Cara Menghilangkan Bau Pada Sepatu Tanpa Dicuci, Hanya Dengan Bahan Alami di Rumah

cara menghilangkan bau pada sepatu

Cara menghilangkan bau pada sepatu - Setiap orang memiliki berbagai alasan mengapa sepatu yang mereka pakai setiap hari tidak di cuci atau tidak di jemur. Dan salah satu alasannya karena memang malas mencuci dan juga karena tidak ada sinar matahari untuk menjemur.

Apalagi jika sudah datang musim hujan, pasti kita merasa kelimpungan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Sebab cara terampuh untuk menghilangkan bau sepatu adalah dengan mencuci dan menjemurnya di bawah teriknya matahari.

Namun jika musim hujan, jangan kan untuk menjemur sepatu, menjemur pakaian pun sering tidak kering akibat sinar matahari yang kurang.

Dan akibat dari itu, pakaian atau sepatu yang belum kering selama sehari bisa memunculkan bau apek yang tak sedap. Maka dari itu malas sekali untuk mencuci sepatu di musim hujan.

Lalu bagaimana jika sepatu yang berhari-hari dipakai tidak perlu dicuci tapi tidak menimbulkan bau?

Nah, pertanyaan ini adalah jalan ninja bagi semua orang. Untuk itu, berikut ini adalah cara menghilangkan bau pada sepatu tanpa dicuci yaitu hanya dengan bahan-bahan alami di rumah.

Cara menghilangkan bau sepatu dengan bahan alami

1. Cara menghilangkan bau sepatu dengan garam

Bahan alami yang dapat kita gunakan untuk menghilangkan bau sepatu yang pertama adalah dengan garam. Bahan dapur ini bukan hanya bisa menambah cita rasa asin pada masakan, namun juga bisa untuk menghilangkan bau tak sedap. Untuk itu, pastikan dulu bahwa sepatu dengan keadaan kering. Selanjutnya cukup taburkan garam secukupnya di dalam sepatu. Kemudian diamkan hingga semalaman. Namun jika takut apabila garam merusak sepatu, maka bisa dengan cara membungkus secukupnya garam dengan saringan. Lalu masukkan kedalam sepatu dan diamkan juga hingga semalaman.

2. Menghilangkan bau sepatu dengan kopi

Biji kopi atau bubuk kopi sudah terkenal sebagai bahan alami penghilang bau tak sedap. Nah, untuk menghilangkan bau pada sepatu, bisa gunakan bubuk kopi ataupun biji kopi. Jika menggunakan bubuk kopi, pastikan lebih dulu sepatu benar-benar dalam keadaan kering, lalu alasi dengan tisu, bisa juga bungkus bubuk kopi dan masukkan ke dalam sepatu. Jika menggunakan biji kopi, tinggal letakkan secukupnya kedalam sepatu. Barulah diamkan hingga semalaman.

3. Menggunakan baking soda

Bahan dapur selanjutnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu ialah dengan baking soda. Bahan kue ini mampu menyerap bau pada sepatu. Yaitu dengan cara menaburkan secukupnya bubuk baking soda ke dalam sepatu. Kemudian diamkan semalaman. Barulah pada keesokan harinya kamu cukup bersihkan baking soda pada sepatu dengan menggunakan sikat.

4. Dengan menggunakan minyak atsiri

Minyak atsiri atau essential oil merupakan minyak yang dihasilkan dari ekstrak tumbuhan melalui proses penyulingan. Bukan hanya sebagai aromaterapi, minyak atsiri ini bisa juga digunakan untuk menghilangkan aroma tak sedap pada sepatu. Yaitu dengan cara teteskan dengan secukupnya minyak atsiri pada sepatu. Kemudian sumpal dengan kepalan kertas atau koran untuk mengunci bau dari minyak atsiri itu sendiri. Selanjutnya diamkan semalaman. Dan pada keesokan harinya lepaskan sumpalan kertas. Dijamin bau tak sedap pada sepatu akan hilang setelahnya.

5. Menghilangkan bau sepatu dengan teh

Teh yang sering kita minum di pagi hari ternyata juga bisa menjadi bahan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Namun teh yang kita gunakan untuk menghilangkan bau sepatu yaitu kantong teh. Caranya, celupkan kantong teh selama 2-3 menit di air yang panas. Kemudian angkat dan dinginkan sembari ditiriskan juga. Setelah dingin barulah letakkan kantong teh tersebut ke sepatu. Diamkan selama satu jam atau lebih.

6. Cara menghilangkan bau sepatu dengan kulit jeruk

Kulit jeruk memang memiliki segudang manfaat untuk membantu kita. Bisa dijadikan untuk mengusir nyamuk hingga menghilangkan bau pada sepatu. Kulit jeruk sendiri memiliki zat antibakteri yang bisa menghilangkan bakteri pada sepatu. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan cara meletakkan kulit jeruk ke dalam sepatu dan diamkan hingga semalaman untuk memaksimalkan kerja kulit jeruk dalam menyerap bau tak sedap pada sepatu.

Penutup

Itulah cara untuk menghilangkan bau sepatu dengan bahan-bahan alami di rumah. Namun bau pada sepatu juga biasanya diakibatkan karena kaki yang suka berkeringat. Untuk itu jagalah kesehatan kaki atau bisa gunakan kaos kaki sebagai pelindung kaki agar tak bersentuhan langsung dengan sepatu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url