Makanan Untuk Mencegah Rambut Rontok Agar Terhindar Dari Kebotakan

mencegah rambut rontok

Masalah rambut rontok tak pernah mengenal usia dan jenis kelamin. Terkadang baik wanita maupun pria bisa mengalami rambut rontok di usia dua puluhan bahkan belasan tahun. Hal tersebut bisa disebabkan oleh faktor kesehatan atau gejala penyakit tertentu. Namun untuk korban rambut rontok pada usia dua puluhan tahun juga bisa disebabkan stres akan tuntutan kerja. Maka dari itu untuk menghindari kebotakan dini, ada beberapa perawatan yang harus dilakukan.

Dan salah satu perawatannya yaitu menjaga kebersihan rambut dengan melakukan keramas secara teratur. Bisa juga menggunakan vitamin rambut agar dapat menutrisi hingga ke akar rambut.

Akan tetapi mungkin dari kamu ada yang mengalami masalah sudah keramas dengan teratur, sudah melakukan perawatan di salon namun tetap saja rambut tetap rontok.

Oleh karena itu untuk mencegah rambut rontok ternyata tidak hanya dengan melakukan perawatan dari luar saja, namun melakukan perawatan dari dalam dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan juga penting untuk dilakukan. Sebab dengan mengonsumsi beberapa makanan tertentu kamu bisa menjaga rambut agar tetap kuat dan terhindar dari masalah kerontokan yang memicu terjadinya kebotakan.

Nah, penasaran kan kira-kira apa saja makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi masalah rambut rontok? Dan berikut ini adalah jenis makanan yang bisa mencegah kerontokan pada rambut.

5 Rekomendasi Makanan untuk Mencegah Rambut Rontok Secara Efektif

Untuk mengatasi permasalahan rambut rontok yang semakin hari semakin parah, maka kamu bisa melakukan perawatan rambut yang tepat. Salah satunya yaitu dengan cara mengonsumsi beberapa makanan yang dapat membantu mencegah terjadinya masalah rambut rontok. Dan beberapa daftar makanan pencegah rambut rontok yang bisa kamu konsumsi, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Bayam

Daftar makanan pertama yang bisa kamu konsumsi untuk mencegah terjadinya masalah rambut rontok, yaitu dengan mengonsumsi bayam. Dikatakan disini, bahwa bayam merupakan salah satu jenis sayur-sayuran yang memiliki kandungan zat besi, vitamin A & C serta terdapat kandungan protein tinggi yang baik untuk membantu proses pertumbuhan rambut. Tidak hanya kaya akan zat besi, bayam juga memiliki kandungan sebum alami yang bisa digunakan sebagai kondisioner alami untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rambut.

2. Kacang Kenari

Kacang kenari, menjadi daftar makanan pencegah masalah rambut rontok yang juga bisa kamu konsumsi berikutnya. Di dalam kacang kenari ini, terdapat beberapa kandungan nutrisi di antaranya yakni seperti biotin, vitamin B1, B6 & B9, vitamin E, protein dan juga zat magnesium. Dari sejumlah kandungan nutrisi yang terdapat dalam kacang kenari tersebut, diklaim dapat membantu memperkuat kutikula rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala secara efektif.

3. Lentil / Kacang-kacangan

Tahukah kamu, bahwa lentil / kacang-kacangan ternyata juga bisa membantu mencegah terjadinya masalah kerontokan rambut lantaran memiliki kandungan nutrisi seperti protein, zat besi, seng dan biotin. Selain itu, terdapat juga kandungan asam folat yang berguna dalam memperbaiki sel darah merah agar pasokan oksigen ke kulit kepala dan rambut berjalan lancar. Dengan mengonsumsi lentil / kacang-kacangan ini, maka kamu akan memperoleh banyak manfaat seperti menyehatkan rambut, menguatkan rambut dan menghindarkan rambut dari berbagai masalah kerusakan.

4. Biji Rami

Tidak banyak orang yang tahu, bahwa biji rami yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi, ternyata bisa digunakan untuk membantu mengatasi permasalahan masalah kerontokan rambut. Kandungan asam lemak pada biji rami ini, nantinya akan membantu menutrisi folikel rambut agar lebih gampang mencapai akar rambut dan sel-sel kulit kepala. Di samping itu, penggunaan biji rami juga bisa membantu meningkatkan elastisitas rambut dan mencegah terjadinya kerusakan pada rambut.

5. Wortel

Wortel bukan hanya baik untuk membantu kesehatan mata, akan tetapi juga memiliki manfaat lain untuk menjaga kesehatan rambut agar terhindar dari masalah kerontokan. Memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, menjadikan wortel dapat berperan sebagai kondisioner alami dalam mencegah terjadinya permasalahan kerusakan rambut. Oleh karena itulah, kamu bisa mengonsumsi wortel sebagai salah satu cara dalam mencegah masalah kerontokan rambut.


Dan memang hampir sebagian besar orang umumnya sering kali mengalami masalah rambut rontok yang dinilai sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Masalah rambut rontok ini, biasanya sering kali ditandai dengan kehilangan sekitar 50-100 helai rambut dari kulit kepala setiap harinya. Adapun faktor penyebabnya sendiri, bisa dikarenakan faktor genetik / keturunan sampai dengan kesalahan dalam melakukan perawatan rambut sehari-hari.

Namun untuk mengurangi kerontokan pada rambut, kamu bisa mengonsumsi kelima jenis makanan di atas. Dan pastinya dengan mengonsumsi makanan di atas kamu juga dapat mendapatkan manfaat lainnya yang tentunya membuat tubuh makin sehat. Jadi, bukan hanya rambut yang semakin kuat dan sehat, anggota tubuh lain pun juga bisa semakin sehat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url