Mata Jadi Kering Akibat Kerjaan Menumpuk, Gejala dan Solusinya

gejala dan solusinya mata kering

Bekerja adalah rutinitas bagi sebagian orang yang wajib untuk dilakukan. Tanpa kenal lelah, bahkan juga tanpa kenal waktu. Oleh sebab itu terkadang ada saja rasa sakit yang harus dihadapi. Misalkan tubuh yang menjadi pegal-pegal, rasa pusing yang mendera di kepala, hingga mata jadi kering dan perih.

Saya sendiri kerap mengalami permasalahan di area mata akibat rutinitas bekerja. Sebab dalam aktivitas pekerjaan, saya lebih sering berinteraksi dengan layar laptop alih-alih berinteraksi dengan orang lain. Jadi mata kering hingga mata terasa pegal dan lelah sering saya rasakan.

Namun seperti rasa sakit pada umumnya. Meski sakitnya tidak sebegitu parah, apabila dibiarkan dan diabaikan begitu saja bisa saja menimbulkan penyakit yang jadi parah. Karena ternyata mata kering atau dry eye syndrome ini kalau tidak ditangani dengan segera bisa menimbulkan efek yang merugikan.

Apakah Mata Kering Berbahaya?

dry eyes

Mata kering atau biasa dikenal sebagai dry eye syndrome di dunia medis, merupakan kondisi mata ketika permukaan kornea mengalami kekeringan akibat air mata yang tidak dapat melumasi mata dengan baik. Padahal air mata sendiri merupakan komponen yang sangat penting untuk mencegah adanya infeksi atau gangguan pada mata.

Dan menurut DR Dr. Tri Rahayu, SpM(K), FIACLE, selaku Dokter Spesialis Mata dan Ketua Contact Lens Service JEC Hospitals and Clinics, yang dikutip dari jec.co.id menyebutkan bahwa mata kering yang tidak ditangani dengan baik bisa menyebabkan penurunan kualitas hidup, karena penderitanya bisa jadi tidak dapat beraktifitas dengan optimal. Bahkan apabila dibiarkan saja bisa menyebabkan peradangan hingga infeksi.

Gejala Mata Kering dan Cara Mengatasinya

Gejala Mata Kering

Umumnya gejala mata kering yang dialami penderita cukup bervariasi, mulai dari ringan hingga berat. Dan berikut ini adalah beberapa gejala mata kering yang kerap dialami penderitanya :

  • Mata memerah dan terasa panas.
  • Terasa ada yang mengganjal dimata.
  • Lebih sensitif dengan cahaya.
  • Penglihatan jadi buram dan membaik ketika berkedip.
  • Lendir muncul di dalam atau area sekitar mata, terutama ketika bangun tidur.
  • Mata mudah lelah.

Mengatasi Mata Kering Secara Alami

Gejala mata kering bisa diatasi secara alami, agar tidak menimbulkan efek jangka yang lebih panjang. Misalkan dengan cara mengompres pakai air hangat. Manfaat dari mengompres mata dengan air hangat sendiri dapat membantu membersihkan kelenjar minyak yang tersumbat.

Kamu juga bisa mengonsumsi lebih banyak makanan yang kaya akan vitamin A, serta mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 untuk menjaga kesehatan mata.

Penyebab Mata Kering dan Solusinya

gambar mata kering

Apa Penyebab Mata Kering?

Mata kering bisa disebabkan karena aktivitas harian pekerjaan. Seperti sering menatap layar laptop, gadget atau seringnya beraktivitas harian di luar. Sebab paparan debu, sinar matahari, layar laptop bisa menjadi sumbangsih penyebab mata kering.

Namun secara medisnya ada beberapa kondisi yang menyebabkan sindrom mata kering atau dry eyes syndrom ini. Yaitu, penurunan produksi air mata, bisa diakibatkan usia tua atau penyakit tertentu. Peningkatakan penguapan air mata karena salah satu komponen air mata yang tidak diproduksi dengan baik, sehingga air mata akan lebih cepat menguap membuat mata jadi kering.

Solusi Cepat Mengatasi Mata Kering

Adapun solusi cepat untuk menyembuhkan mata kering agar tidak menganggu aktivitas harian. Karena terkadang pekerjaan menumpuk membuat kita ingin cepat-cepat menyelesaikannya. Belum lagi mungkin ada pekerjaan lain yang menunggu untuk dikerjakan. Jadi tidak bisa berlama-lama untuk istirahat kala sedang dalam jam kerja.

Nah, untuk itu solusi paling cepat untuk mengatasi mata kering adalah dengan obat tetes mata. Akan lebih baik jika obat tetes mata yang digunakan mengandung zat aktif Hidroxypropyl methylcellulose. Seperti Insto Dry Eyes yang memiliki kandungan zat tersebut di dalamnya.

Sebab zat aktif Hidroxypropyl methylcellulose dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat kurangnya air mata atau mata kering.

Pengalaman Sembuh Dari Mata Kering Dengan Insto Dry Eyes

insto dry eyes

Seperti sebelumnya yang saya katakan. Bahwa dalam pekerjaan, saya lebih sering berinteraksi dengan layar laptop alih-alih berinteraksi dengan orang lain. Terlebih di luar jam kerja formal pun saya juga tidak lepas dari laptop. Oleh karena itulah gangguan mata menjadi masalah utama yang saya rasakan.

Seringnya saya merasa pegal dan seperti mengganjal di area mata. Kemudian efek yang agak parah jadi terasa pusing. Karena dasarnya mata saya sudah minus lumayan parah, lalu ditambah dengan gejala mata kering yang tiba-tiba melanda tentu dapat menyebabkan efek domino yang mengharuskan untuk beristirahat sejenak.

Namun untuk menyembuhkan mata kering yang cukup menganggu aktivitas harian secara cepat, saya menggunakan obat tetes mata Insto Dry Eyes karena bagi saya lebih nyaman dan sejuk di mata. Jadi tidak perlu waktu lama, mata jadi lebih segar dan saya bisa beraktivitas kembali dengan nyaman.

Penutup

Mata kering memang seharusnya tidak bisa disepelekan begitu saja. Apalagi dibiarkan, bisa jadi akan menyebabkan iritasi pada mata. Meski #InstoDryEyes bisa menjadi #SolusiMataKering. Menurut saya menjaga kesehatan mata dengan megonsumsi jenis makanan yang kaya vitamin A juga tetap harus diterapkan. Bagusnya lagi ditambah dengan kegiatan olahraga rutin. Jadi bukan hanya mata saja yang sehat, area tubuh yang lain pun akan sehat juga. Lalu bekerja jadi lebih semangat. Namun yang harus diingat, jangan lupa untuk istirahat.


Previous Post
1 Comments
  • Jati S Watorokito
    Jati S Watorokito 30 Januari 2024 pukul 14.39

    saya belum pernah memakai obat tetes mata insto dry eyes, mungkin saya perlu mencobanya. Postingan ini sangat bermanfaat.

Add Comment
comment url