Manfaat Backlink Serta Tips Memilih Jasa Backlink Berkualitas

jasa backlink

Jasa backlink - Sejak aktif ngeblog, banyak istilah baru yang harus dipelajari. Salah satunya mengenai backlink. Nah, backlink sendiri dalam dunia blog dikatakan sangat penting, sebab dapat memberikan manfaat untuk blog itu sendiri.

Namun, teman-teman blogger pemula pasti masih bertanya-tanya mengenai apa itu backlink. Kenapa backlink bisa penting. Atau bagaimana cara mendapatkan backlink.

Untuk itu, agar teman-teman bisa paham mengenai backlink, maka, ayo baca artikel ini hingga selesai.

Apa itu backlink?

Sederhananya, backlink adalah sebutan dari tautan atau link yang mengarah ke suatu website atau blog. Backlink juga disebut sebagai pranala balik, link masuk, inbound link dan inlink.

Jadi, dapat dikatakan bahwa seseorang dengan sengaja menaruhkan link atau tautan yang menuju blog/website lain atau pada blog kita, itulah yang dinamakan backlink.

Jenis-jenis backlink

Terdapat dua atribut berbeda dari backlink itu sendiri, yaitu dofollow dan nofollow. Kedua istilah tersebut pastinya tidak terlalu asing walau kamu mungkin masih blogger pemula. Sebab pembahasan mengenai backlink akan selalu disangkut pautkan dengan link dofollow atau link nofollow.

Duh, apasih maksudnya? Berikut adalah penjelasannya.

1. Link Dofollow

Link dofollow yaitu sebuah atribut HTML yang memberikan fungsi agar google dapat memberikan izin robot mesin pencari untuk menelusuri serta mengindeks tautan/link yang kita bagikan.

Dapat diartikan bahwa kita memberikan referensi bahwasannya link tersebut itu memiliki kualitas baik loh, dan harus diketahui oleh banyak orang.

Karena itu, link dofollow ini biasanya tercipta secara otomatis saat kita akan memberikan link pada sepenggal kata, keyword atau alamat website di sebuah artikel yang kita tulis.

Kelebihan link dofollow

Adapun kelebihan dari link dofollow, yaitu dapat meningkatkan ranking sebuah website. Apalagi jika mendapatkan backlink dofollow dari situs-situs besar, seperti situs berita, wikipedia, forum-forum seperti kaskus dan lain sebagainya.

Kekurangan link dofollow

Namun ada kelebihan berarti ada kekurangan. Karena backlink dofollow mengizinkan robot mesin pencari menelusuri hingga mengindeks tautan tersebut, kemungkinan link dofollow juga dapat menyebabkan turunnya ranking website. Yaitu jika website tersebut mendapatkan backlink dari situs yang dilarang atau spam otomatis.

2. Link Nofollow

Sedangkan link nofollow berkebalikannya dari dofollow. Yaitu tautan backlink yang tidak akan ditelusuri oleh robot mesin pencarian. Link nofollow ini bisa diciptakan dengan cara menambahkan atribut rel=nofollow pada link atau tautan.

Jika menggunakan blogger bisa dengan mencentang 'tambahkan atribut 'rel=nofollow' saat akan memberikan link. Atau bisa juga merubahnya di menu HTML.

Kelebihan link nofollow

Walaupun link nofollow dikatakan tidak memberikan efek peningkatan ranking pada website dan juga SEO. Namun backlink dengan cara ini bisa meningkatkan trafik serta bisa menjadi acuan personal branding. Sebab walaupun link terpasang secara nofollow, link tersebut tetap terlihat dan dapat diakses  menuju website tujuan.

Kekurangan link nofollow

Karena tidak ditelusuri oleh robot pencarian, link nofollow tidak akan mempengaruhi ranking website dan juga SEO yang diterapkan. Maka, perlu diketahui bahwa ketika memasang backlink dengan menggunakan jasa backlink, harus diperhatikan bahwa tautan yang mengarah ke blog kita bukan jenis link nofollow.

Macam-macam backlink

jenis backlink

Setidaknya terdapat 10 macam backlink yang perlu seorang blogger ketahui. Nah loh, kenapa banyak sekali?

Iya, kamu harus paham atau setidaknya tau mengenai macam-macam backlink ini. Maka berikut ini adalah penjelasan singkat macam-macam backlink yang perlu seorang blogger ketahui.

1. Blog comment backlink

Dari namanya saja pasti kalian sudah tau dong backlink ini.

Backlink komen bisa kita dapatkan dari kolom komentar website atau blog lain. Bila disederhanakan, blog comment backlink merupakan backlink dari kolom komentar.

Nah, untuk mendapatkan backlink komentar cukup mudah, yaitu kamu cukup berkomentar pada sebuah postingan di website lain dengan menyertakan link atau tautan yang mengarah ke website kita.

Namun perlu berhati-hati jika ingin mendapatkan backlink komentar. Sebab tidak semua website atau blog menerima link dalam komentar. Bisa-bisa dianggap spam dan malah merugikan website kita sendiri.

