Hobi Apa Saja Yang Bisa Menjadi Ladang Penghasilan di Era Digital?

Hobi yang menghasilkan uang

Hobi merupakan aktivitas yang di jalankan dengan rasa senang. Bukan hobi rebahan atau scrolling sosial media ya, namun lebih ke arah positif, contohnya hobi fotografi, bermain futsal dan lain-lainnya. Nah, taukah teman-teman dengan pepatah yang mengatakan bahwa pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Pasti tau dong ya, secara kutipan itu begitu populer terutama di komunitas anak muda.

Apalagi saat ini, dimana generasi Z dan generasi Millenial mendominasi. Terutama untuk generasi Z yang lebih mengutamakan kenyamanan dan kebahagiaan dalam bekerja, sehingga kutipan tersebut begitu berpengaruh kepada mereka.

Ya, hobi dibayar, siapa yang tidak menginginkan itu? Pastinya kebanyakan orang akan berkeinginan untuk mendapatkan penghasilan dari hobi. Dan apalagi era sekarang begitu memudahkan kita berpenghasilan dari hobi.

Dengan melek teknologi, kita bisa mengasah skill dengan mempelajari pengalaman yang dibagikan orang lain secara gratis. Dengan melek teknologi pula kita bisa menjangkau lebih banyak pasar dan secara otomatis memperluas peluang.

Inilah era digital, bagaimanapun kita harus memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan terutama dari hobi atau aktivitas yang kita senangi.

Lalu, kira-kira hobi apa sih yang memiliki jauh lebih besar peluang di era digital ini? Untuk mengetahuinya, mari simak artikel ini.

Hobi Yang Bisa Menghasilkan Uang di Era Digital

1. Fotografi

Pekerjaan fotografi sudah tidak asing saat ini. Terlebih dengan melejitnya penggunaan sosial media. Foto yang astetik sudah menjamur di beranda sosmed. Namun jangan salah, peluang teman-teman yang menyukai dunia fotografi masih luas. Terbukti dengan pekerjaan yang menyangkut fotografi saat ini. Ada wedding photographer, Fotografer fashion dan lain-lainnya. Jika teman-teman memang menyukai dunia fotografi bisa menjual hasil foto di website atau aplikasi berbayar. Atau bisa memperjual belikan alat-alat yang menyangkut fotografi secara online.

2. Membuat Konten

Di era sekarang pekerjaan konten kreator tentu sudah tidak asing di telinga kita. Lagi pula pekerjaan yang belum lama eksis ini sudah menarik minat jutaan anak muda di Indonesia. Ya, menjadi konten kreator atau pembuat konten telah menjadi cita-cita kebanyakan anak-anak jaman sekarang. Tidak salah juga sih karena gaji yang akan di dapatkan juga jauh lebih besar. Dan lagi pula pekerjaan konten kreator terdengar menyenangkan yaitu sesuai hobi. Ibaratkan jika teman-teman menjadi konten kreator bisa mendapatkan penghasilan besar ditambah dengan di kenal banyak orang. Seperti menjadi konten kreator di youtube, tiktok serta media sosial lainnya.

3. Menulis

Penulis sudah menjadi pekerjaan yang sangat lama yang pernah dilakukan orang. Dulu mungkin beberapa diantaranya memiliki tujuan menulis untuk menuliskan kehidupan mereka ataupun suatu peristiwa yang kini menjadi sejarah. Namun saat ini pekerjaan penulis tidak ada batasnya. Banyak sekali jenis pekerjaan di bidang tulis menulis seperti copywriter, translator, penulis naskah ataupun novelis online. Sudah banyak aplikasi tulis menulis yang bisa teman-teman gunakan untuk memublikasikan karya.

4. Bermain Game

Game memiliki sisi positif dan negatifnya. Namun jika teman-teman bisa melihat sisi positif dari hobi bermain game pasti akan melihat peluang besar mendapatkan pundi-pundi uang dari bermain game. Ya, gamers adalah pekerjaan yang populer akhir-akhir ini. Apalagi pemerintah juga sudah memfasilitasi bagi gamers-gamers berbakat untuk menjadi atlet yang mengharumkan negara. Terdapat turnamen hingga ajang dunia yang di gelar dengan hadiah yang fantastis. Bahkan jika teman-teman belum bisa menjadi atlet esports juga bisa membuka channel youtube sendiri dan dari situlah penghasilan akan berdatangan.

