Obat Dari Bahan Alami Untuk Pereda Nyeri Haid

obat alami pereda nyeri haid

Cara meredakan nyeri haid - Hari pertama datangnya menstruasi merupakan saat-saat yang serba salah. Perut terasa sakit seperti mules melilit, badan terasa ngilu dan pegal-pegal, belum lagi emosi yang sulit dikendalikan. Paket komplit untuk mengeluh dan berguling-guling di kasur seharian.

Namun sayangnya aktivitas setiap orang itu berbeda-beda. Ada yang merasakan nyeri haid namun harus tetap beraktivitas seperti biasanya, bekerja ataupun sekolah. Padahal dapat dipastikan mereka akan kesulitan berkonsentrasi dan tidak fokus.

Oleh sebab itu agar nyeri haid tidak mengganggu aktivitas, kita perlu mengobatinya dengan segera.

Sebenarnya banyak obat-obatana pereda nyeri haid dari yang berbentuk pil hingga minuman. Namun beberapa ahli kesehatan ada yang tidak merekomendasikan untuk mengonsumsi obat-obatan saat datangnya nyeri haid.

Dan mungkin juga kamu termasuk orang yang was-was apabila mengonsumsi obat-obatan kimia, takut dengan efek sampingnya. Maka obat alami pereda nyeri haid adalah solusi yang pasti sedang kamu cari-cari.

Dan berikut ini ada beberapa obat pereda nyeri haid dari bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi rasa sakit menstruasi. Namun sebelumnya, teman-teman penasaran tidak, mengapa menstruasi bisa sesakit yang teman-teman rasakan?

Nah oleh karena itu, berikut adalah penjelasannya.

Mengapa menstruasi terasa sakit?

Dikutip dari Verywell Family, nyeri haid biasanya dipengaruhi oleh hormon prostaglandin di dalam tubuh. Hormon ini akan memaksa otot rahim untuk berkontaksi sehingga menyebabkan rasa nyeri, dan pada kasus tertentu bisa menyebabkan rasa mual juga.

Yang lebih rentan mengalama nyeri haid adalah seorang remaja putri, sebab secara alami tubuhnya memiliki kadar prostaglandin yang lebih tinggi.

Namun seiring bertambahnya usia, tingkat hormon prostaglandin akan menurun sehingga nyeri haid bisa berkurang tidak sesakit seperti dulu.

Obat nyeri haid berbahan alami

Beberapa bahan alami ini dipercaya bisa meredakan nyeri haid, yaitu diantaranya:

1. Jahe

Selain bisa menghangatkan badan, jahe juga bisa menjadi obat pereda nyeri haid. Sebab jahe memiliki sifat antiinflamasi alami yang mana akan efektif untuk mengurangi rasa sakit. Oleh karena itu bahan jamu yang satu ini disebut cocok untuk mengurangi nyeri pada perut saat menstruasi.

2. Adas

Adas merupakan tanaman herbal yang sering kali digunakan untuk bumbu masakan ataupun digunakan untuk obat tradisional. Tanaman adas ini mengandung senyawa efek anti kejang yang bernama anethole. Senyawa itu jugalah yang bisa digunakan untuk meredakan nyeri perut saat menstruasi.

3. Teh chamomile dan peppermint

Teh herbal chamomile dan peppermint juga dapat dijadikan obat pereda nyeri perut saat menstruasi. Segarnya teh dikombinasikan dengan air hangat dapat memberikan kenyamanan pada perut serta memberikan efek menenangkan untuk tubuh.

4. Makanan tinggi magnesium

Beberapa jenis makanan yang tinggi akan magnesium seperti kacang almond, bayam, yogurt dan selai kacang juga dapat dikonsumsi guna meredakan nyeri haid. Namun dengan catatan tidak berlebih dan hanya dengan dosis secukupnya saja dalam sehari.

Lakukan ini untuk meredakan nyeri haid

Selain mengonsumsi obat alami pereda nyeri haid diatas, kegiatan diwabah ini juga bisa membantu mengurangi rasa nyeri di perut, yaitu diantaranya:

1. Mengompres dengan air hangat

Air hangat dapat membantu mengendurkan otot-otot atau syaraf yang tegang. Oleh karena itu teman-teman bisa gunakan air hangat untuk mengompres perut yang terasa nyeri. Bisa menggunakan handuk atau botol sesuai kenyamanan masing-masing.

2. Memijit atau mengolesi dengan minyak esensial

Minyak esensial yang dapat digunakan untuk mengurangi nyeri haid diantaranya lavender, sage dan marjoram. Kamu bisa mengoleskan minyak tersebut ke permukaan perut, bisa juga sembari memijatnya dengan pelan. Minyak esensial dipercaya bisa mengurangi sakit akibat nyeri haid.

Penutup

Itulah obat dari bahan alami serta cara yang bisa teman-teman lakukan untuk meredakan nyeri haid. Namun perlu diketahui, jika nyeri haid berlebih sampai terasa tidak bisa tahan lagi, maka teman-teman bisa segera konsultasi pada dokter. Agar bisa ditangani dan mendapatkan obat yang tepat.


Sumber referensi :

  1. https://health.kompas.com/read/2021/05/07/080200768/5-obat-nyeri-haid-alami?page=all
  2. https://health.kompas.com/read/2020/10/04/150200068/9-cara-menghilangkan-nyeri-haid-secara-alami-dan-dengan-bantuan-obat?page=all
  3. https://www.halodoc.com/artikel/4-hal-yang-terjadi-selama-siklus-menstruasi

 

Next Post Previous Post
1 Comments
  • duniamasak
    duniamasak 13 September 2021 09.25

    betul, biasanya aku minum jamu jahe dan kunyit :D jadi lebih enakan perutnya

Add Comment
comment url