Review film sedih China Cry Me A Sad River

review film cry me a sad river

Review Film - Cry me a sad river adalah film China yang diproduksi pada tahun 2018. Mengisahkan perundungan sekolah, tekanan sosial dan mental remaja. Nah, kali ini aku akan mengulas film tersebut. Langsung saja ya.

Film China Cry me a sad river

profil film cry me a sad river
  • Judul : Cry me a sad river
  • Penulis skenario : Edward Guo
  • Sutadara : Luo Luo
  • Genre : Drama, Friendship, School, life
  • Negara : China
  • Tanggal rilis : 30 September 2018
  • Durasi : 1 jam 45 menit

Alasan kamu harus menontonnya

Karena film ini mengambil tema perundungan dan tekanan mental remaja dimana tema-tema tersebut jarang ada di film Indonesia, jadi kamu wajib banget untuk menontonnya. Nanti kita akan mendapatkan pelajaran banyak khususnya tentang mental dan merasakan apa yang dirasakan oleh si tokoh utama, Yi Yao. Selain itu ada banyak hal yang bisa kita pahami mengenai kepribadian, dunia yang tidak adil, serta masyarakat sosial dari sudut pandang orang lain.

Sinopsis singkat film cry me a sad river

sinopsis film cry me a sad river
Yi Yao adalah anak dari keluarga miskin yang tinggal di sebuah tempat kumuh dan sempit. Ada gosip tidak mengenakkan yang menyebar di masyarakat sekitar terkait pekerjaan ibunya. Sehingga ia dan ibunya tidak disukai di lingkungan sekitarnya. Tetapi Yi Yao memiliki sahabat yang baik yang menjadi teman sekelasnya yaitu Qi Ming.

Qi Ming kerap membantu apa yang dibutuhkan atau yang menjadi kesulitan Yi Yao. Oleh sebab itu Tang Xiao Mi anak pindahan yang menyukai Qi Ming iri pada Yi Yao.

Suatu ketika Yi Yao merasakan sakit dibagian tubuhnya, dia memeriksakannya ke dokter dan terkejut bahwa diagnosa dokter mengatakan bahwa Yi Yao memiliki penyakit seks menular. Berita tersebut disebarkan oleh Tang Xiao Mi yang memergoki Yi Yao sedang berada di tempat seperti rumah pengobatan. Dari situ, Yi Yao mendapat bulian teman-teman sekolahnya. Tidak berdaya untuk melawan, Yi Yao semakin tertekan. Belum lagi dia harus mendapatkan uang agar bisa mengobati penyakitnya itu, ada bayang-bayang kematian dan ketakutan pada ibunya juga. Dia semakin sendirian, satu-satunya orang yang peduli padanya yaitu Qi Ming pun mulai menjauh.

Namun dalam kesendiriannya itu Gu Sen Xi datang menjadi teman sekaligus sesorang yang mempengaruhinya untuk melawan perlakuan orang-orang terhadapnya. Yi Yao tidak sendiri lagi, dia perlahan mulai bangkit. Namun ada fitnah yang menyebar dimana semua orang kembali menjauhinya termasuk Gu Sen Xi yang masih merasa trauma atas kejadian tersebut. Pada titik itu kesakitan Yi Yao semakin bertambah, dia semakin berputus asa.

Pemain film cry me a sad river

1. Min Ren

Min Ren a.k.a Yi Yao merukan siswi miskin yang kehidupan remajanya penuh tekanan.

2. Xin Yunlai

Xin Yunlai a.k.a Gu Senxi adalah siswa bandel yang sering membuat masalah. Sering dibeda-bedakan dengan kembarannya sendiri.

3. Yingbo Zhao

Yingbo Zhao a.k.a Qi Ming merupakan ketua kelas yang sangat pintar dan banyak diidolakan siswi-siswi.

4. Ruonan Zhang

Ruonan Zhang a.k.a Gu Senxiang adalah siswi pintar yang baik hati. Dia kembaran Gu Senxi.

5. Zhu Dan Ni

Zhu Dan Ni a.k.a Tang Xiaomi merupakan siswi pindahan yang tiba-tiba mencuri perhatian. Dia menjadi tukang bully.

