Rekomendasi Warna Cat Kamar Tidur Sesuai Dengan Makna Psikologi Warna

tips memilih warna cat kamar tidur

Warna cat kamar yang bagus dan indah - Setiap orang mempunyai kriteria kamar idamannya masing-masing. Dari kamar yang minimalis tanpa banyak perabotan atau kamar yang luas dengan perabotan yang lengkap. Kamu sendiri bagaimana? Lebih tertarik dengan kamar minimalis atau kamar yang luas?

Nah, omong-omong tentang kamar, biasanya warna cat dinding juga menjadi kriteria dalam penentuan kamar idaman. Pemilihan warna cat yang sesuai dengan kepribadian atau keinginan bisa menjadikan si pemilik kamar lebih merasa nyaman dan tenang.

Ada pula yang menyebutkan, cat dinding kamar bisa mempengaruhi beberapa aspek, misalnya mental bahkan kesehatan. Sebab warna memang bisa mempengaruhi emosional, psikologis bahkan juga fisik. Dan setiap warna pula bisa beda arti dan beda pengaruhnya.

Nah, maka dari itulah, karena kamar adalah kawasan sentral, ada baiknya cat dinding dipilih untuk memberikan kenyamanan. Dan berikut ini adalah rekomendasi warna cat kamar tidur beserta arti warna sesuai konsep psikologi warna.

Warna cat kamar tidur menenangkan

Warna cat kamar tidur menenangkan

1. Warna biru

Pemilihan warna biru untuk cat kamar tidur mampu memberikan efek menenangkan dan mendamaikan. Apalagi pemilihan warna biru yang tidak begitu cerah. Selain memberikan efek menenangkan, warna biru juga disebut bisa memberikan ketenangan pikiran untuk mengelola stres.

2. Warna hijau

Warna hijau memberikan sensasi ketenangan sebab melambangkan warna alam. Selain itu juga warna hijau memberikan kesan paling indah, menghibur dan harmonis.

3. Warna pink atau merah muda

Untuk kalangan wanita, warna pink sangat direkomendasikan apalagi yang punya jiwa feminin pasti akan cocok. Sebab warna pink memiliki pengaruh bisa menenangkan dan mendamaikan

4. Warna putih

Warna cat tidur yang menenangkan selanjutnya yaitu putih. Warna putih melambangkan kejelasan dan kesegaran. Warna putih juga bisa digunakan untuk manajemen stres sekaligus menjernihkan pikiran yang kusut. Namun warna putih yang direkomendasikan adalah warna putih bersih, bukan warna putih kusam sebab antara putih bersih dan putih kusam bisa berbeda dalam mempengaruhi emosi. Warna putih kusam bisa menyebabkan emosi juga menjadi kusam.

5. Warna ungu (violet)

Warna ungu violet melambangkan kekuatan, kedamaian, dan kebijaksanaan. Warna ini jika digunakan untuk warna cat dinding bisa membawa suasana keseimbangan dan ketenangan batin. Adapun studi yang menyatakan bahwa kekuatan meditasi bisa sepuluh kali besar di bawah sinar violet. Maka dari itulah warna ungu violet jika diaplikasikan pada cat dinding kamar akan membuat suasana menjadi tenang dan lebih nyaman.

6. Warna abu-abu

Warna cat kamar tidur menenangkan yang lain adalah warna abu-abu. Mungkin warna abu-abu ini terkesan suram dan menyedihkan. Namun warna abu-abu mampu menghadirkan ketenangan dan pendinginan pikiran. Apalagi jika warna abu-abu dikombinasikan dengan warna biru atau putih, maka sensasi santainya akan lebih terasa.

7. Warna kuning

Warna kuning dapat memberikan sensasi lebih hidup dan lebih energik. Jadi, apabila warna kuning diaplikasikan pada cat kamar tidur bisa memberikan kesan bersemangat.

Warna cat kamar tidur yang baik untuk kesehatan

Warna cat kamar tidur yang baik untuk kesehatan

1. Warna kuning

Pemilihan warna cat kamar tidur yang cerah akan mampu meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental. Warna kuning sendiri menyimbolkan bisa memperkuat pikiran, meningkatkan daya ingat, merangsang tumbuhnya inspirasi, serta menenangkan saraf.

2. Warna biru

Warna biru adalah warna yang bisa menciptakan suasana damai, menenangkan dan lembut, sehingga dapat digunakan untuk mengelola stres. Selain itu warna biru juga bisa membuat pikiran lebih tenang, memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah serta mengurangi kecemasan. Warna ini juga diyakini memiliki efek pendinginan dan zat astringent (zat yang menyebabkan jaringan biologis berkontraksi atau mengerut). Sehingga warna biru biasanya digunakan untuk warna cat kamar tidur supaya bisa memberikan efek tenang ketika hendak tidur.

3. Warna merah

Warna merah pada cat dinding kamar tidur bisa memancarkan kehangatan serta semangat yang menyebabkan produksi hemoglobin dalam tubuh berproduksi dengan cepat. Maka hasilnya akan memberikan suhu tubuh yang meningkat, lebih berenergi, mencegah infeksi, dan menjadi lebih kuat. Warna merah direkomendasikan untuk kamu yang tidak tempramental, sehingga efek semangat yang diberikan pada warna dinding merah bisa menyerap dengan semestinya.

4. Warna oranye

Warna oranye adalah warna cat kamar tidur yang baik untuk kesehatan selanjutnya. Warna oranye sendiri merupakan warna yang menyenangkan yang menyimbolkan kebebasan. Oleh sebab itu, warna oranye mewakili pengurangan emosi negatif, meningkatkan kreativitas, serta mampu meningkatkan kesejahteraan mental.

5. Warna hijau

Warna hijau adalah warna yang sangat berkaitan dengan alam. Sehingga warna hijau dapat memberikan keseimbangan untuk kesehatan, sebab mampu memperkuat jantung, paru-paru, dan sistem pernapasan. Jika diaplikasikan pada cat kamar tidur tentu warna hijau dapat menenangkan saraf, mencegah kepanikan, serta meningkatkan regulasi sel, dan jaringan.

6. Warna putih

Warna putih yang biasa digunakan pada cat dinding ruangan rumah sakit tentunya memberikan efek kesehatan bagi tubuh. Warna putih sendiri melambangkan kemurnian serta keutuhan. Sehingga warna cat kamar tidur ini mampu memberikan kamu perasaan yang damai, nyaman, serta bersih.

7. Warna violet

Warna cat kamar tidur yang baik untuk kesehatan terakhir adalah warna violet. Warna violet sering dikaitkan dengan kesehatan pikiran. Oleh sebab itu, warna ini identik dengan meditasi dan ketenangan.

Kesimpulan

Pada kenyatannya warna cat kamar tidur memang bisa mempengaruhi beberapa aspek yaitu kesehatan, pikiran serta mental. Maka dari itulah sebelum memberikan cat pada dinding kamar mu, kamu perlu memperhatikan beberapa hal dalam diri mu. Sehingga pemilihan warna bisa tepat dan bisa memberikan efek dan pengaruh yang baik dalam diri mu sendiri selaku si pemilik kamar.


Sumber referensi artikel :

  1. https://www.brilio.net/life/kamu-lagi-stres-pilih-7-warna-ini-agar-hati-kamu-damai-coba-deh-150429g.html
  2. https://www.liputan6.com/citizen6/read/3917315/8-jenis-warna-ini-ternyata-bisa-pengaruhi-kesehatan-tubuhmu

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url