5. Desain dan Ilustrasi

Desainer atau ilustrator sedang dibutuhkan di era saat ini. Bukan hanya membuat spanduk atau banner saja, skill desain dan ilustrator juga sudah lebih berkembang pesat. Misal jika teman-teman memiliki hobi membuat ilustrasi bisa dimanfaatkan untuk membuat ilustrasi komik atau karakter, lalu hasilnya bisa di publish di wabsite atau aplikasi online. Sedangkan hobi desain, teman-teman bisa menjadi desainer grafis atau jika ahli di salah satu perangkat desain bisa dimanfaatkan lebih profesional.

6. Memasak atau Membuat Makanan

Orang yang bisa masak dan bisa berpenghasilan besar bukan hanya koki. Siapapun saat ini yang menyukai dunia masak-memasak bisa mendapatkan uang yang melimpah. Bisa dengan bermitra di salah satu aplikasi online, menjual belikan hasil masakan yang dibuat secara online. Atau jika teman-teman memiliki skill tambahan seperti percaya diri di depan kamera bisa dimanfaatkan untuk sharing memasak dalam bentuk video, tulisan ataupun gambar, yang kemudian di unggah ke beberapa media sosial.

7. Programming

Programmer terdengar keren di era sekarang. Pekerjaan ini sangat dibutuhkan, terbukti dengan banyaknya startup bermunculan. Ya, jika teman-teman memiliki hobi programming bisa memerjual belikan skill tersebut. Misalnya dengan membuka jasa, membuat sendiri program yang diinginkan, atau bekerja di kantor startup, pasti akan sangat menyenangkan bisa bekerja sesuai dengan hobi kan.

8. Musik

Bagi teman-teman yang memiliki hobi bermusik pasti tau bagaimana berkembang pesatnya dunia permusikan saat ini. Bukan hanya di Indonesia bahkan di belahan dunia lain bisa mendengar karya musik yang teman-teman buat. Ya, saat ini banyak sekali wadah yang memfasilitasi musisi untuk lebih mendunia. Bahkan tidak harus bergabung dengan lebel atau agensi tertentu, secara indie pun bisa menghasilkan karya yang tenar. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan menggabungkan skill teman-teman dalam bermusik dan juga teknologi yang berkembang.

9. Fashion

Orang yang menyukai fashion bukan hanya model atau orang-orang yang bersangkutan dengan mode, busana atau fesyen itu sendiri. Orang umum pun bisa bereksperimen dengan gayanya sendiri melalui busana yang digunakan ataupun yang dibuat. Lalu bisa langsung memublikasikan di sosial media. Pasti jika banyak yang suka dengan gaya tersebut pengikut akan berdatangan dengan silih berganti. Nah pada saat itu lah pundi-pundi penghasilan akan teman-teman dapatkan. Bisa dari endorsement, tawaran jadi pembicara atau kerjasama untuk memasarkan suatu produk fashion.

10. Makeup

Bukan hanya tentang makanan dan busana saja yang bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan. Orang yang hobi makeup pun bisa menjadikannya ladang untuk meraup pundi-pundi penghasilan. Saat ini banyak sekali mua mua bermunculan di sosial media dengan pengikut jutaan hingga puluhan juta. Mereka memamerkan skill hobi makeup mereka dan memublikasikannya hingga menjadi viral. Teman-teman yang hobi merias wajah bisa mencoba memamerkan skill di sosial media yang bisa dijadikan untuk personal branding guna menarik klien atau calon pelanggan nantinya.

Penutup

Sebenarnya masih banyak lagi hobi yang bisa menghasilkan. Tetapi jika dituliskan pasti akan sangat panjang. Saya katakan hobi apapun teman-teman pasti bisa menghasilkan jika ada niat untuk mendapatkan penghasilan dari hobi. Kuncinya tentu konsisten dan yang paling penting bisa memanfaatkan teknologi yang ada. Jadi .... ayo jangan menyerah untuk bisa bekerja sesuai hobi.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url