Review Cry Me A Sad River

Sedih banget filmnya, dari awal pembukaan kita sudah diberi tau bahwa kehidupan Yi Yao nggak menyenangkan. Diperlakukan buruk dengan ibunya sendiri, dibuli teman sekolah dan tekanan lainnya. Bagi ku cerita film cry me a sad river yang ternyata adaptasi novel Bei Shang Ni Liu Cheng He karya Guo Jing Ming keren banget. Penokohannya juga manusiawi, nyambung dengan segi cerita. Misalkan Qi Ming hidupnya menyenangkan dari keluarga baik yang menyayanginya, nggak pernah mendapat perlakuan buruk di sekolah, wajar apabila nggak bisa memahami apa yang dirasakan oleh Yi Yao. Atau Yi Yao yang nggak pernah mendapatkan kebahagiaan di masa remajanya, wajar jadi suka rindu dengan kebahagiaan dimasa kecilnya. Selain cerita dan penokohan ada iringan musik mendayu disetiap adegan, semakin menambah kesedihan bagi penontonnya. Oh ya adegan pembulian cuma kilasan-kilasan, dan ada beberapa adegan yang sulit dimengerti yaitu pada endingnya yang masih ambigu bagi ku.

Tokoh favorit dan alasannya

review film cry me a sad river
Aku suka Yi Yao karena seseorang yang kuat pada akhirnya akan menjadi lemah juga. Tokoh Yi Yao aku harapkan nggak ada di sekitar ku atau orang-orang yang aku kenal nggak ada yang merasakan seperti Yi Yao, karena apa, pastinya aku akan merasa bersalah apabila salah satu orang disekitarku mengalami apa yang dirasa Yi Yao. Selanjutnya aku suka Gu Sen Xi. Dia memiliki kepercayaan sendiri, dia juga punya pikirannya sendiri yang berbeda dengan orang lain. Dan Sen Xi sesungguhnya orang yang sangat baik yang sering dibeda-bedakan dengan kembarannya.

Aku juga suka Gu Sen Xiang, kembaran Gu Sen Xi tersebut juga punya kebaikan dan nggak membedakan.

Karakter lain yang aku suka juga yaitu Qi Ming dia baik tapi aku juga kecewa karena membayangkan apabila aku adalah Qi Ming yang pastinya akan sangat kecewa dengan diri sendiri.

Penutup

review film cry me a sad river
Film Cry me a sad river merupakan film yang memiliki suasana tema berbeda. Mengintikan kisah Yi Yao hingga akhir dan mampu membawa perasaan penontonnya. Aku harap bagi kamu yang belum menonton Cry me a sad river mau menontonnya. Tapi balik lagi ke selera masing-masing sih. Intinya jika kamu bersedia nonton film ini, kamu akan diberikan banyak pelajaran sisi pandang berbeda dari seorang yang telah disakiti keadaan juga dunia disekitarnya. Ambil sisi baiknya, jangan mengikuti sisi buruknya. Silahkan menikmatinya sendiri guys.


Next Post Previous Post
3 Comments
  • Romadoni
    Romadoni 10 Maret 2021 19.20

    cry me a sad river, judulnya aja udah galau banget nih apalagi temanya tentang perundungan. pemainnya jg keren2 banget ya kalo diliat hehe. bisa jadi referensi buat nobar nih kayanya. oh iya kalo bisa trailernya di selipin dong biar bisa liat sedikit scenenya :D

    • Rita
      Rita 12 Maret 2021 05.50

      Bener memang sedih banget, dari awal film dimulai sampe akhir. Jadi yang cengeng bisa nangis terus sepanjang film. Nobar? hehe kayaknya filmnya nggak cocok buat nobar nih. Oh ya trailernya, buat sementara lihat di youtube dulu ya kak:D

  • Agus Warteg
    Agus Warteg 14 Agustus 2021 15.56

    Film Mandarin ya, sudah jarang nonton film China sejak jaman Jackie Chan Tony Leung Jet Li.

    Kisahnya sedih ya, perundungan pasti akan berdampak pada Yi Yao, diperlakukan buruk oleh ibunya, dibully oleh teman sekolahnya apalagi sejak divonis mengindap penyakit seks menular.

    Qi Ming yang jadi teman satu satunya juga menjauh. Untungnya ada Gu Sen Xi ya.

Add Comment
comment url