Cara Mendapatkan Dollar Dari Hobi Menulis

cara menulis

Mendapat bayaran dari hobi yang dimiliki tentu menjadi cita-cita yang menyenangkan. Selain dapat menimbulkan rasa senang dengan menuntaskan hobi yang dimiliki, akan tetapi juga bisa mengantongi pundi-pundi uang dalam tabungan. Jadi hanya dari hobi yang bermanfaat saja bisa membantu finansial keseharian.

Teman-teman memiliki hobi apa?

Sudah banyak orang terbukti telah berhasil dengan memanfaatkan hobinya dengan maksimal. Seperti halnya seorang anak muda yang bernama Erika Richardo. Mungkin ada beberapa yang tidak mengenalnya. Namun Erika si pelukis Tik Tok ini sudah menunjukkan bahwa dari hobi lah cuan bisa berdatangan.

Dan bukan hanya Erika saja, dalam dunia tulis menulis seperti Raditya Dika juga mengawali kesuksesannya dari hobi menulisnya.

Untuk itu teman-teman yang memiliki hobi menulis bisa sesukses Raditya Dika jika memanfaatkannya dengan baik.

Apalagi di dunia digital seperti saat ini bukan hal yang sulit mendapatkan peluang untuk sukses menjadi penulis. Wadah yang diperlukan agar skill berkembang pun sudah banyak. Di google play store terdapat puluhan platform yang bisa kalian pilih untuk memasarkan hasil tulisan. Jadi tulisan kalian bukan hanya dipasarkan secara fisik, namun online pun bisa, dengan jangkauan yang lebih luas.

Dan bukan hanya bisa mendapatkan uang rupiah saja, bahkan teman-teman pun bisa mendapatkan dollar dari tulisan. Lalu yang menjadi pertanyaan, bagaimana caranya memanfaatkan hobi menulis agar berpenghasilan dollar. Maka berikut ini ada beberapa cara yang bisa teman-teman lakukan, yaitu diantaranya :

1. Untuk Bisa Berpenghasilan Dari Menulis Harus Punya Skill Yang Lebih Mumpuni

Bukan maksudnya profesional dan sudah berpengalaman. Namun lebih kearah kemampuan yang dimiliki. Jika sadar bahwa kemampuan berkosa kata belum cukup, maka berlatih lagi. Jika sadar bahwa tulisan masih acak dalam penggabungan kata-katanya maka berlatih lagi. Bisa sukses menjadi penulis adalah dengan memiliki jam terbang yang tinggi. Yang artinya adalah berlatih dan terus berlatih. Teman-teman yang masih pemula dalam menulis bisa memanfaatkan platform gratis dan mempublikasikannya untuk melihat respon pembaca. Lalu jika merasa sudah baik, bisa langsung bergabung ke platform yang membayar hasil tulisan kita.

2. Bisa Berbahasa Inggris Lebih Baik, Namun Jika Tidak, Bukan Menjadi Penghalang Untuk Mendapatkan Dollar Dari Tulisan

Memiliki kemampuan berbahasa Inggris bisa termasuk kunci seorang penulis untuk mendapatkan dollar. Misalkan seorang blogger dengan tulisan artikelnya ingin bisa berpenghasilan dollar, yaitu dengan cara menggaet klien luar negeri. Maka dari itu kemampuan berbahasa Inggris diperlukan untuk berkomunikasi dengan klien.

Namun kemampuan berbahasa Inggris bukanlah kunci yang paling utama untuk seorang penulis bisa berpenghasilan dollar. Terutama untuk penulis cerita atau novel online. Terdapat platform luar negeri yang beroprasi di Indonesia. Jadi teman-teman bisa tetap berkarya dengan bahasa Indonesia dan mempublikasikannya di platform menulis yang membayar tersebut. Maka dollar bisa berdatangan.