2. Link profile backlink

Link profile backlink atau backlink profil biasanya terdapat di website atau situs forum yang mengharuskan kita untuk membuat profil. Backlink ini ditempatkan di profil pengguna dan biasanya berjenis dofollow.

3. Contextual backlink

Contextual backlink biasa digunakan pada website yang menyediakan CMS (Content Management System) seperti blogger, wordpress, kompasiana, kaskus, blogger perempuan dan masih banyak lagi.

Contextual backlink ini maksudnya adalah kita menuliskan artikel di situs CMS, seperti kaskus atau blogger perempuan, yang mana kita sisipan link kedalam postingan tesebut.

Backlink ini dianggap lebih ampuh untuk membangun ranking website, serta meningkatkan optimasi SEO di website agar semakin maksimal.

4. Blogroll backlink

Blogroll backlink biasanya terpasang di bagian sidebar. Namun teknik backlink seperti ini sekarang tidak diminati. Sebab blog sekarang lebih menginginkan tampilan widget yang bersih dan tidak sembarang memberikan link keluar.

5. Social media backlink

Social media backlink didapat dengan cara menempatkan link di beranda media sosial. Backlink jenis ini sangat mudah didapatkan karena hanya share link di media sosial seperti facebook atau twitter. Namun tidak dianjurkan terlalu banyak menerima trafik dari sosial media. Dan social media backlink ini biasanya bersifat nofollow jadi tidak berpengaruh untuk optimasi SEO.

6. Social bookmark backlink

Social bookmark backlink kerap digunakan oleh seorang blogger maupun website developer. Sebab mudah dilakukan dan bisa sekaligus menyimpan banyak link di satu wadah atau tempat saja. Webiste atau aplikasi seperti pinterest adalah salah satu yang mendukung social bookmark backlink.

7. Document sharing backlink

Backlink ini didapat dari file word, exel ataupun pdf yang diunggah dan dibagikan di internet. Bagi blogger atau website developer yang menulis e-book tentunya membuat backlink yang mengarah ke website pribadi adalah wajib. Hal itu bisa digunakan untu meningkatkan visitor dan bisa juga sebagai personal branding.

8. Guestbook backlink

Guestbook backlink dapat didapat dari menempatkan link pada halaman guestbook atau contact us. Seperti halnya backlink komentar, kamu perlu hati-hati jika ingin menggunakan backlink ini supaya tidak menjadi spam.

9. Image sharing backlink

Backlink jenis ini hampir sama dengan document sharing backlink. Hanya saja media yang diunggah berupa gambar yang kemudian disisipi link untuk mengarah ke website atau blog kita.

10. Footer backlink

Backlink ini tidak semua blogger bisa gunakan. Sebab footer backlink didapat dan ditempatkan di wilayah footer. Namun jika kamu seorang pembuat thema, bisa gunakan backlink ini sebagai tanda hak cipta juga personal branding.

Manfaat atau keuntungan menggunakan backlink

Backlink sangat bermanfaat untuk optimasi SEO sekaligus sangat bermanfaat untuk meningkatkan ranking website di mata pencarian. Tidak ada aturan baku harus berjumlah berapa backlink dalam sebuah postingan atau website. Namun yang terpenting, backlink dapat memberikan keuntungan untuk bisa menduduki halaman pertama search engine. Dengan catatan backlink yang didapat harus berkualitas. Bukan spam ataupun dilakukan secara otomatis.

Tips memilih jasa backlink berkualitas

tips backlink

Untuk kamu yang masih kesulitan menaruh backlink untuk memperkuat SEO off page bisa menggunakan jasa backlink. Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sebab menggunakan jasa backlink perlu mengeluarkan dana sehingga harus mempertimbangkan dengan matang sebelum fix menggunakan jasa backlink

Hal-hal yang perlu kamu pertimbangkan yaitu diantaranya :

  • Pengerjaan secara manual, terutama jika berkaitan dengan contextual backlink. Tanyakan dan pastikan kepada pihak jasa yang bersangkutan bagaimana cara mereka membuat backlink contextual
  • Pastikan dofollow bukan nofollow. Sebab link dofollow lebih mampu untuk meningkatkan website dibanding nofollow.
  • Menggunakan jasa backlink yang sudah terpercaya. Untuk meminimalisir resiko yang terjadi maka lebih baik gunakan jasa backlink terpercaya.
  • Yang memiliki alternatif kata kunci. Walaupun sudah memberikan kata kunci, tetapi kata kunci tersebut belum tentu work. Sehingga bisa memilih jasa backlink yang memberikan alternatif kata kunci yang lebih baik.
  • Mau revisi. Revisi diperlukan karena terkadang hasil yang sudah dikerjakan kurang tepat, sehingga perlu di revisi.
  • Bandingkan harga. Membandingkan harga sangat perlu dilakukan. Sebab kadang yang lebih murah bisa jadi lebih berkualitas.

Penutup

Backlink memang sangat penting. Bisa untuk mendatangkan trafik, untuk personal banding serta bisa menjadi alat untuk meningkatkan ranking website itu sendiri. Oleh karena itu website atau artikel postingan di blog kita harus sesekali mendapat asupan backlink. Supaya lebih bisa bersaing di halaman pertama mesin pencarian. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url