Cara Mudah Mendaftar Google News, Manfaatnya Untuk Blog + Video Tutorial

Cara daftar google news

Cara mendaftar google news - Sudah banyak blogger memanfaatkan layanan dari google bernama google news ini. Dari namanya pasti kita akan mengira bahwa google news itu berisi konten-konten berita dimana situs yang harus terdaftar merupakan website atau blog berita.

Tapi ternyata tidak juga loh.

Sebab siapa sangka Diyanti Blog yang berisi konten random tanpa konten news bisa diterima di google news. Bahkan saya sendiri pun tidak menyangka.

Maka dari itu, pada artikel ini saya akan berbagi sedikit mengenai cara mendaftar google news. Namun sebelumnya, mari kita simak apa itu google news serta manfaatnya untuk blog.

Apa itu google news?

Berdasarkan apa kata wikipedia, google news atau google berita adalah sebuah layanan berita yang secara otomastis menampilkan berita-berita dari berbagai situs atau media. Google news juga dapat menampilkan hasil dari pencarian berita yang sesuai dengan kata kunci pencarian.

Manfaat google news untuk blog

Setelah Diyanti Blog diterima di google news, ada beberapa manfaat yang sangat terasa, yaitu diantaranya:

1. Index artikel lebih mudah, paling lama hitungan menit

Manfaat yang paling terasa setelah diterima google news adalah index artikel yang cepat. Sedikit cerita bahwa saya mendaftarkan Diyanti Blog ke google news karena mendapat iming-iming dari video tutorial di youtube bahwa jika blog diterima, artikel akan cepat terindex.

Dan ternyata benar.

Sepengalaman saya, tidak sampai berjam-jam dan artikel yang saya publish langsung terindex secara otomatis tanpa submit di google search console lagi.

2. Meningkatkan trafik organik

Karena lebih cepat terindex jadi artikel akan lebih cepat ditampilkan oleh google. Oleh karena itu trafik organik pun akan meningkat lebih drastis. Namun kembali lagi, konten yang dibuat pun harus berkualitas.

3. Mengurangi resiko plagiarisme

Biasanya yang paling menjengkelkan bagi seorang blogger adalah plagiat konten. Susah-susah membuat konten mana lama terindex, eh belum juga terindex sudah di plagiat dan pada akhirnya artikel yang kita tulis sendiri pun terdeteksi atau dianggap plagiat.

Maka dari itu mendaftarkan blog ke google news bisa menjadi benteng untuk mengurangi resiko plagiarisme pada artikel yang kita buat, sebab artikel akan lebih cepat terindex dan terdeteksi oleh google.

4. Lebih mudah masuk halaman pencarian

Blogger mana yang tidak ingin artikelnya masuk ke halaman pencarian google, pasti semua menginginkannya. Untuk itu buat artikel yang menarik dan berkualitas maka google news akan membantu si artikel yang kita buat itu masuk ke halaman pencarian bahkan sampai ke halaman paling atas.

5. Berpeluang mendapatkan backlink gratis

Backlink merupakan salah satu optimasi SEO off-page yang sangat penting untuk menunjang performa blog. Dengan diterimanya blog di google news, maka akan sangat besar peluangnya mendapatkan backink secara gratis.

Misalkan jika artikel kita masuk ke dalam artikel yang direkomendasikan oleh google, otomatis artikel kita menjadi acuan atau menjadi referensi dan kemudian pengguna lain akan menaruhkan backlink berkualitas menuju blog kita.

Syarat mendaftar google news

Sebelum mendaftarkan blog ke google news, maka perhatikan lebih dulu persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Dan berikut ini adalah syarat yang harus dipenuhi.

1. Memiliki website / blog / situs

Yang terpenting dan paling utama, tentunya harus memiliki blog. Tidak ada aturan baku blog harus TLD, namun biasanya blog yang berdomain TLD yang berpeluang lebih besar untuk diterima.

2. Akun google atau gmail yang terkait dengan blog

Persiapkan pula akun google atau gmail yang digunakan untuk mendaftar blog. Sebab pada pengisian form harus diisi dengan gmail yang sesuai dengan blog.

3. Blog terdaftar ke google search console

Cek kembali blog yang ingin didaftarkan ke google news, apakah sudah terdaftar di google search console atau belum. Sebab seperti akun gmail, kode GSC akan diminta disalah satu form yang wajib diisi.

4. Blog tidak berisi konten yang dilarang dan melanggar kebijakan google

Konten adalah alat suksesnya diterima di google news. Tidak harus konten berita, namun konten apa saja yang tidak melanggar kebijakan google. Teman-teman bisa cek sendiri konten artikel yang melanggar kebijakan google itu seperti apa dan apa saja.

5. Kelengkapan navigasi atau properti blog

Menu navigasi juga tidak kalah pentingnya dari konten artikel. Menu-menu navigasi seperti halaman about, contact us, disclaimer, privacy policy dan term of services harus sudah ada dan telah aktif saat mendaftarkan blog ke google news.

6. Blog aktif dan update

Perlu diketahui, google news melakukan peninjauan secara manual. Yaitu langsung di periksa oleh tim bukan dari mesin. Sehingga akan lebih baik jika blog yang akan di daftarkan merupakan blog aktif dan sering update. Kemungkinan diterima pasti akan lebih besar.

Cara mendaftar google news

  1. Masuk ke google publisher center atau dengan link https://publishercenter.google.com
  2. Tambahkan blog dengan cara menekan ikon (+ add publication) di sebelah kiri.
  3. Kemudian isi berbagai form yang muncul, seperti deskripsi blog dan lainnya.
  4. Setelah semua terisi, tunggu hingga selesai peninjauan. Selama peninjauan kita bisa beberapa hari sekali cek, apakah telah di approve atau malah tidak. Sebab jika di approve tidak akan ada pemberitahuan melalui email, namun jika belum disetujui biasanya akan diberi tau apa kesalahannya lewat email.

Video tutorial mendaftar google news

Untuk teman-teman yang masih kesulitan mendaftar ke google news, bisa lihat video berikut ini.

Penutup

Mendaftarkan blog ke google news nyatanya tidak begitu susah seperti yang dibayangkan. Saya bahkan hanya satu kali mendaftar, kemudian menunggu 3 - 5 hari dan mendapat kabar approve.

Untuk itu jika kamu masih menganggap layanan google news hanya untuk konten-konten yang berfokus pada berita, itu salah. Buktinya Diyanti Blog yang berisi konten random tanpa berita pun bisa diterima.

Dan apabila teman-teman melihat kedua video tutorial yang saya bagikan pasti akan lebih tercengang.

Jadi, mari manfaatkan layanan google news secara maksimal, sebelum banyak syarat yang harus dipenuhi dan menjadi sulit untuk bisa diterima.


Next Post Previous Post
2 Comments
  • Tika
    Tika 1 September 2021 08.14

    Terima kasih banyak nih infonya. Jujur baru tau juga nih dengan Google News, kalo dari nama emang bakal ketipu ya. Aku juga tertarik ah mau coba daftar siapa tau bisa lolos kan lumayan nih kalo makin banyak yang baca blog kita ๐Ÿ˜†

    • Rita
      Rita 2 September 2021 05.19

      Siap kak sama sama. Silahkan dicoba mumpung gak susah juga. Lebih mudah kok ketimbang daftar google adsense๐Ÿ˜

Add Comment
comment url