Langkah Menemukan Passion Yang Perlu Kamu Pelajari

cara menemukan passion

Cara menemukan passion - Arti passion bagi setiap orang berbeda-beda. Namun bagi ku, passion adalah kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan terus menerus, yang bikin otak pusing, menguras tenaga untuk terus belajar dan uniknya walaupun pusing juga lelah, tapi tetap dikerjakan sampai rasa penasaran didalam otak sedikit terobati.

Itulah arti passion menurut ku.

Menurut mu bagaimana?

Dan omong-omong tentang passion, masih banyak orang yang jika ditanya passion nya apa jawabannya tidak tau. Sebagian orang juga pasti ada yang menganggap bahwa passion itu tidak penting.

Tidak apa-apa, sebab saya ingin menulis dengan persepsi diri sendiri, sehingga jika ada yang salah atau keberatan bisa menuliskannya di kolom komentar.

Oke, balik lagi mengenai passion, sebenarnya passion itu tidak sesederhana seperti arti passion diatas, apalagi jika mengenai cara menemukan passion, itu akan lebih ribet dan semakin bikin pusing.

Tapi disitulah titik uniknya sebuah passion, seperti tantangan yang perlu ditaklukkan. Tantangan yang selalu membuat penasaran akan hasilnya. Serta tantangan yang menjamin keberhasilan jika tidak berputus asa.

Jadi, untuk kamu yang belum tau passion nya apa, langkah-langkah berikut ini akan membantu mu menemukan passion. Nah maka dari itu ayo baca artikel ini sampai selesai.

Langkah / cara menemukan passion

1. Hobi bisa jadi passion atau aktivitas yang sedang kamu kerjakan bisa jadi passion

Langkah pertama untuk menemukan passion adalah melihat pada aktivitas yang sedang dikerjakan. Sebab kegiatan atau aktivitas yang kamu anggap hobi bisa jadi itulah passion mu yang sebenarnya.

Dan untuk tau apakah itu benar passion, bukan hanya sekedar hobi, kamu perlu bertanya pada diri sendiri, apakah pernah ada pikiran mendatangkan penghasilan dari hobi, atau apakah ada ambisi untuk mendapatkan penghasilan dari hobi.

Karena tujuan akhir dari passion adalah hasil yang akan didapatkan, bukan hanya rasa senang melainkan bisa berpenghasilan juga. Jadi, jika kamu memiliki hobi dan bertekad mendapatkan penghasilan dari hobi tersebut, itulah passion mu.

2. Mencoba banyak hal

Untuk teman-teman yang merasa belum tau apa passion nya, merasa tidak punya hobi yang bisa mendatangkan penghasilan, maka perlu untuk berusaha lebih keras dan mencoba banyak hal yang sekiranya disukai.

Tidak ada kegiatan yang disukai? Sukanya rebahan saja?

Coba introspeksi dan tanyakan pada diri sendiri, apa cita-cita mu? apa keinginan mu? apa tujuan mu?

Bisa jadi pertanyaan-pertanyaan itu akan membuat stres, bingung dan akan merasakan kena mental yang sesungguhnya. Tetapi itu kan memang jalannya. Jalan mu menuju sukses mu.

Jadi cobalah banyak hal yang sekiranya kamu mampu dan merasa ingin belajar. Sebab masih banyak waktu untuk menemukan passion bagi kamu yang sedang berusaha mencari passion.

3. Rasakan ambisi yang menyertai

Perbedaan hobi dan passion terletak pada ambisi dan hasilnya. Dimana hobi hanya sekedar untuk menghilangkan penat dan mendapatkan semangat baru dan kebahagian. Berbeda dengan passion yang merupakan kombinasi antara hobi ditambah ambisi berpenghasilan yang menyertai.

Ambisi inilah yang perlu kamu kenali dengan baik.

Passion itu bukan ambisi untuk mendapatkan pengakuan orang banyak atau ambisi balas dendam atas kesedihan yang kamu rasakan. Tetapi passion adalah ambisi untuk sukses dimana dalam prosesnya kamu merasakan bahagia, semangat menggebu walau rintangan dan cobaan banyak menghadang.

Itulah passion yang sesungguhnya.

4. Jika merasa sulit, bisa meminta bantuan kepada orang yang mengenal mu dengan baik

Tidak bisa dipungkiri jika terkadang kita merasa sulit untuk mengenali diri sendiri. Oleh sebab itu untuk membantu mu menemukan passion, kamu bisa menanyakannya pada orang-orang yang mengenal mu dengan baik.

Bisa menanyakan mengenai kelebihan dan kekurangan mu untuk introspeksi diri. Atau bisa menanyakan kemampuan atau skill yang menurut mereka paling unggul yang kamu miliki. Atau juga bisa berdiskusi dan saling memberikan solusi yang membangun.

5. Jangan menyerah

Perjalanan untuk menemukan passion memang sulit, maka dari itu jangan menyerah. Fokus saja pada pembelajaran dan prosesnya. Jangan berfokus pada 'bagaimana mencari passion'. Sebab mencari passion itu perlu praktek bukan hanya dipikirkan saja. Dan seperti poin nomor dua, cobalah banyak hal yang sekiranya kamu mampu dan ingin mempelajarinya.

Penutup

Setelah tau passion nya apa, terus harus bagaimana? Pastinya harus gas sampai hasil yang kamu inginkan tercapai.

Bagi ku passion itu sangat penting, bisa dijadikan untuk tolak ukur dan mengenali potensi diri sendiri. Selain itu juga bisa dijadikan tujuan, rencana karir masa depan serta impian yang ingin diwujudkan.

Untuk teman-teman yang sedang berjuang untuk menemukan hal yang disukai, ayo semangat dan jangan menyerah ya!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url