yang sedang membacanya, karena bisa menyerap kosa kata baru yang awalnya belum diketahui. Dengan begitu, otomatis kemampuan berbahas atau berinteraksi menjadi meningkat menjadi lebih baik.

4. Membaca bisa mengurangi tingkat stres

Pernah mendengar bahwa musik merupakan pereda stres paling ampuh? Ternyata membaca buku bisa lebih ampuh meredakan stres loh. Dari sebuah penelitian University of Sussex di Inggris, menyebutkan bahwa membaca dapat menurunkan stres sampai dengan 68%. Bahkan dari penelitian tersebut juga membuktikan, setiap orang yang membaca buku setidaknya selama 6 menit memiliki dampak baik penurunan detak jantung maupun ketegangan otot.

5. Menambah wawasan

Pepatah menyebutkan bahwa buku adalah jendela dunia. Dari sebuah buku kamu bisa memandang belahan dunia lain atau perpspektif orang lain. Buku merupakan kumpulan wawasan baru yang informatif. Baik buku fiksi maupun non-fiksi, semua mengandung wawasan baru untuk si pembacanya. Buku membuat si pembaca menjadi kaya ilmu dan wawasan .

Kesimpulan

Dengan begitu banyak manfaat dari membaca buku, yakin kamu masih nggak mau memaksa diri mu untuk  membaca dengan rutin? Ingat bahwa kebaikan berawal dari paksaan. Namun perlu diingat, baik juga menjadi pilihan pribadi masing-masing. Sadar untuk memperbaiki diri pun menjadi pilihan masing-masing. Jadi itulah  manfaat yang bisa didapat dari membaca buku. Semoga artikel informasi ini bisa menambah wawasan pembaca sekalian.
Next Post Previous Post