5 Tips Penting Agar Cerita Di Goodnovel Banyak Yang Baca

Setiap penulis entah penulis artikel, buku ataupun novel tentunya memiliki harapan yang sama yaitu menginginkan banyak orang yang membaca hasil tulisannya. Oleh karena itu banyak yang baca adalah tujuan tak tersirat seorang penulis dalam berkarya.

Nah, apasih Goodnovel? Sebelumnya saya pernah sharing tentang pengalaman menulis di Goodnovel di bayar dollar. Jadi Goodnovel adalah aplikasi atau platform baca/tulis online yang berpusat di Singapura. Seperti Wattpad, namun di aplikasi Goodnovel tak ada tulisan yang gratis untuk dinikmati melainkan berbayar jika ingin membaca novel hingga lengkap.

Dan dari gembok bab itulah, seorang penulis mendapatkan royaltinya.

Namun yang harus kamu tau, persaingan di Goodnovel itu cukup merata. Alhasil peluang cerita yang kamu publishkan bisa masuk ke trending itu cukup besar. Karena mayoritas pembaca di Goodnovel bukan melihat karya dari penulis A atau B. Yang sudah terkenal atau belum. Bahkan jika karya mu menarik bagi mereka entah kamu penulis pemula ataupun bukan, kebanyakan mereka tak peduli. Selagi karya yang cukup menarik bagi mereka, cerita mu akan tetap ramai.

Nah, jadi ada 5 tips penting yang akan saya bagikan supaya cerita mu di Goodnovel banyak pembacanya. Tips yang mungkin terlihat sepele namun ampuh. Dan berikut adalah tips penting agar cerita di Goodnovel banyak yang baca.

1. Lakukan Riset adalah Kunci Utama

Riset atau pengamatan adalah kunci utama yang harus kamu lakukan. Sebab terkadang di aplikasi satu dengan lainnya cerita-cerita yang menjadi fovorit itu berbeda-beda. Contohnya di aplikasi A itu genre favoritnya bertema remaja, sedangkan di aplikasi B cerita yang sering masuk trending dan mayoritas bertema permasalahan rumah tangga. Atau di aplikasi C pembaca suka sekali dengan cerita-cerita horor.

Jadi dengan pengamatan itu kamu pun bisa menerka-nerka apa yang bisa ditulis dengan genre favorit itu lalu bisa mengkombinasikan dengan gaya bercerita mu.

2.  Buat Judul dan Cover yang Menarik

Ada pribahasa don't judge a book by the cover. Memang benar untuk jangan menilai dari cover luarnya saja. Akan tetapi seperti pandangan mata setiap manusia yang hidup di dunia ini, bahwa penampilan merupakan sesuatu yang pertama kali di lihat. Jadi untuk menarik pembaca pertama kali itulah dengan judul dan cover.

Kamu bisa membuat judul dan juga cover yang menarik dari hasil pengamatan mu tentang genre favorit yang akan kamu tulis. Untuk cover kamu bisa membuatnya sendiri dengan bantuan aplikasi canva, atau jika merasa tak memiliki kemampuan membuat cover bisa langsung diserahkan ke ahlinya. Banyak kok jasa cover yang murah yang bisa kamu gunakan.

3. Isi Cerita Menjadi Ketentuan Akhir dari Ketertarikan Pembaca

Judul menarik, cover menarik jika isinya tak menarik ya sama saja. Bagaimana menentukan isi yang menarik dan kurang menariknya? Karena awalnya kamu sudah bertujuan membuat cerita agar banyak dibaca. Jadi penentuan genre itu penting dalam pembuatan isi cerita. Genre favorit bisa menjadi batu loncatan mendapatkan peluang pembaca lebih banyak.

4. Update Bab Lebih Sering untuk Menyenangkan Pembaca

Jika kita di posisi pembaca, pastinya kita akan sangat senang jika cerita favorit yang kita ikuti setiap hari ada penambahan bab baru. Maka dari itu untuk mendapatkan pembaca yang banyak, update bab juga termasuk penting.

Sepengalaman saya ketika cerita saya masih berstatus on going di Goodnovel, banyak komentar yang muncul agar saya update tiap hari. Karena memang saya update nya jarang dan beberapa kali jeda lama. Lalu setelah saya menyelesaikan naskah saya, pembaca semakin bertambah dengan cepat. Artinya update bab lebih sering itu menjadi penting untuk menarik minat pembaca supaya terus menjadi pelanggan tetap (istilahnya).

5. Lakukan Promosi

Sebenarnya di Goodnovel tanpa kita promosi pun pihak aplikasi sudah mempromosikan cerita kita dengan syarat jumlah kata yang sudah ditentukan. Namun bukan berarti kamu tak perlu melakukan promosi ya. Karena bagaimana pun orang berkarya pasti akan mengenalkan karyanya ke khalayak. Jadi kamu bisa sesekali promosi di media sosial. Dan bagusnya lagi apabila melakukan promosi berbayar, jadi kamu bisa menjaring pembaca yang lebih banyak.


Itulah tips penting yang terlihat remeh namun memang manjur. Intinya agar cerita mu di Goodnovel banyak yang baca, sebenarnya terletak pada riset atau pengamatan. Kamu harus jeli mengamati genre favorit, trend cerita dan juga minat mayoritas pembaca. Dengan itu pasti cerita mu akan memiliki peluang besar untuk dibaca banyak pengguna. Dan tentunya dengan kelihaian mu merangkai kata, agar semakin membius pembaca supaya tetap betah menjadi pelanggan tetap.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url