Langkah Awal Menjadi Seorang Blogger, Dan Yang Perlu Disiapkan Untuk Membuat Blog

Menjadi Blogger

Untuk yang memiliki keinginan menjadi blogger, pertama-tama tentu harus memiliki akun blog. Namun omong-omong tentang blogger, profesi ini nggak ketinggalan jaman banget kok. Mungkin dari sebagian orang menganggap jaman sekarang apa-apa sudah canggih, sudah pakai AI (Artificial Intelligence), website portal berita pun banyak. Malah sudah memasuki jamannya visual video, jadi akhirnya cukup kepikiran dan bertanya-tanya apa profesi blogger masih bisa mendatangkan uang?

Sebenarnya soal blogger yang bisa mendatangkan uang, perjuangan untuk mencapai itu bisa berlipat ganda. Terutama teori wawasan mengenai algoritma google dan cara-cara lainnya yang harus dipelajari dan dipraktekkan lebih sering. Jadi dengan hal itu kita bisa meraup uang dari iklan adsense. Sudah banyak kisah para blogger yang sukses dari iklan adsense.

Namun bagi kamu yang merasa ingin membuat blog sebagai personal branding atau mungkin untuk mewadahi hobi menulis lebih dulu ya tetap bisa menghasilkan uang, namun agak nantian karena prosesnya nggak cepat.

Jadi, intinya masih mau buat blog?

Yang jelas apapun tujuan kamu membuat blog, pada intinya ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan di awal. Dan berikut ini adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk membuat blog di awal.

Langkah Awal Menjadi Seorang Blogger

1. Membuat Akun Blog

Seperti yang saya jelaskan di awal paragraf, yaitu pertama-tama harus memiliki akun blog. Langkah membuat akun blog pun cukup mudah. Kamu bisa mendaftarkan akun blog hanya dengan akun gmail saja. Untuk tutorial ini saya menggunakan media blogspot/blogger.com. Karena bagi saya pakai blogspot cukup mudah dibanding wordpress. Bahkan blog ini pun memakai media blogspot.

Jadi langkah pertama membuat akun blog yaitu :

buat akun blog

  • Buka link https://www.blogger.com/about/?hl=id atau cari di kolom pencarian google dengan kata kunci 'blogger'
  • Lalu klik website pertama yang muncul kemudian tinggal klik 'Buat Blog Anda'
  • Selanjutnya isikan akun gmail atau masuk dengan akun gmail. Maka akun blog kamu sudah jadi, namun belum dengan halaman blognya.

2. Buat Halaman Blog

Untuk langkah selanjutnya, langsung saja buat halaman blog. Langkah ini juga masih tergolong mudah yaitu :

Buat blog

  • Cukup klik 'Buat Blog' di pojok kiri atas di bawah logo blogspot, setelah itu isi judul blog yang ingin kamu buat.
  • Kemudian klik tombol berikutnya dan langsung isi url blog tanpa spasi. Dan jika muncul tulisan 'Maaf, alamat blog ini tidak tersedia' berarti alamat atau url tersebut sudah ada yang menggunakan. Jadi teman-teman perlu mengisi url yang akan menjadi alamat blog secara unik.
  • Dan setelah itu, langkah selanjutnya klik simpan. Kemudian akan teralihkan secara otomatis masuk ke halaman dashboard blog yang terdapat menu postingan, statistik, komentar dan lain-lain.

3. Setting Tema atau Template Biar Lebih User Friendly

Sudah membuat akun blog dan halaman blog berarti blog sudah jadi. Namun namanya tampilan dimanapun itu sangat penting, begitu pula dengan tampilan blog. Selain mempengaruhi kesan user ketika berkunjung ke halaman blog, juga akan mempengaruhi halaman website di mata google. Jadi kamu perlu template yang user friendly, bisa menggunakan template gratisan atau premium, hanya saja jangan pakai template default blogspot.

Untuk Diyanti Blog ini saya menggunakan template JeTheme yang gratisan. Teman-teman bisa lebih dulu cari referensi template blogger di internet kemudian download file nya. Dan berikut ini adalah langkah setting template di blogger.

Setting template blog

  • Langkah pertama pada halaman dashboard terdapat menu Tema, klik untuk mensetting template.
  • Selanjutnya klik tanda panah di tombol 'Sesuaikan'
  • Klik Pulihkan lalu Upload
  • Tema atau template sudah berhasil terpasang. Apabila ingin melihat tampilan blog yang sudah di buat tadi klik saja 'Lihat Blog' di paling bawah dashboard blog.

Namun tema yang terpasang tersebut jelas masih default dan butuh di setting sesuai dengan fitur blog kita sendiri. Untuk setting template ini bisa dibilang lumayan ribet, sebab kita diharuskan masuk ke tampilan html dengan kode-kode yang lumayan rumit. Tapi ada juga template yang settingannya hanya di tata letak, tergantung developer template masing-masing.

4. Buat Halaman Penting Seperti, Disclaimer, Term Of Conditions, Privacy Policy, Contact Us, Tentang dan Sitemap

Halaman-halaman tersebut tentunya sangat penting kegunaannya ketika blog ingin kita daftarkan ke google adsense. Namun meski tak ada niatan mendaftarkan ke google adsense sekalipun, baiknya memang tetap dibuat karena halaman-halaman tersebut berfungsi sebagai informasi dan bentuk transparansi kita kepada pengunjung blog.

Untuk membuat halaman Disclaimer, Term Of Conditions dan Privacy Policy bisa menggunakan generator otomatis seperti https://www.privacypolicyonline.com/ kemudian setelah jadi tinggal copy paste ke halaman yang kita buat.

Untuk membuat halaman di blog bisa mengikuti tutorial berikut :

Buat halaman

  • Buka dashboard blog kemudian klik menu 'Halaman'
  • Buat halaman satu persatu dengan klik 'Halaman Baru'

Dan untuk membuat halaman Tentang / About Us bisa kita karang sendiri yang pada intinya menjelaskan mengenai informasi seputar blog maupun pemilik blog. Sedangkan untuk halaman Sitemap teman-teman bisa searching script sitemap di google. Begitu pula dengan halaman Contact Us.

Fungsi dari Sitemap atau peta situs itu sendiri yaitu agar memudahkan search engine seperti google, bing, yandex dan lainnya mengindex atau menemukan URL yang ada di blog kita.

Penutup

Sebenarnya kalau membahas mengenai hal-hal yang perlu disiapkan untuk membuat blog, tentu aslinya masih banyak yang perlu disiapkan. Namun untuk langkah awal menjadi seorang blogger, keempat langkah-langkah di atas sudah lebih dari cukup. Dan untuk kelengkapan lainnya bisa menyusul kemudian seiring wawasan kita mengenai blog bertambah. Sebab kalau dipaksakan untuk sekali jadi, tentu kamu akan pusing sendiri, kecuali jika meggunakan jasa pembuat blog. Jadi kamu hanya tinggal fokus posting artikel saja.

Dan oleh karena itu apabila ingin bertanya-tanya tentang seputar blog bisa hubungi disini ( Telegram | Instagram ). Kita bisa diskusi atau sharing seputar blog atau ingin dibuatkan blog dengan kesepakatan berbayar diantara kedua belah pihak bisa banget. Yang terpenting tanya saja dulu, saya akan menjawab sepemahaman saya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url