Cara Mengatasi Mata Lelah Karena Kurang Tidur Akibat Sering Begadang

gambar mata lelah
Cara mengatasi mata kurang tidur - Tidur merupakan salah satu aktivitas wajib yang diperlukan manusia. Dengan tidur kita berarti sedang mengistirahatkan baik tubuh dan juga pikiran. Idealnya waktu tidur yang normal yang dibutuhkan manusia adalah 7 - 8 jam sehari. Namun dengan aktivitas yang seabrek seringkali orang modern kini tidak memenuhi idealnya waktu tidur. Jadi banyak sekali orang yang mengalami kekurangan tidur, apalagi anak muda yang biasanya suka begadang.

Dan beberapa dampak dari kekurangan tidur adalah mata terlihat lelah, kantung mata menghitam serta kelopak mata terasa berat. Jika tidak diatasi, tentunya mata lelah akan merusak penampilan. Sebab mata merupakan anggota tubuh yang selalu di lihat oleh sang lawan bicara. Jadi bisa dibayangkan sendiri jika kamu sedang berkomunikasi dengan atasan atau pelanggan namun dengan keadaan kelopak mata terasa berat dan kantung mata yang menghitam maka kamu akan di cap sebagai pekerja yang tidak profesional. Tidak mau kan?

Maka dari itu berikut ini adalah cara untuk mengatasi mata lelah akibat kurang tidur, yuk mari disimak!


Cara menyegarkan mata karena kurang tidur

1. Kompres mata dengan es batu

Kompres mata dengan es batu

Es batu kerap menjadi bahan untuk kecantikan, misalkan mengatasi mata panda dan juga bisa untuk menyegarkan wajah. Untuk kembali menyegarkan mata karena kurang tidur bisa memanfaatkan es batu, yaitu dengan cara membungkus potongan es batu tersebut dengan handuk atau kain bersih, lalu kompreskan di area mata sembari menekan-nekannya perlahan selama kurang lebih 10 menit dengan beberapa waktu jeda. Selain dinilai bisa membantu menyamarkan mata panda, manfaat mengompres mata dengan air es juga dapat membantu menyegarkan mata karena kurang tidur. Sebab rasa dingin dari es batu bisa membantu menyingkirkan mata lelah karena kurang tidur.

2. Kompres mata dengan air mawar

Kompres mata dengan air mawar

Air mawar diyakini memiliki efek pendingin untuk kulit. Selain itu air mawar juga dikenal bisa meremajakan kulit dan ampuh menghilangkan kantung mata yang menghitam. Sebab air mawar memiliki kandungan sifat anti-oksidan yang bisa memperkuat sel-sel kulit. Cara menggunakannya pun cukup sederhana, yaitu dengan cara meneteskan atau juga bisa mengoleskan air mawar pada kapas, kemudian tempelkan kapas tersebut ke kelopak mata dan tunggu hingga 5 - 10 menit. Selain bisa mengurangi kelopak mata yang menghitam, manfaat air mawar buat mata juga bisa menyegarkan mata setelah begadang.

3. Kompres mata dengan timun

Kompres mata dengan timun

Cara menyegarkan mata karena kurang tidur yang ketiga adalah dengan cara mengompres mata dengan potongan timun. Mentimun sendiri mengandung vitamin B, C dan juga enzim yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Sehingga manfaat kompres timun dapat membantu mengurangi peradangan kulit dan tentunya menyamarkan mata panda. Cara penggunaannya pun cukup mudah yaitu potong tipis timun, lalu masukkan ke kulkas selama 30 menit. Setelah itu gunakan irisan tipis mentimun yang sudah didiamkan di kulkas itu untuk mengompres mata. Diamkan kembali selama 10 menit kemudian setelah selesai bilas dengan air hangat.

4. Kompres mata dengan tomat

Kompres mata dengan tomat

Buah tomat memiliki kandungan pemutih alami sehingga sering dijadikan sebagai bahan pencerah kulit wajah. Selain itu tomat juga mengandung vitamin A, B dan C yang membantu meremajakan kulit yang kusam. Maka dari itulah tomat sangat cocok untuk dijadikan bahan kompres mata untuk menyegarkan mata karena kurang tidur. Cara penggunaan tomat untuk mata yaitu dengan cara potong tipis buah tomat kemudian letakan diatas kelopak mata selama 10 menit. Atau bisa juga dengan menghaluskan beberapa potong buah tomat. Kemudian oleskan ke bawah mata dan diamkan selama 10 menit, setelah itu baru bilas sampai bersih.


Kesimpulan

Pada hakikatnya manusia membutuhkan waktu untuk tidur. Terlepas dari aktivitas yang super sibuk, ada baiknya tetap tidur dalam waktu yang cukup. Setidaknya tidak sampai membuat mata menjadi lelah akibat kurang tidur.

Sering begadang hingga menjadi kurang tidur pun tidak baik untuk tubuh. Mungkin sekarang tidak apa-apa. Namun siapa yang tau kedepannya? Maka dari itulah jaga kesehatan dengan cara tidur dalam waktu yang cukup untuk mengumpulkan stamina dan energi tubuh kembali.
Next Post Previous Post
1 Comments
  • abbox
    abbox 7 Juli 2021 22.40

    pake es batu jadi lebih segerr sihh :)

Add Comment
comment url