3. Selalu Optimis, Selalu Ingin Belajar dan Selalu Berlatih

Kunci setiap orang bisa sukses adalah rasa optimis dan keyakinan yang selalu ada digenggamannya. Termasuk juga seorang penulis yang ingin berhasil memanfaatkan hobi menulisnya untuk mendatangkan penghasilan, maka harus ada optimis yang melingkupi.

Optimis atau kepercayaan bahwa esok hari akan lebih baik ternyata mampu membuat mental seorang penulis menjadi lebih baik lagi. Sebab yang kita tau bahwa menulis itu butuh kekreatifitasan yang tinggi untuk memunculkan gagasan atau ide. Jadi mental yang baik akan membantu proses menuju sukses lebih sedikit mudah.

Dan selain optimis tentu seorang penulis yang ingin berpenghasilan harus selalu teguh dalam belajar dan berlatih. Sebab sekali lagi, menjadi penulis yang baik membutuhkan proses dan jam terbang atau latihan yang tinggi. Jadi selalu tetap belajar dan berlatih agar bisa mendapatkan penghasilan yang semakin meningkat.

4. Memilih Platform Atau Media (Wadah) Penyalur

Ingin mendaparkan penghasilan dollar dari menulis berarti harus memilih platform luar negeri yang memang membayar dollar. Misalkan Goodnovel atau Dreame. Sedangkan ada pula platform yang membayar rupiah seperti KBM App atau Karyakarsa. Jadi sebenarnya banyak media yang bisa menjadi wadah penyalur hobi menulis kalian. Hanya teman-teman perlu riset tentang regulasi setiap platform supaya tidak salah langkah.


Nah itulah cara memanfaatkan hobi menulis agar bisa berpenghasilan. Yaitu pada intinya publikasikan tulisan ke sebuah platform yang membayar, atau jika kalian seorang blogger bisa bekerjasama dengan website pemberi job dari luar negeri.

Dan salah satu platform menulis yang terbukti membayar dollar adalah Goodnovel Indonesia.

Apa Itu Goodnovel?

hobi menulis

Goodnovel sendiri adalah sebuah aplikasi baca dan menulis cerita yang berbasis di Singapura. Pada tahun 2021 Goodnovel meraih prestasi yang berkesan yaitu menduduki peringkat ketiga yang paling banyak diunduh dan digunakan di dunia untuk kategori aplikasi novel online.

Dan berikut ini adalah keuntungan menjadi penulis Goodnovel.

Keuntungan Menjadi Penulis Goodnovel

  • Bagi hasil sama rata antara platform dan penulis yaitu 50%
  • Keunggulan yang tidak dimiliki platform lain yaitu sistem promosi yang sama rata dan gratis. Jika penulis mencapai jumlah 30 ribu kata maka secara otomatis akan mendapat slot iklan pada beranda aplikasi (tidak terkecuali).
  • Terdapat dua kontrak yaitu ekslusif dan non ekslusif.
  • Kontrak ekslusif adalah kontrak yang membuat penulis mendapatkan penghasilan ketika tanda tangan kontrak. Nilai penghasilan tersebut tergantung dengan novel yang terkontrak, namun biasanya berjumlah $75. Dan jika si penulis aktif update setiap harinya akan mendapatkan bonus keaktifan. Sistem bagi hasil 50%, namun akan mendapat bonus setelah novel tamat sesuai dengan kesepakatan jumlah kata.
  • Kontrak non ekslusif adalah kontrak yang tak begitu mengikat. Maksudnya adalah ketika novel terkontrak ekslusif maka novel tersebut tak bisa diposting di platform lainnya. Namun khusus novel yang terkontrak non ekslusif masih bisa di posting di platform lain. Untuk sistem bagi hasil dari koin bab terkunci sama yaitu 50%. Namun akan mendapatkan bonus tamat jika jumlah katanya sesuai kesepakatan.

Mungkin kalian masih ragu untuk bergabung menjadi penulis goodnovel Indonesia, jadi bisa tanya-tanya terlebih dahulu (klik) di sini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url