Tips produktif blogger pemula, sembari belajar banyak hal

Tips produktif blogger

Tips produktif blogger - Dalam setiap pekerjaan pastinya kita selalu dituntut supaya produktif. Terlebih jika pekerjaannya menyangkut diri sendiri. Misalkan seperti konten kreator, blogger, penulis dan masih banyak lagi. Pekerjaan-pekerjaan inilah yang selalu menuntut harus semakin produktif, tidak boleh bermalas-malasan. Jika tidak maka resikonya tidak akan berkembang.

Resikonya memang sangat menyeramkan sehingga hanya untuk orang-orang seriuslah yang bisa menaklukan segala rintangan, menyingkirkan resiko tersebut sampai mendapatkan kesuksesan atas kerja kerasnya itu.

Seperti halnya blogger. Pekerjaan sampingan atau bisa dijadikan pekerjaan pokok itu punya resiko yang sama yaitu tidak akan berkembang jika si pemiliknya suka bermalas-malasan. Blog merupakan media yang dapat menghasilkan uang dengan cara yang unik. Memerlukan strategi serta materi yang bejibun untuk disimak. Bikin malas untuk orang-orang yang ingin menjadi blogger namun tidak ingin belajar. Bikin sakit kepala dan ngeluh sana sini.

Namun segala kesusahan itu jika si blogger bisa melaluinya, maka hasil yang akan ia dapatkan pun jauh melimpah sesuai dengan kerja kerasnya. Lagi pula banyak sekali blogger sukses yang bisa kita jadikan contoh untuk mengembangkan blog kita. Bahkan banyak materi seputar blog yang telah dibagikan di berbagai platform seperti youtube dan banyak lagi.

Maka dari itu berikut ini saya ingin membagikan tips produktif blogger pemula berdasarkan pengalaman pribadi yang kini sedang dijalani.

Tips produktif blogger pemula

Tips produktif blogger

1. Belajar materi dasar seputar SEO

Search Engine Optimization atau yang biasa disingkat SEO merupakan materi dasar yang harus dipelajari oleh seorang blogger pemula. Banyak sekali cangkupan materi SEO, namun sebagai seorang blogger pemula lebih baik menyerap materi-materi dasarnya terlebih dahulu. Seperti bagaimana cara setting blog agar SEO Friendly dan bagaimana cara membuat artikel yang SEO Friendly. Selebihnya seperti backlink serta pemahaman mengenai algoritma google bisa dipelajari nanti atau dipelajari bersama namun tidak dijadikan fokus.

2. Fokus pembuatan artikel

Sebenarnya mempelajari materi cara membuat artikel yang SEO Friendly saja ada banyak cabang-cabangnya. Sehingga sering kali membuat blogger pemula seperti saya ini merasa kebingungan sendiri. Namun jika kamu teliti menyimak materi cara membuat artikel SEO Friendly yang dibawakan oleh berbagai pakar SEO. Maka pasti bisa menyimpulkan bahwa pembuatan artikel yang SEO yang disukai google 'hanya' seputar keyword, jumlah kata, penggunaan H1, H2 atau H3, penggunaan gambar dan cara settingnya serta artikel lengkap. Itu 'saja' yang perlu dijadikan fokus bagi seorang blogger pemula, yaitu cara pembuatan artikel. Lagi pula membuat artikel yang baik pun memerlukan keterampilan mengolah kata yang baik. Jadi sembari menerapkan SEO pada artikel yang dibuat, kita pun bisa semakin mengasah kemampuan mengolah kata. Karena mau tidak mau seorang blogger diharuskan terampil membuat artikel.

3. Dalam sehari satu postingan artikel

Setelah mulai paham dengan materi artikel yang SEO Friendly, langkah selanjutnya adalah menerapkan dan mempraktekkan kedalam bentuk artikel yang akan kita tuliskan. Kalau perlu dibuat jadwal sehari satu postingan. Wah berat nih. Tidak juga jika kamu bisa membagi-bagi waktunya dengan tepat. Saya fokus mencari keyword dan materi artikel pada waktu luang menjelang siang sampai sore, sembari juga membaca beberapa artikel milik kompetitor. Setelah itu baru menuliskannya saat menjelang subuh. Tentunya setiap orang bisa menjadwalkan waktunya sendiri-sendiri. Namun sebisa mungkin satu hari satu postingan. Dengan catatan artikel yang dibuat menerapkan SEO.

4. Belajar menikmati proses

Ada proses panjang yang dilalu oleh seorang blogger profesional. Dulu mereka pun sama seperti kita, masih pemula dan masih amatir. Bagaimana mereka bisa sesukses seperti sekarang? Tentunya mereka adalah blogger-blogger pemula yang belajar menikmati proses sembari terus belajar mencari celah. Maka dari itulah bagi seorang blogger pemula yang ingin bisa produktif. dari sekarang harus belajar menikmati proses. Jika kita tidak mau menikmati prosesnya pasti akan cepat bosan apalagi jika merasa sudah menerapkan kaidan SEO pada artikel yang dibuat namun malah hasilnya tidak seperti yang diharapkan. (Udah pusing cari-cari keyword kok malah view nya masih puluhan, hadeh.) Oleh sebab itulah bagi blogger pemula yang ingin bisa produktif, harus belajar menikmati proses sembari tetap terus belajar.

5. Kurangi target yang mencekik

Jangan terlalu memforsir tubuh. Seorang blogger pemula sering kali memiliki ambisi yang sangat tinggi. Targetnya pun kerap mencekik dirinya sendiri. Harus ini harus itu, saat menulis artikel pun jika ia baca lagi dan merasa kurang nyaman tidak jadi di publish. Padahal namanya masih pemula ya masih memiliki banyak kekurangan. Misalkan targetnya harus page one, harus banyak view, bulan esok harus dapat gaji dari adsense, harus ngalahin si A. Kalau targetnya seperti itu ya dijamin kamu tidak akan bisa menikmati prosesnya. Sebagai seorang blogger pemula, kita lebih baik memiliki target yang sesuai kapasitas, seperti menulis artikel sesuai SEO, artikel nyaman dibaca user, sebisa mungkin satu hari satu postingan. Masalah page one, jumlah view dan adsense bisa mengikuti nanti. Karena sebagai seorang blogger pemula, kita lebih baik belajar terlebih dahulu cara menulis artikel yang baik dan SEO Friendly. Tidak perlu memusingkan masalah page one atau adsense.

Kesimpulan

Itulah lima tips produktif blogger pemula. Pelan-pelan namun harus tetap konsisten dan terus belajar. Tidak ada kesuksesan bagi orang yang malas belajar, itulah kutipan yang selalu diucapkan orang-orang sukses termasuk dari blogger sukses. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk teman-teman sekalian.

Next Post Previous Post
2 Comments
  • De Eka
    De Eka 17 Juli 2021 18.36

    Wkwkwk aku banget itu mbk. Udah pusing2 cari keyword tp view masih puluhan aja hiks... Aku yg pemula ini kadang masih bingung nulis artikel yg SEO friendly.

    • Rita
      Rita 17 Juli 2021 19.10

      Sama mba wkwk saya juga kadangan bingung, soalnya masih belajar juga😁 belum nemu titik celahnya. Tapi bagaimanapun jangan menyerah hehe

Add Comment
comment url