Rekomendasi Template Blog Gratis Keren dan Ringan Yang Seo Friendly

template blog keren dan ringan

Template blog keren dan ringan - Menariknya sebuah blog, bukan tentang konten yang disajikan saja, melainkan juga mengenai tampilan sebuah blog itu sendiri. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa tampilan itu number one, namun ada juga yang bilang konten is a king. Apapun itu, yang jelas tampilan dan konten sangat mempengaruhi SEO sebuah blog ataupun website.

Nah untuk tampilan atau template, ternyata ada kriteria SEO nya tersendiri loh. Apa kamu sudah tau kriteria apa saja yang dimaksud? Atau jangan-jangan template blog yang kamu gunakan sudah termasuk dalam kategori SEO?

Di kutip dari website niagahoster.co.id dan dewabiz.com terdapat lima kriteria template yang SEO Friendly. Diantaranya, responsif terhadap semua perangkat, cocok untuk semua browser, navigation yang mudah, kecepatan loading dan integrasi media sosial. Untuk lebih jelasnyaa, mari kita bahas di bawah ini.

Kriteria Template Blog SEO Friendly

1. Responsif terhadap semua perangkat

Template blog yang SEO Friendly harus bisa responsif terhadap semua perangkat baik dengan ponsel, komputer maupun tablet. Sehingga user bisa mengunjungi situs blog dengan perangkat apapun tanpa terganggu dengan kualitasnya. Sebab ada beberapa template yang tidak mendukung pada perangkat ponsel, bisa dibilang tidak mobile friendly, sehingga ketika situs dibuka di ponsel tampilannya mirip dekstop, harus diperbesar terlebih dahulu. Tentu template seperti itu tidak SEO dan tidak responsif.

2. Cocok untuk semua browser

Selain responsif terhadap semua perangkat, template yang SEO juga harus cocok atau kompatible untuk semua browser. Sebab ada beberapa user yang berbeda dalam penggunaan browser. Jika kita sering menggunakan google chrome dalam menjelajahi internet, bisa jadi orang lain menggunakan opera, safari, internet explorer atau situs browser lainnya. Sehingga kita perlu menggunakan template blog yang responsif terhadap semua browser, agar tidak ada kesalahan dalam pengaksesan blog di browser-browser tersebut.

3. Navigation yang mudah

Tata letak navigasi pada template blog harus memudahkan pengunjung dalam menemukan konten. Seperti halnya dalam mengkategorikan isi konten dengan topik yang sama. Oleh karena itulah, agar blog SEO, kita harus memilih template blog yang mendukung fitur tata letak navigasi yang memudahkan dan rapih.

4. Kecepatan loading

Kecepatan loading menjadi pokok penting dalam menentukan template untuk blog maupun website. Sebab loading yang lama akan sangat mempengaruhi peringkat website atau blog itu sendiri di mata mesin pencarian. Dan loading yang lama juga tentunya akan berdampak pada jumlah pengunjung yang datang. Sebab, banyak user yang tidak suka harus menunggu dengan waktu yang cukup lama saat mengakses sebuah situs. Oleh karena itulah, kecepatan loading sangat perlu dipertimbangkan dalam menentukan tema. Semakin loading lama. semakin buruk menurut google. Dan semakin loading cepat, maka semakin SEO Friendly template yang kamu gunakan.

5. Integrasi media sosial

Kriteria template blog SEO Friendly yang terakhir adalah integrasi media sosial. Maksudnya template tersebut harus menyediakan fitur berbagi ke media sosial, agar mempermudah pengunjung jika memang ingin membagikan konten ke media sosial yang mereka punya.

Rekomendasi template blog premium SEO gratis

Dari kelima kriteria template blog SEO Friendly diatas, maka saya ingin merekomendasikan template blog gratisan rasa premium yang tentunya sesuai dengan kelima kriteria template blog SEO Friendly diatas. Template tersebut adalah template yang sama yang digunakan Diyanti Blog sekarang, yaitu JetTheme. Kamu bisa buka link ini untuk tau kelebihan JetTheme dari template blogger lain.

Alasan mengapa memilih template JetTheme

Alasan ini merupakan alasan pribadi saya sebagai pengguna template JetTheme, bisa dibilang ini merupakan testimoni jujur dari seorang pelanggan. Dan berikut adalah alasan mengapa memilih template JetTheme.

1. Fast Loading

Kelebihan utama dari tema JetTheme ini adalah loadingnya yang super cepat. Sebelumnya saya menggunakan template yang loadingnya lambat padahal premium. Dampak dari loading lambat itu banyak sekali. Contohnya jadi sulit mendapatkan visitor, kurang mobile friendly, kesulitan page one, peringkat blog jadi jelek dan sebagainya. Maka dari itulah saya ingin mengganti template yang fast loading agar Diyanti Blog semakin berkembang. Karena berawal dari keinginan tersebut, jadi sekarang menggunakan JetTheme.

2. Visitor mulai merangkak naik

Mungkin efek dari fast loading sehingga user tidak jengkel lagi ketika mengakses Diyanti Blog. Sebab setelah menggunakan template blog JetTheme, visitor mulai merangkak naik. Walaupun belum banyak tetapi dengan perubahan ini tentunya menjadi perkembangan yang baik untuk Diyanti Blog kedepannya.

3. Kunjungan halaman dengan menggunakan sistem operasi android semakin meningkat

Sebelum menggunakan JetTheme, kunjungan halaman di Diyanti Blog mayoritas menggunakan sistem operasi windows dan macintosh. Namun semenjak menggunakan JetTheme kunjungan halaman lebih banyak dari sistem operasi android. Hal ini saya katakan bagus, karena mungkin saja template blog yang sekarang saya gunakan sudah mobile friendly, berbeda dengan templete yang dulu yang kurang ramah seluler.

4. Postingan lama semakin naik dan beberapa ada yang masuk page one

Saya kurang tau apakah faktor ini disebabkan template JetTheme atau bukan, namun yang jelas semenjak berganti menggunakan template JetTheme postingan-postingan lama Diyanti Blog banyak yang menyumbang visitor. Bahkan ada yang page one sampai sekarang.

5. Template blog gratisan tapi didukung update-an

Inilah keungguan lain dari JetTheme selain loadingnya yang super cepat. Walaupun gratis namun developer menyediakan layanan update seumur hidup. Biasanya kita akan di fasilitasi update hanya dengan template premium, namun JetTheme memberikan update nya walau gratis.

Kesimpulan

Selain konten yang berkualitas, tampilan juga penting untuk menunjang performa dari blog maupun website itu sendiri. Sehingga dalam menentukan template blog juga harus mengacu dari kelima kriteria template blog SEO Friendly yang tadi sudah dibahas.

Dan bagi saya, template JetTheme merupakan template yang cocok dan memenuhi kriteria template blog SEO Friendly. Dan yang paling penting, tentunya sangat cocok digunakan di Diyanti Blog.

Jika teman-teman penasaran, bisa kunjungi situs https://www.jettheme.com, supaya bisa cek sendiri, apakah cocok dengan blog mu atau malah tidak. Pada intinya JetTheme menyediakan dua template yaitu gratis dan premium. Dari segi tampilan memang berbeda. Namun untuk support update-an dan kualitas itu tetap sama.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url