Cara Agar Tidak Diundang Sembarang Grup di Telegram

cara mencegah undangan grup otomatis di telegram

Teman-teman pernah tidak, tiba-tiba masuk ke grup telegram padahal kita sendiri merasa tidak pernah ikut bergabung? Nah itulah yang sempat saya rasakan. Paling sering masuk ke grup trading dan itu menyebalkan sekali.

Oh ya, omong-omong telegram sendiri merupakan aplikasi atau layanan chat yang tidak jauh beda dengan whatsapp. Namun jika dibandingkan kemudahan dalam penggunaannya, whatsapp akan unggul dibanding telegram. Sebab menurut saya telegram sedikit ribet. Tetapi ya walaupun begitu banyak sekali keunggulan telegram dibanding whatsapp. Terutama dalam hal privasi dan masih banyak lagi.

Nah kembali lagi ke masalah grup telegram, saya sempat bertanya-tanya kenapa bisa tiba-tiba ikut gabung ke grup 'tidak jelas' padahal seinget saya tidak pernah tuh menekan tombol gabung.

Sudah keluar dari grup tapi di kemudian hari tiba-tiba bergabung lagi dengan grub trading yang berbeda. Begitu terus sampai mengira mungkin telegram memang begitu.

Padahal tidak seperti itu ya telegram. Ada pengaturannya tersendiri untuk mencegah orang tidak dikenal memasukkan akun telegram kita ke grupnya.

Bagaimana caranya? Yuk simak kelanjutan artikel ini.

Cara mencegah undangan grup otomatis di telegram

Ada dua cara yang bisa teman-teman lakukan untuk mencegah undangan grup otomatis di telegram, yaitu diantaranya :

Lewat menu setting atau pengaturan

  1. Buka aplikasi telegram bisa lewat laptop/pc ataupun lewat ponsel.
  2. Kemudian pilih menu garis tiga horizontal di pojok kiri.
  3. Selanjutnya pilih settings.
  4. Lalu pilih privacy and security.
  5. Pada menu privacy and security inilah teman-teman bisa mengatur segala privasi yang ada, seperti nomor telepon bisa dilihat siapa saja, waktu aktif, foto profil hingga grup. Karena akan mencegah undangan grup otomatis maka pilih groups & channels (grup).
  6. Disana terdapat dua pilihan untuk pertanyaan 'siapa yang dapat menambahkan anda ke grup?' maka pilih kontak saya agar orang-orang tidak dikenal tidak akan kembali menambahkan akun teman-teman kedalam grup tidak jelas.
  7. Selesai.

Laporkan spam atau blokir bot spam

Cara ini perlu diterapkan ketika cara sebelumnya tidak berhasil. Sebenarnya cara diatas memang berhasil untuk mencegah undangan grup tidak jelas. Namun sayangnya karena kecanggihan bot atau robot, terkadang masih saja ada grup tidak jelas menambahkan akun telegram kita.

Maka dari itu untuk mengurangi spam bot, teman-teman bisa memanfaatkan layanan report spam dengan cara.

  1. Buka aplikasi telegram.
  2. Kemudian buka grup atau akun bot yang akan dilaporkan spam.
  3. Setelah itu pilih menu titik tiga memanjang di pojok kanan.
  4. Pilih report atau laporkan.
  5. Dan kemudian pilih spam.
  6. Atau jika tidak ingin terlalu ribet bisa langsung memblokir akun bot atau grup bot tersebut.

Penutup

Itulah cara yang bisa teman-teman lakukan untuk mencegah undangan otomatis dari grup sembarang di telegram. Semoga artikel ini dapat membantu dan akun telegram teman-teman tidak lagi dimasukkan kedalam grup tidak jelas tanpa seizin.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url